Monday, May 4, 2015

TikZ: "Bintang-Busur"

Kali ini saya ajak Anda kepada soal nomor 15 pada Ujian Masuk Program D-IV Tahun Akademik 2012/2013 Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) berikut ini.
Nah, bagaimanakah cara menggambarnya?
Untuk ini saya gunakan paket tikz. Pada dasarnya, saya cukup menggambar 4 pasang busur (yang masing-masing tampak seperti "daun") dengan jari-jari yang sama panjang, kemudian saya mewarnai "gelap" daerah yang dilingkupi oleh setiap pasang busur tersebut.

Sekarang perhatikan gambar berikut ini.
Titik pusat lingkaran saya tetapkan pada koordinat $\small(0,0)$.
Daun bernomor 1 saya gambar dengan perintah
  1. \filldraw[fill=bistre!50!CadetBlue,opacity=.75]
  2. (0,-2) arc [radius=2, start angle=0, delta angle=90] --
  3. (-2,0) arc [radius=2, start angle=-180, delta angle=90]-- cycle;

Daun bernomor 2 saya gambar dengan perintah
  1. \filldraw[fill=bistre!50!CadetBlue,opacity=.75]
  2. (0,-2) arc [radius=2, start angle=180, delta angle=-90] --
  3. (2,0) arc [radius=2, start angle=0, delta angle=-90] --cycle;

Daun bernomor 3 saya gambar dengan perintah
  1. \filldraw[fill=bistre!50!CadetBlue,opacity=.75]
  2. (2,0) arc [radius=2, start angle=0, delta angle=90] --
  3. (0,2) arc [radius=2, start angle=-180, delta angle=90] --cycle;

Daun bernomor 4 saya gambar dengan perintah
  1. \filldraw[fill=bistre!50!CadetBlue,opacity=.75]
  2. (0,2) arc [radius=2, start angle=0, delta angle=-90] --
  3. (-2,0) arc [radius=2, start angle=180, delta angle=-90] --cycle;

Lalu, bagaimana dengan jawaban dari soal tersebut? 
Anda dapat melihatnya (dapat pula mengunduhnya) dalam dokumen terlampir di bawah ini. Dokumen tersebut saya susun melalui Online LaTeX Editor ShareLaTeX
Demikian semoga bermanfaat.

Adjie Gumarang Pujakelana 2015




No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...