Saturday, July 26, 2014

MathJax: Menulis dengan $\small\LaTeX$ di Blogspot

Di forum saya menemukan pertanyaan seperti ini:
"Saya berusaha untuk menggunakan $\small\LaTeX$ di blog saya, tetapi saya tidak tahu bagaimana caranya. Apakah ada yang telah melakukan ini sebelumnya? Tanggapan atau informasi terkait akan sangat saya hargai."
Sebenarnya saya telah menuliskan tentang hal ini di sini dan pada blog ini pun saya menggunakannya. Sebagai contoh, saya tuliskan penyelesaian soal integral dalam environment equation:
\begin{equation}
\int x\ \textrm{d}x = \frac{1}{2} x^2 + C
\end{equation}
yang ditulis dengan:
\begin{equation}
\int x\ \textrm{d}x = \frac{1}{2} x^2 + C
\end{equation}
Kemudian berikut ini contoh penyelesaian soal transformasi dalam environment align:
\begin{align}
T_{a,b}\circ T_{p,q} (x,y)&=T_{a,b}\left ( T_{p,q} (x,y)\right )\\
&=T_{a,b}\left ( x+p,y+q\right )\\
&=\left ( (x+p)+a,(y+q)+a\right )\\
&=\left ( x+(p+a),y+(q+a)\right )\\
&=\left ( x+(a+p),y+(a+q)\right )\\
&=T_{a+p,b+q}(x,y)
\end{align}
yang ditulis dengan:
\begin{align}
T_{a,b}\circ T_{p,q} (x,y)&=T_{a,b}\left ( T_{p,q} (x,y)\right )\\
&=T_{a,b}\left ( x+p,y+q\right )\\
&=\left ( (x+p)+a,(y+q)+a\right )\\
&=\left ( x+(p+a),y+(q+a)\right )\\
&=\left ( x+(a+p),y+(a+q)\right )\\
&=T_{a+p,b+q}(x,y)
\end{align}
Bagaimana hal itu dapat dihasilkan?

Saya menggunakan script dari MathJax. MathJax adalah mesin AJAX untuk sintaks $\small\LaTeX$, yang sekarang didistribusikan oleh Content Distribution Network (CDN), sehingga saya dapat menulis dengan $\small\LaTeX$ di Blogspot. 

Untuk mengaktifkan MathJax di Blogspot, ikuti langkah berikut ini:
Pertama, salin script berikut ini:
<script src='http://cdn.mathjax.org/mathjax/latest/MathJax.js' type='text/javascript'>    
    MathJax.Hub.Config({
        HTML: ["input/TeX","output/HTML-CSS"],
        TeX:extensions: ["AMSmath.js","AMSsymbols.js"], 
               equationNumbers: { autoNumber: "AMS" } },
        extensions: ["tex2jax.js"],
        jax: ["input/TeX","output/HTML-CSS"],
        tex2jax: { inlineMath: [ ['$','$'], ["\\(","\\)"] ],
                   displayMath: [ ['$$','$$'], ["\\[","\\]"] ],
                   processEscapes: true },
        "HTML-CSS": { availableFonts: ["TeX"],
                      linebreaks: { automatic: true } }
    });
</script>

Kedua, Anda masuk ke dashboard Blogspot Anda dan klik Design → Edit HTML → Edit Template
Ketiga, sisipkan script yang disalin tadi di antara head dan body seperti ini:
Keempat, simpan pengaturan ini dengan menekan tombol Save template.
Kelima, keluar dan abaikan pesan yang muncul.


Nah, sekarang Anda dapat bekerja dengan $\small\LaTeX$ dengan menggunakan environment seperti kedua contoh di atas, atau dengan ini:
$cos^2\theta-sin^2\theta=cos2\theta$
$cos^2\theta-sin^2\theta=cos2\theta$

atau dengan ini:
\(_nP_r=\frac{n!}{(n-r)!}\)
\(_nP_r=\frac{n!}{(n-r)!}\)

atau dengan ini:
$$\sigma=\sqrt{\frac{\sum \left ( x-\bar{x} \right )^2}{n}}$$
$$\sigma=\sqrt{\frac{\sum \left ( x-\bar{x} \right )^2}{n}}$$
atau dengan ini:
\[\lim_{n\to\infty}\prod_{i=1}^{n}\frac{a_i}{2}=\frac{2}{\pi}\]
\[\lim_{n\to\infty}\prod_{i=1}^{n}\frac{a_i}{2}=\frac{2}{\pi}\]
Demikian semoga bermanfaat dan selamat berkarya!

Adjie Gumarang Pujakelana 2014

8 comments:

M. S. Rosyidi said...

Testing

$$\sigma=\sqrt{\frac{\sum \left ( x-\bar{x} \right )^2}{n}}$$

Eman Sulaeman said...

Ada tampak equationnya, Mas?

Catatan Matematika said...

saya sudah coba di blog saya pak. https://reiksonpanjaitan.blogspot.co.id dan bekerja sesuai yang saya harapkan! mantafff surantafff.....!

Eman Sulaeman said...

Baik, syukurlah.

BKK SMKN 2 PURBALINGGA said...

$$\sigma=\sqrt{\frac{\sum \left ( x-\bar{x} \right )^2}{n}}$$

terpesona blog said...

selamat sore bapak.
bapak, saya boleh bertanya tentang aplikasi MathJax ?

Eman Sulaeman said...

Silakan.

ilyas Abdullah, S.Pd said...

Tes

\begin{equation}
\int x\ \textrm{d}x = \frac{1}{2} x^2 + C
\end{equation}

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...