Tuesday, May 5, 2015

Mnemonik Identitas Trigonometri

Tulisan ini, baik dari gambar maupun penulisan modus matematikanya, tergagas oleh wikipedia. Kemudian saya memikirkan agar tampilan materi ini di dalam dokumen $\small\LaTeX$ tampak menarik.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia,
mnemonik/mne·mo·nik/ /mnémonik/ n 1 Komp sandi untuk mempermudah ingatan menyusun tata olah komputer dl bahasa rakitan; 2 Psi rumus atau ungkapan untuk membantu mengingat-ingat sesuatu
Nah, tinjauan kita kali ini adalah mnemonik yang berkaitan dengan identitas trigonometri. Ini merupakan salah satu pilihan untuk mengingat sebagian di antara berbagai rumus dalam trigonometri. Silakan perhatikan dokumen berikut ini.



Tampak bahwa dokumen tersebut "kaya warna", oleh karena itu saya awali dengan menunjukkan paket untuk pewarnaan beserta penentuan beberapa warna yang digunakan. 
\usepackage[dvipsnames,svgnames]{xcolor}
\definecolor{Steelblue4}{rgb}{0.21,0.39,0.54}
\definecolor{color1}{RGB}{249,179,72}
\definecolor{color2}{RGB}{80,0,20}
Berikutnya, untuk membuat bingkai yang memuat judul dan gambar, saya gunakan paket tcolorbox beserta perintah dan environment yang diperlukan.
\usepackage[skins,breakable,many]{tcolorbox}
\newtcolorbox{Layar}{
  width={\linewidth},
  breakable,
  enhanced,
  colback=Steelblue4!7.5,
  colframe=Steelblue4,
  arc=0pt, outer arc=0pt,
  boxrule=0pt,
  toprule=0pt,
  bottomrule=0pt,
  enlarge top by=5mm,
  overlay ={
    \draw[Steelblue4,thick] ([xshift=5mm]frame.north west)--([yshift=5mm]frame.north)--([xshift=-5mm]frame.north east);
    \draw[fill=Steelblue4] ([yshift=4.5mm]frame.north) circle(3pt);
    \draw[line width=3pt, Steelblue4, shorten >=-3pt, shorten < = -3pt] (frame.north west)--(frame.north east);
    \draw[line width=3pt, Steelblue4, shorten >=-3pt, shorten < = -3pt] (frame.south west)--(frame.south east);
  }
}
\newenvironment{Tancap}
{\par\centering\begin{Layar}}{\end{Layar}\par}
Penggunaannya dalam batang tubuh dokumen dinyatakan dengan
\begin{Tancap}
\centering
{\Large\bfseries Mnemonik Identitas Trigonometri}

\bigskip
\begin{tikzpicture}
---perintah untuk gambar dengan paket tikz---;
\end{tikzpicture}
\end{Tancap}
Selanjutnya, paket tcolorbox juga saya gunakan untuk membingkai tulisan dalam modus Matematika. Pengaturannya saya tetapkan dengan perintah
\tcbset{
  highlight math style={
    enhanced,
    colframe=DarkSlateGray,
    colback=Khaki!50,
    arc=4pt,
    boxrule=1pt,
    drop fuzzy shadow
  }
}
Kemudian saya gunakan pengaturan itu di dalam environment dari paket empheq. Dengan demikian, di dalam preamble saya muat
\usepackage{empheq}
dan contoh penggunaannya dalam dokumen adalah sebagai berikut.
\begin{empheq}[box=\tcbhighmath]{align*}
\sin^2 x + \cos^2 x &= 1\\
\tan^2 x + 1 &= \sec^2 x\\
1 + \cot^2 x &= \csc^ x
\end{empheq}
Hal lainnya, jenis huruf yang saya gunakan adalah fourier (untuk teks dan Matematika) sedangkan "tanda kotak-kecil" dalam butir uraian saya gunakan dari paket pifont, yaitu \ding{111} (dalam environment itemize).

Demikian semoga bermanfaat.
Dokumen tersebut saya susun melalui Online LaTeX Editor ShareLaTeX

Adjie Gumarang Pujakelana 2015



No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...