Saturday, July 18, 2015

Kalender Pendidikan Rasa Baru

Kali ini saya hanya ingin berbagi saja. Saya mencoba untuk memanfaatkan pengkodean untuk kalender umum ke dalam kalender pendidikan. Saya mengembangkan kalender ini. Saya rasa ini merupakan salah satu pilihan yang layak untuk digunakan. Kalender ini dapat dikatakan dwifungsi, karena berupa kalender umum tetapi juga sekaligus memuat kalender pendidikan.

Sebagai contoh, saya menggunakannya dalam penyusunan kalender pendidikan tahun pelajaran 2015/2016 yang berlaku di tempat saya bertugas. Kalender ini dibuat perbulan untuk satu halaman dalam format memanjang (landscape). Gambar di samping ini menunjukkan halaman depan kalender tersebut. Dapat Anda lihat di bawah ini, saya cantumkan berbagai keterangan yang bersesuaian dengan kalender pendidikan untuk tiap kegiatan dalam pembelajaran dan kegiatan lain dalam sekolah. Begitu pula dengan hari-hari libur, mengacu kepada ketetapan pemerintah tentang hari libur nasional untuk tahun 2015 dan 2016. Untuk hal ini saya mengikuti penanggalan yang dibuat oleh Ibnu Zahid Abdo El-Moeid, seorang ahli hisab dan rukyat dari Gresik (Jawa Timur), yang hasil cetaknya dapat Anda unduh di sini. (Sayang sekali, situs beliau moeidzahid.site90.net saat ini sudah tidak aktif lagi.)

Bila Anda berminat untuk membuat kalender pendidikan semacam ini maka Anda dapat mengikuti dan mempelajari teknis pengkodean yang sudah diulas di sini. Dokumen di bawah ini saya susun dalam TeX Live 2014 di dalam komputer pribadi.
Demikian semoga bermanfaat. 

Adjie Gumarang Pujakelana 2015



No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...