Sunday, April 5, 2015

Optical Character Recognition (OCR) #2

Sebelum ke sini saya harap Anda sudah membaca tulisan pertama. Sekarang saya ajak Anda untuk memanfaatkan teknologi OCR dalam kegiatan tulis-menulis.

Cukup beragam produk software OCR yang ditawarkan, saya memilih yang gratis (open source) saja, yaitu FreeOCR dari Ralph Richardson. FreeOCR yang saya gunakan saat ini adalah versi terbaru, yaitu v5.41 Maret 2015. Untuk mendapatkan software ini, silakan buka halaman resminya sebagaimana ditautkan di atas, kemudian pasang (install) pada komputer Anda dengan mengikuti seluruh petunjuk yang muncul. Ukurannya cukup ringan, hanya 10,79MB. Setelah software ini terpasang, tampilan awal ketika dibuka akan tampak seperti di bawah ini.

Dalam penggunaan yang sederhana, saya memanfaatkannya untuk "mengambil" teks dari dokumen berbentuk gambar (png, jpeg, dsb.) dan PDF. Langkah-langkah dalam penggunaannya:
  • Bila dokumennya berupa gambar, klik menu Open dan bila berbentuk PDF, klik menu Open PDF.
  • Cari file yang dimaksud, kemudian klik Open
  • Klik tanda silang merah untuk membersihkan jendela hasilnya.
  • Klik menu OCR>OCR Current Page atau OCR All Pages dan tunggu beberapa saat hingga hasilnya muncul. 
  • Salin (copy) hasil itu dengan mengklik menu-tengah, kedua dari bawah, dan menempelkannya (paste) ke dalam dokumen yang sedang Anda susun; atau klik menu Word, terbawah, bila Anda ingin langsung membukanya dalam Microsoft Word; atau Anda menyimpan saja teks tersebut.
  • Untuk menu Scan belum bisa saya jelaskan karena saya belum pernah menggunakannya.

Sejauh ini hasil terbaik saya peroleh bila: 
  • dokumen tersebut berupa teks biasa, bukan modus matematika,
  • file yang dibuka oleh OCR berupa potongan (cropped) dari sebagian dokumen asal, untuk pemotongannya saya gunakan FastStone Capture.
Berikut ini contoh file dalam tulisan pertama yang saya buka dalam FreeOCR beserta hasilnya.

Tampak bahwa kita masih harus melakukan penyuntingan terhadap hasilnya, tetapi ini masih mending dibandingkan kita mengetikkan ulang secara manual.
Demikian semoga bermanfaat.

Adjie Gumarang Pujakelana 2015

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...