Thursday, April 2, 2015

Rumus Kimia dalam Dr. Bunsen

Saya akan memperkenalkan satu lagi tema BeamerKali ini datang dari Dr. Bunsen. Perhatikan halaman depannya di samping ini, cantik bukan?
Tema Bunsen ini disusun oleh XeLaTeX sehingga kita dapat memuat dan menggunakan jenis huruf yang kita inginkan. Dalam contoh dokumen di bawah ini saya masih menggunakan tema aslinya, termasuk gambar di halaman depan (front page) dan jenis hurufnya.

Meskipun "di luar jalur", Kimia selalu menarik minat saya. Saya gunakan tema ini untuk menyusun terjemahan dari paket mhchem karya Martin Hensel. Ini adalah (salah satu pilihan dalam $\small\LaTeX$) paket untuk menuliskan rumus, molekul, dan penamaan bahan kimia. Tak seluruhnya saya terjemahkan, hanya bagian yang berkaitan dengan teknis penulisannya saja. Dokumentasi paket ini seutuhnya dapat Anda unduh di sini.

Untuk dapat "menikmati" presentasi a la Beamer ini, saya sarankan Anda menggunakan Adobe Reader. Setelah dokumen ini terbuka, pilihlah menu View > Full Screen Mode. Berikut ini dokumennya, yang saya susun melalui Online LaTeX Editor ShareLaTeX
Demikian semoga bermanfaat.

Adjie Gumarang Pujakelana 2015



1 comment:

tex said...

Perkenalkan tema beame baru juga : Miun
http://l-hirwanto.blogspot.com/2015/04/beamer-tema-miun.html

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...