Ada butir soal dalam Ujian Nasional 2015 pada SMK Kelompok Teknologi, Kesehatan, dan Pertanian yang menarik perhatian saya. Ketertarikan itu bukan pada tingkat kesulitan soalnya, melainkan pada gambar yang menyertai soal tersebut. Perhatikan gambar di bawah ini.
Untuk membuat gambar tersebut dalam dokumen $\small\LaTeX$, lebih dulu saya menggambarkannya dalam GeoGebra untuk menetapkan koordinat-koordinat titik yang berkaitan. Dalam hal ini, paket utama yang saya gunakan adalah tikz.
Saya buat 1 satuan sebagai 1 cm, sehingga dapat saya tetapkan dulu koordinat-koordinatnya.
Nah, jawaban untuk soal ini beserta gambar dari hasil pengkodean di atas saya lampirkan di bawah ini. Dokumen ini saya susun melalui Online LaTeX Editor ShareLaTeX.
Adjie Gumarang Pujakelana 2015
- \coordinate (A) at (0,0) coordinate (B) at (6,0) coordinate (C) at (6,6) coordinate (D) at (0,6) coordinate (E) at (3,0) coordinate (F) at (6,3) coordinate (G) at (3,6) coordinate (H) at (0,3) coordinate (O) at (3,3) coordinate (P) at (3.88,2.12) coordinate (Q) at (3.88,3.88) coordinate (R) at (2.12,3.88) coordinate (S) at (2.12,2.12);
- \draw[thick] (A)--(B)--(C)--(D)--cycle;
- \usepackage{tkz-euclide}
- \usetkzobj{all}
- \tkzMarkSegments[mark=|,size=3pt,color=gray](A,E E,B B,F F,C C,G G,D D,H H,A)
- \node[below] at (A) {$A$} node[below] at (B) {$B$} node[above] at (C) {$C$} node[above] at (D) {$D$} node[below] at (E) {$E$} node[right] at (F) {$F$} node[above] at (G) {$G$} node[left] at (H) {$H$};
- \draw[thick] (A)--(C) (B)--(D);
- \draw[thick] (E) arc (0:90:3cm); %busur EH
- \draw[thick] (F) arc (90:180:3cm); %busur EF
- \draw[thick] (G) arc (0:-90:3cm) ; %busur GH
- \draw[thick] (G) arc (-180:-90:3cm); %busur GF
- \path[pattern color=DarkSlateGray,pattern=north west lines,opacity=.5] (R)--(O)--(Q) arc[radius=3,start angle=-135,delta angle=-45]--(G) arc[radius=3,start angle=0,delta angle=-45]-- cycle; %daerah OQGR
- \path[pattern color=DarkSlateGray,pattern=north west lines,opacity=.5] (P)--(O)--(S) arc[radius=3,start angle=45,delta angle=-45]--(E) arc[radius=3,start angle=-180,delta angle=-45]-- cycle; %daerah OSEP
Nah, jawaban untuk soal ini beserta gambar dari hasil pengkodean di atas saya lampirkan di bawah ini. Dokumen ini saya susun melalui Online LaTeX Editor ShareLaTeX.
Demikian semoga bermanfaat.
Adjie Gumarang Pujakelana 2015
No comments:
Post a Comment