Thursday, May 28, 2015

Membuat Diagram Catur dari Forsyth–Edwards Notation (FEN)

Di dalam blog ini telah beberapa kali diterbitkan tulisan tentang catur, yaitu
  1. Menulis Naskah Catur dengan $\small\LaTeX$
  2. Skak
  3. Diagram dan Teks Terpisah dalam Kolom Berbeda
  4. Notasi Permainan Catur
  5. Teori Bilangan dalam Round-robin
  6. Meletakkan Lambang (Simbol) pada Diagram Catur
  7. Presentasi Materi Catur?
  8. Membuat Kamus atau Daftar Istilah?
  9. Animasi Permainan Catur dengan Xskak
  10. Laporan Berkala (Newsletter)
Tulisan kali ini saya fokuskan pada pembuatan diagram catur dengan memanfaatkan kode  Forsyth–Edwards Notation (FEN). Silakan perhatikan contoh dokumen berikut ini.





Untuk hal ini saya gunakan paket chessboard dan xskak, kedua-duanya dari Ul­rike Fis­cher. Unsur pokok yang dimuat dalam preamble adalah 
\usepackage{chessboard}
\usepackage{xskak}
dan untuk "memperhalus papan" saya muat juga
\usepackage[LSBC4,T1]{fontenc}
\setboardfontencoding{LSBC4}
Sekarang kita akan memasuki batang tubuh (body) dokumen. Lebih dulu saya beritahukan bahwa contoh dokumen di atas bersumber dari buku Chess Tactics Jilid 1 karya Igor Shmirin. Saya susun posisi buah catur, sebagaimana tersaji dalam diagram pada buku tersebut, dengan menggunakan DiagTransfer. Misalnya, untuk diagram No.1, saya susun dalam Diagtransfer seperti ini
Kemudian klik menu Edit dan pilih "Copy FEN to clipboard".
Selanjutnya saya tempelkan (paste) hasil langkah terakhir tadi ke dalam pengkodean $\small\LaTeX$ sebagai berikut.
\newchessgame[id=...,
  setfen={tempel di sini, tanpa tanda kurung},
  moveid=...
]
\chessboard[...]
Opsi id digunakan bila kita ingin menandai identitas suatu permainan (game), sehingga "datanya" dapat kita gunakan pada pengkodean berikutnya yang berkaitan dengan game tersebut.
Opsi moveid diisi 1w, bila giliran pertama melangkah dilakukan oleh Putih dan diisi 1bbila giliran pertama melangkah dilakukan oleh Hitam.
Opsi untuk papan pada perintah \chessboard saya isi dengan papan berukuran kecil smallboard dan petunjuk giliran pertama melangkah berbentuk segitiga moverstyle=triangle (secara bawaan berbentuk persegi).
Berikut ini pengkodean untuk diagram No. 1.
\newchessgame[id=A1,
  setfen=6k1/5p2/8/4p3/pp1qPn2/3P4/PP2B3/2Q2K2 w - - 0 1,
  moveid=1b
]
\chessboard[smallboard,moverstyle=triangle]

Demikian semoga bermanfaat. Dokumen di atas saya susun (compile) dalam jaringan melalui Online LaTeX Editor ShareLaTeX.

Adjie Gumarang Pujakelana 2015

2 comments:

Lammy said...

Can you share your tex file for the pdf?

Eman Sulaeman said...

Sorry, I have lost the tex file.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...