Monday, March 17, 2014

Arabxetex

Satu lagi paket untuk penulisan huruf Arab, selain arabtex. Dokumentasi selengkapnya tentang paket arabxetex ini dapat temukan di sini.

Seperti sudah disebutkan di sini, terdapat "kecacatan" dalam paket arabtex ketika menuliskan huruf lam bertasydid dengan vokal kasrah, yang menghasilkan vokal fathah. Misalnya, penulisan ".salli" menghasilkan ".salla". Nah, dalam paket arabxetex hal tersebut tidak terjadi, sehingga kalimat-kalimat Arab dapat dituliskan dengan benar. 

Paket arabxetex menggunakan typeset XeLaTeX, sehingga penulisan dokumen yang memuat penggunaan paket ini tidak dapat dilakukan dengan compiler online (karena compiler online hanya dapat melayani typeset pdfLaTeX).

Pada contoh dokumen berikut ini saya menuliskan Sholawat Nariyah dengan menggunakan paket arabxetex dalam TeX Live 2013. Tentu, beberapa hal teknis penulisannya berbeda dari paket arabtex, meskipun pemahaman terhadap penggunaan paket arabtex cukup membantu.

Demikian semoga bermanfaat!

Adjie Gumarang Pujakelana 2014
\documentclass[11pt]{scrartcl}
\title{arabxetex}
\usepackage{multirow}
\usepackage[
  top=1in,
  left=3cm,
  right=3cm,
  headheight=40pt,
  margin=1.5cm,includefoot,bottom=2cm
 ]{geometry}
\usepackage{array}
\usepackage{longtable}
\usepackage{arabxetex}
\newfontfamily\arabicfont[Script=Arabic]{Amiri}

\usepackage{chngcntr}
\usepackage[inline,shortlabels]{enumitem}


\begin{document}
\section*{Sholawat Nariyah}
\newcommand{\hamzaB}{\char"200D\char"0640\raise-.95ex\hbox{\char"0654}\char"200D}
\begin{arab}[fullvoc]
\huge\centering
BASMALA\\

al-ll_a-humma .salli .salATaN kAmilaTaN wasallim salAmaN tA-mmaN `al_A sayyidinA mu.hammadiN alla_dI tan.hallu bihi al`uqadu watanfariju bihi alkurabu watuq.d_A bihi al.hawa-a'iju watunA-lu bihi al-rra.ga-a'ibu wa.husnu alxawa-atimi wayustasq_A al.gama-amu biwajhihi alkarImi wa`al_A a"'_alih_i wa.sa.hbih_i fI kulli lam.hatiN wanafasiN bi`adadi kulli ma`luwmiN llaka \\
SLM
\end{arab}

\end{document}


-->

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...