Sunday, June 22, 2014

Xe$\small\LaTeX$: Doa Menyambut Ramadhan

Ini tulisan keempat tentang teknis penulisan huruf Arab dengan menggunakan $\small\LaTeX$. Ketiga tulisan lainnya dapat Anda lihat di sini, di sana, dan di sono. Demi menyambut kehadiran "tamu agung", kembali saya menuliskannya dan hasilnya dapat Anda lihat di samping ini.

Seperti sudah disampaikan di sini, untuk ketepatan dalam penyusunan naskah bertuliskan huruf Arab, saya gunakan paket arabxetex dengan typeset Xe$\small\LaTeX$, bukan paket arabtex. Hal ini juga atas beberapa keluhan dan tanggapan di forum.

Untuk tulisan ini lebih dulu saya susun teks Arab dengan menggunakan TeX Live 2013 dan saya namai "Arabarab", kemudian file PDF yang dihasilkan saya sisipkan ke dalam dokumen baru yang saya susun dalam PDF$\small\LaTeX$ melalui ShareLaTeX: Online LaTeX Editor ShareLaTeX. Adapun materi doa yang saya gunakan berkenaan dengan menyambut datangnya bulan suci Ramadhan dan doa tersebut saya kutip dari Betawi Edge.
Pengkodeannya saya buat sebagai berikut:
\documentclass[11pt,a4]{scrartcl}
\title{Doa Menyambut Ramadhan}
\usepackage[svgnames]{xcolor}
\usepackage{calligra}
\usepackage{fontspec}
\defaultfontfeatures{Ligatures=TeX}
\setmainfont{Linux Libertine O}
\setsansfont{Linux Biolinum O}

\usepackage[
  top=0cm,
left=3cm,
  right=3cm,
bottom=0cm,
  headheight=0pt,
  margin=1.5cm
 ]{geometry}
\usepackage{calligra}
\usepackage{arabxetex}
\newfontfamily\arabicfont[Script=Arabic]{Amiri}

\begin{document}
\pagenumbering{gobble}
\color{SaddleBrown}\bfseries
\begin{center}
\color{DarkSlateGray}\Huge\sf 
Doa Menyambut Ramadhan
\end{center}

\bigskip
\newcommand{\hamzaB}{\char"200D\char"0640\raise-.95ex\hbox{\char"0654}\char"200D}
\begin{arab}[fullvoc]
\Huge\setlength\parindent{0pt}
BASMALA\\

 al-ll_a-humma .salli `al_A sayyidinA mu.hammad wa`al_A  'Ali sayyidinA mu.hammad \\
al-ll_a-hu akbar,\\ 
al-ll_a-humma ahillah_u `alaynA bi-'l-yumni wa-al-'iy"_mAn, wa-'l-ssalamaTi wa-al-'is"lAmi, wa-'l-ttawfiqi li__mA tu.hibbu wa-tar.d_A, rabbI warabbuka-al-ll_ahu\\
al-ll_a-humma |"A|r-zuqnA _hayrah_u wabarakatah_u wan__uwrah_u wana`uw_zu bika min ^sarrih_i wa ^sarri mA ba`dah_u\\
al-ll_a-humma |"A|j`alh_u ^sahra barakaTiN wan_uwraN wa'ajraN wamu`A-fA-TaN wari.dwAnaN mina 'l-rra.hma___ani wajiwAraN mina 'l-^s^say.tAni,\\
al-ll_a-humma 'innaka qA-simuN fiyhi ba__yna `ibAdika 'l-.s.sAli.hiyna\\
'Aamiy____n
\end{arab}

\vspace{7.45cm}
{\Large\color{Khaki}Sumbawa Besar, 22 Juni 2014}

{\color{White}\Huge\bfseries\calligra Adjie Gumarang Pujakelana}

\end{document}
Pada dokumen utama saya menyertakan paket background agar teks Arab yang saya sisipkan dilatarbelakangi oleh gambar (background/wallpaper), dalam hai ini saya sesuaikan skalanya. Gambar latar ini saya ambil dari Google dan saya namai "Frame2". 
Berikut ini pengkodean seelengkapnya dan dokumen yang dihasilkannya.
\documentclass{article}
\usepackage[
  top=0in,
  left=2cm,
  right=2cm,
  headheight=0pt
 ]{geometry}
\usepackage[T1]{fontenc}
\usepackage{calligra}
\usepackage{background}
\backgroundsetup{
scale=2.2,
angle=0,
opacity=1,  %% adjust
contents={\includegraphics[width=\paperwidth,height=\paperheight]{Frame2}}
}

\begin{document}
\pagenumbering{gobble}

\begin{figure}[width\textwidth]
\setlength{\leftskip}{2cm}
\includegraphics[width=\textwidth]{Arabarab.pdf}
\end{figure}

\end{document}



Demikian semoga bermanfaat.

Adjie Gumarang Pujakelana 2014


No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...