Saturday, June 7, 2014

Meletakkan Lambang (Simbol) pada Diagram Catur

Telah diketahui bahwa cara termudah untuk membuat diagram permainan catur adalah dengan menyatakannya dalam FEN (Forsyth–Edwards Notation). Sering kali saya menggunakan DiagTransfer dan kadang-kadang Game Editor untuk membuat FEN. Kemudian saya salin dan menempelkannya pada dokumen $\small\LaTeX$ yang saya susun, tentu saja dengan menyertakan paket catur.

Masalah kemudian muncul ketika saya ingin membuat diagram catur yang memuat lambang seperti tampak pada gambar di samping. FEN tidak dapat menyertakan lambang-lambang semacam itu, hanya langkah-langkah catur beserta komentar-komentarnya.

Saya mengadukan masalah ini di Forum dan, alhamdulillah, atas petunjuk dari Ulrike Fischer (pembuat paket catur xskak, chessboard, dan chessfss) berikut ini:
"You can use the chessboard package to create new symbols. On page 73 of the documentation there is an example. This chars will work in fen too but you can't "play" with them: \mainline etc will not like them as it will not know how to move them." - Ulrike Fischer
akhirnya saya pun dapat menyelesaikan masalah tersebut dan sekarang menunjukkannya pada Anda.

Silakan buka dokumentasi paket chessboard pada halaman 73. Untuk lambang "silang" saya gunakan paket pifont, sedangkan lambang "bintang" dari paket amsmath.

Nah, berikut ini contoh pengkodean selengkapnya beserta hasilnya.
Demikian semoga bermanfaat.

Adjie Gumarang Pujakelana 2014
\documentclass{article}
\usepackage[LSB3,T1]{fontenc}
\usepackage{xskak}
\usepackage{chessboard}
\usepackage{amsmath}
\usepackage{pifont}
\makeatletter
\cbDefineNewPiece{white}{C}
{\raisebox{\depth}{\cfss@whitepiececolor
$\bigstar$}}
{\BlackEmptySquare%
\makebox[0pt][r]{\cfss@whitepiececolor
\raisebox{\depth}{%
\makebox[1em]{$\bigstar$}}}}
\cbDefineNewPiece{black}{c}
{\raisebox{\depth}{\cfss@blackpiececolor
\ding{53}}}
{\BlackEmptySquare%
\makebox[0pt][r]{\cfss@blackpiececolor
\raisebox{\depth}{%
\makebox[1em]{\ding{53}}}}}
\makeatother

\begin{document}

\setchessboard{
clearboard,
margintopwidth=1pt,
marginbottomwidth=1pt,
addwhite={Nb1,Ke1,pg4,Cg5},
addblack={cc3,ce2},
showmover=false}
\chessboard

\end{document}



No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...