Tuesday, June 24, 2014

Membuat Kamus atau Daftar Istilah?

Dalam sistem kebahasaan kita akan merujuk kepada Pusat Bahasa terutama pada dua produk utamanya, yaitu Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dan Glosarium. Meskipun demikian, seperti kita tahu, masih terdapat banyak kata-kata dan istilah yang belum termuat pada keduanya. Misalnya, coba Anda masukkan istilah scaffolding dan over-the-board pada Glosarium. Anda tidak akan menemukan padanan untuk kedua istilah tersebut. Jadi Pusat Bahasa masih memerlukan entri-entri baru untuk melengkapinya.

Khusus mengenai glosarium (KBBI: glo·sa·ri·um n 1 kamus dl bentuk yg ringkas; 2 daftar kata dng penjelasannya dl bidang tertentu), belum banyak terbitan yang dapat kita temui. Beberapa di antaranya yang saya ketahui adalah
  • Glosarium Istilah Asing-Indonesia, 182416 entri, 3240 halaman, Pusat Bahasa, tanpa tahun
  • Istilah Teknologi Informasi Bahasa Indonesia, 884 halaman, Pusat Bahasa, tanpa tahun
  • Kamus Istilah Komputer dan Informatika, 145 halaman, Andino Maseleno, IlmuKomputer.Com, 2003
  • Glosarium Matematika, Djati Kerami dan Ellya Iswati, 267 halaman, Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, 1993
Bagaimana dengan glosarium untuk bidang-bidang lainnya? Barangkali Anda yang tahu lebih banyak.

Nah, sehubungan dengan itu, tulisan kali ini akan menyajikan sumber daya $\small\LaTeX$ yang berguna untuk menyusun kamus atau glosarium. Pada contoh di bawah ini saya menggunakannya untuk menyusun istilah-istilah dalam permainan catur. 

Sumber glosarium ini berasal dari Wikipedia sedangkan pengkodean dokumennya berasal dari salah seorang anggota forum. Penataan halaman dan struktur dokumen dilakukan oleh paket fancyhdr dan titlesec, sedangkan entri istilah menggunakan makro:
\newcommand{\dict}[3]{%
        \markboth{#1}{#1}%
        \par\vspace{0.25\baselineskip}%
        \phantom{#1} {\color{DarkSlateGray}\sl\textbf{#2}} #3%
    }
Contoh ini baru memuat istilah untuk huruf "A" sehingga belum menyertakan tautan rujukan antaristilah. Untuk huruf "B" dan seterusnya dapat Anda lanjutkan sendiri. Ini sangat mudah karena tiap "huruf" tersebut dimuat dalam bagian (section). Bila semua entri sudah tersusun, tinggal memasang paket hyperref untuk mengaitkan perujukannya.
Demikian semoga bermanfaat.

Adjie Gumarang Pujakelana 2014






\documentclass[a4paper,oneside,10pt]{scrbook}
\usepackage[margin=2cm]{geometry}
\usepackage{graphicx}
 \usepackage{fancyhdr,multicol}
 \usepackage[bf,sf,center]{titlesec}
\usepackage[svgnames]{xcolor}
\usepackage{xskak}

% Text encoding 
 \usepackage[indonesian]{babel}
 \usepackage[T3,OT2,T1]{fontenc}
 \usepackage[utf8]{inputenc}
 \usepackage[noenc]{tipa}

% Font
\usepackage{PTSansCaption}
\renewcommand{\sfdefault}{PTSansCaption-TLF}
 \addtokomafont{section}{\centering}

% Headers and footers
 \fancyhf{}
    \fancyhead[L]{\color{DarkSlateGray}\rightmark}
    \fancyhead[R]{\color{DarkSlateGray}\leftmark}
    \fancyhead[C]{\textbf{\textsf{\thepage}}}

    \renewcommand{\headrulewidth}{0.4pt}
 \setlength{\columnsep}{20pt}
 \setlength{\columnseprule}{0.4pt}
 \setlength{\parindent}{15pt}

% Entry command : \dict{}{}
    \newcommand{\dict}[3]{%
        \markboth{#1}{#1}%
        \par\vspace{0.25\baselineskip}%
        \phantom{#1} {\color{DarkSlateGray}\sl\textbf{#2}} #3%
    }

\pagestyle{fancy}

\usepackage{amssymb} % produce the "\thicksim" symbol, the wave line before the derivative words from the headword %

\begin{document}

\section*{A}
\begin{multicols}{2}
\color{SaddleBrown}
\dict{absolute pin}{absolute pin}
Suatu pemakuan {\sl pin} terhadap raja disebut mutlak jika perwira yang terpaku itu tidak dapat melangkah secara sah (karena langkahnya itu akan membuka raja sehingga terkena skak). Lihat {\sl pin} relatif.
\dict{active}{active}
1.  Menjelaskan suatu perwira yang menguasai sejumlah petak, atau suatu perwira yang memiliki sejumlah petak yang tersedia untuk langkah selanjutnya.
2.  Suatu "pertahanan aktif" adalah suatu pertahanan yang menggunakan ancaman atau serangan balik.\\ Antonim: pasif.
 \dict{adjournment}{adjournment}
Penundaan dari permainan catur dengan maksud untuk menyelesaikannya nanti. Hal itu begitu sangat umum dalam kompetisi tingkat tinggi, sering kali terjadi segera setelah kendali waktu pertama, tetapi praktik ini telah ditinggalkan karena munculnya analisis komputer. Lihat langkah sampul.
\begin{center}
\includegraphics[width=0.75\columnwidth]{gbr1.jpg}\\
Sampul yang digunakan untuk penundaan permainan dari pertandingan Efim Geller vs Bent Larsen, Copenhagen 1966
\end{center}
\dict{adjudication}{adjudication}
Keputusan oleh seorang pemain catur kuat ({\sl adjudicator}) atas hasil pertandingan yang belum selesai. Praktik ini sekarang jarang terjadi dalam ajang {\sl over-the-board}, tetapi memang terjadi dalam catur {\sl online} ketika salah seorang pemain menolak untuk melanjutkan setelah penundaan.
\dict{adjust}{adjust (lihat Touch-move rule)}
Mengatur posisi suatu buah catur pada petaknya tanpa dituntut untuk memindahkannya. Seorang pemain dapat melakukan hal ini hanya pada gilirannya untuk melangkah, dan dia pertama kali harus mengatakan "Saya mengatur", atau setara dengan bahasa Prancis "{\sl J'adoube}".
\dict{advanced pawn}{advanced pawn}
Suatu bidak yang berada pada pihak lawan dari papan catur (baris kelima atau lebih tinggi). Bidak depan mungkin lemah jika berlebihan, kurang dukungan dan sulit untuk dipertahankan, atau kuat jika mengekang lawan dengan membatasi pergerakannya. Suatu bidak depan yang bebas yang mengancam untuk promosi dapat dirasakan sangat kuat.
\dict{advantage}{advantage}
Suatu posisi yang lebih baik dengan berpeluang untuk memenangi permainan. Faktor penilaiannya dapat mencakup ruang, waktu, materi, dan ancaman.
\dict{Alekhine's gun}{Alekhine's gun}
Sebuah formasi di mana Menteri mendukung dua Benteng pada lajur yang sama.
\begin{center}
\includegraphics[width=0.75\columnwidth]{gbr2.jpg}\\
{\sl Alekhine's gun}
\end{center}
\dict{algebraic notation}{algebraic notation}
Cara standar untuk mencatat langkah-langkah dari permainan catur, menggunakan koordinat alfanumerik atas petak-petaknya.
\dict{amateur}{amateur}
Perbedaan antara profesional dan amatir tidak terlalu penting dalam catur karena para amatir dapat memenangi hadiah, menerima biaya penampilan, dan mendapatkan gelar apapun, termasuk Juara Dunia. Pada abad ke-19, "Amatir" kadang-kadang digunakan dalam skor permainan yang diterbitkan untuk menyembunyikan nama pemain yang kalah dalam pertandingan {\sl Master} vs Amatir. Dianggap tidak sopan bila menggunakan nama pemain tanpa izin, dan pemain profesional tidak ingin kehilangan pihak yang membayarnya. Lihat juga NN atau N.N.
\dict{analysis}{analysis}
Kajian posisi untuk menentukan permainan terbaik bagi kedua belah pihak.
\dict{annotation}{annotation}
Komentar tertulis tentang permainan dengan menggunakan gabungan dari komentar, simbol dan/atau notasi catur.
\dict{announced mate}{announced mate}
Praktik, umumnya pada abad ke-19, dimana pemain akan mengumumkan urutan langkah, yang diyakininya merupakan permainan terbaik bagi kedua belah pihak, yang mengarah ke skakmat secara paksa untuk pemain yang mengumumkan dalam jumlah tertentu langkah (misalnya, "mat dalam lima langkah").
\dict{antipositional}{antipositional}
Suatu langkah atau perencanaan yang tidak sesuai dengan prinsip-prinsip permainan posisional. Antiposisional digunakan untuk menggambarkan langkah-langkah yang merupakan bagian dari perencanaan yang salah, bukan kesalahan yang dibuat ketika berusaha untuk mengikuti perencanaan yang benar. Langkah-langkah antiposisional sering kali langkah-langkah bidak; karena bidak tidak bisa melangkah mundur untuk kembali ke petak yang baru saja ditinggalkannya, langkah majunya sering kali menciptakan kelemahan yang tidak dapat diperbaiki.
\dict{Anti-Sicilian}{Anti-Sicilian}
Sebuah variasi pembukaan yang digunakan Putih terhadap Pertahanan Sisilia (1.e4 c5) selain dari rencana yang paling umum 2.\symknight f3 diikuti oleh 3.d4 cxd4 4.\symknight xd4 (Sisilia Terbuka). Beberapa antiSisilia termasuk Variasi Alapin (2.c3), Variasi Moskow (2.\symknight f3 d6 3.\symbishop b5+), Variasi Rossolimo (2.\symknight f3 \symknight c6 3.\symbishop b5), Serangan {\sl Grand Prix} (2.\symknight c3 \symknight c6 3.f4 g6 4.\symknight f3 \symbishop g7 dan sekarang 5.\symbishop c4 atau 5.\symbishop b5), Sicilian Tertutup (2.\symknight c3 diikuti oleh g3 dan \symbishop g2), Gambit Smith-Morra (2.d4 cxd4 3.c3), dan Gambit Wing (2.b4) .
\dict{arbiter}{arbiter (Lihat International Arbiter)}
\dict{Armageddon chess}{Armageddon chess}
Sebuah permainan yang, di bawah aturan turnamen, dianggap sebagai kemenangan bagi Hitam jika berakhir imbang. Biasanya aturan turnamen memungkinkan Putih lebih banyak waktu daripada Hitam dalam permainan tersebut: perbedaan itu dapat bervariasi; biasanya dalam Kejuaraan Dunia FIDE, Putih memiliki enam menit, sementara Hitam hanya memiliki lima menit, tetapi dalam Kejuaraan Catur Dunia 2012 digunakan kendali waktu: 5 menit untuk Putih, 4 menit untuk Hitam; ditambah 3 detik tambahan per langkah dari langkah 60. Format ini biasanya digunakan dalam babak {\sl playoff tie-breaker} ketika permainan {\sl blitz} pendek belum terselesaikan dalam {\sl tie-break}.
\dict{artificial castling}{artificial castling}
Mengacu pada manuver beberapa langkah terpisah oleh Raja dan Benteng di mana akhirnya seolah-olah mereka telah rokade. Juga dikenal sebagai {\sl castling by hand}.
\dict{attack}{attack}
Serangan, baik jangka pendek (misalnya, setelah 1.e4 \symknight f6, Hitam menyerang bidak Putih di e4) atau jangka panjang, misalnya dalam bentuk serangan mat berkesinambungan terhadap Raja lawan atau serangan kecil terhadap struktur bidak sayap menteri lawan. Lihat {\sl defence}.
\dict{attraction}{attraction}
Pengorbanan perwira kecil atau besar untuk mengeluarkan raja lawan. Sebagai contoh, jika raja Hitam telah rokade dan berada pada petak g8, Putih dapat berusaha untuk menarik raja itu dengan menggunakan langkah paksa seperti \symbishop xh7+, diikuti oleh \symknight g5+ dll. Lihat {\sl decoy}.
\dict{automaton}{automaton}
Sebuah mesin permainan catur yang beroperasi sendiri. Daya tarik populer pada abad ke-18 dan ke-19, perangkat ini telah memperdaya bawah kendali dari pemain manusia. Mesin permainan catur "{\sl automaton}" yang paling terkenal adalah {\sl The Turk}.
\end{multicols}

\newpage
\section*{B}
\begin{multicols}{2}
\color{SaddleBrown}
\dict{B}{B}
Symbol used for the bishop when recording chess moves in English.%
\dict{back rank}{back rank}
A player's first rank (the one on which the pieces stand in the starting position); White's back rank is Black's eighth rank, and vice versa.
\dict{back-rank mate}{back-rank mate}
A checkmate delivered by a rook or queen along a back rank from which the mated king is unable to move because it is blocked by friendly pieces (usually pawns) on the second rank. This is also sometimes referred to as a back-row mate.
\dict{back-rank weakness}{back-rank weakness}
A situation in which a player is under threat of a back-rank mate and, having no time/option to create an escape for the king, must constantly watch and defend against that threat, for example by keeping a rook on the back rank.
\dict{backward pawn}{backward pawn}
A pawn that is behind a pawn of the same color on an adjacent file and that cannot be advanced with the support of another pawn.
\dict{bad bishop}{bad bishop}
A bishop that is hemmed in by the player's own pawns. See also good bishop.
\begin{center}
\includegraphics[width=0.75\columnwidth]{gbr3.jpg}\\
White has a bad bishop, Black has a good bishop (Evans 1967:66).
\end{center}
\dict{bare king}{bare king}
A position in which a king is the only man of its color on the board.
\dict{battery}{battery}
An arrangement of two pieces in line with the enemy king on a rank, file, or diagonal so that if the middle piece moves a discovered check will be delivered. The term is also used in cases where moving the middle piece will uncover a threat along the opened line other than a check.
\dict{BCF}{BCF}
British Chess Federation, the former name of the English Chess Federation. See ECF.
\dict{BCM}{BCM}
An abbreviation for the British Chess Magazine.
\dict{BCO}{BCO}
An abbreviation for the 1982 openings reference book Batsford Chess Openings, by Raymond Keene and Garry Kasparov. The second edition (1989) is often called BCO-2. Cf. ECO and MCO.
\dict{bind}{bind}
A strong grip or stranglehold on a position that is difficult for the opponent to break. A bind is usually an advantage in space created by advanced pawns. The Mar\'{o}czy Bind is a well-known example. See also squeeze.
\dict{bishop}{bishop}
{\large\symbishop}\ a piece in the board game of chess. Each player begins the game with two bishops. One starts between the king's knight and the king, the other between the queen's knight and the queen. In algebraic notation the starting squares are c1 and f1 for White's bishops, and c8 and f8 for Black's bishops.
\dict{bishop pair}{bishop pair}
In open positions, two bishops are considered to have an advantage over two knights or a knight and a bishop. (In closed positions knights may be more valuable than bishops.) The player with two bishops is said to have the bishop pair. Some evaluation systems count the bishop pair as worth half a pawn, see Chess piece relative value\#Alternate valuations.
\dict{bishop pawn}{bishop pawn}
A pawn on the bishop's file, i.e. the c-file or f-file.
\dict{opposite colors}{bishops on opposite colors (or bishops of opposite colors)}
A situation in which one player has only his light-square bishop remaining while the other has only his dark-square bishop remaining. In endgames, this often results in a draw if there are no other pieces (only pawns), even if one side has a material advantage of one, two or even three pawns, since the bishops control different squares (see Opposite-colored bishops endgame). In the middlegame, however, the presence of opposite-colored bishops imbalances the game and can lead to mating attacks, since each bishop attacks squares that cannot be covered by the other.
\dict{black}{black}
The dark-colored squares on the chessboard are often referred to as "the black squares" even though they are often some other dark color. Similarly, "the black pieces" are sometimes actually some other (usually dark) color. See also white.
\dict{Black}{Black (see White and Black in chess)}
The designation for the player who moves second, even though his pieces ("the black pieces") are sometimes actually some other (usually dark) color. See also White and first-move advantage.
\dict{blind chess}{blind chess}
See Kriegspiel.
\dict{blindfold chess}{blindfold chess}
A form of chess in which one or both players are not allowed to see the board.
\dict{Blitz chess}{Blitz chess (see Fast chess)}
A fast form of chess (from German Blitz, "lightning") with a very short time limit, usually 3 or 5 minutes per player for the entire game. With the advent of electronic chess clocks, the time remaining is often incremented by 1 or 2 seconds per move.
\dict{blockade}{blockade}
A strategic placement of a minor piece directly in front of an enemy pawn, where it restrains the pawn's advance and gains shelter from attack. Blockading pieces are often overprotected.
\dict{blunder}{blunder}
A very bad move, an oversight (indicated by "??" in notation).
\dict{board}{board}
See chessboard.
\dict{Boden's Mate}{Boden's Mate}
Boden's Mate, named for Samuel Boden, is a checkmate pattern in which the king, usually having castled queenside, is checkmated by two crisscrossing bishops. Immediately prior to delivering the mate, the winning side typically plays a queen sacrifice on c3 or c6 to set up the mating position.
\begin{center}
\includegraphics[width=0.75\columnwidth]{gbr4.jpg}\\
Boden's Mate
\end{center}
\dict{book draw}{book draw}
An endgame position known to be a draw with perfect play. Historically this was established by reference to chess endgame literature, but in simplified positions (currently six pieces or fewer[citation needed]) computer analysis in an endgame tablebase can be used.
\dict{book move}{book move}
An opening move found in standard reference books on opening theory. A game is said to be "in book" when both players are playing moves found in the opening references. A game is said to be "out of book" when the players have reached the end of the variations analyzed in the opening books, or if one of the players deviates with a novelty (or a blunder).
\dict{book win}{book win}
An endgame position known to be a win with perfect play. Historically this was established by reference to chess endgame literature, but in simplified positions (currently six pieces or fewer[citation needed]) computer analysis in an endgame tablebase can be used.
\dict{break}{break}
A pawn advance or capture that opens a blocked position.
\dict{breakthrough}{breakthrough}
Destruction of a seemingly strong defense, often by means of a sacrifice.
\dict{brevity}{brevity}
[chiefly British] See miniature.
\dict{brilliancy}{brilliancy}
A spectacular and beautiful game of chess, generally featuring sacrificial attacks and unexpected moves. Brilliancies are not always required to feature sound play or the best moves by either side.
\dict{brilliancy prize}{brilliancy prize}
A prize awarded at some tournaments for the best brilliancy played in the tournament.
\dict{Bronstein delay}{Bronstein delay}
A time control method with time delay, invented by David Bronstein. When it becomes a player's turn to move, the clock waits for the delay period before starting to subtract from the player's remaining time.
\dict{Bughouse chess}{Bughouse chess}
A popular chess variant played on two chessboards by four players in teams of two. Normal chess rules apply, except that captured pieces on one board are passed on to the players of the other board, who then have the option of putting these pieces on their board.
\begin{center}
\includegraphics[width=0.75\columnwidth]{gbr5.jpg}\\
A game of bughouse chess in progress
\end{center}
\dict{building a bridge}{building a bridge}
Making a path for a king by providing protective cover against checks from line-pieces. A well-known example is the Lucena position.
\dict{Bullet chess}{Bullet chess (see Fast chess)}
A form of chess in which each side has 1 minute to make all their moves.
\dict{bust}{bust}
Colloquial term for a refutation of an opening, or of previously published analysis. A famous example is Bobby Fischer's 1961 article "A Bust to the King's Gambit" in which he wrote, "In my opinion, the King's Gambit is busted. It loses by force."
\dict{bye}{bye}
A tournament round in which a player does not have a game, usually because there are an odd number of players. A bye is normally scored as a win (1 point), although in some tournaments a player is permitted to choose to take a bye (usually in the first or last round) and score it as a draw ($\frac{1}{2}$ point).
\end{multicols}

\end{document}




No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...