Thursday, November 6, 2014

Pemasangan TeX Live 2014 di Komputer

Untuk meningkatkan (upgrade) kemampuan software TeX Live, saya telah memasang TeX Live 2014 di komputer.
Distro TeX Live 2014 ini saya peroleh langsung dari sumbernya, yaitu TeX Users Group (TUG). Seperti tercantum pada halaman tautan tersebut, ada beberapa cara untuk memperoleh distro ini, yaitu 
  • memasangnya langsung melalui jaringan (internet), 
  • memperolehnya dalam bentuk DVD, 
  • mengunduhnya dalam bentuk file ISO, 
  • mengunduhnya dalam bentuk tarballs, dan 
  • mengunduhnya melaui mirror tempat penyimpanan (repository) distro ini.

Saya memilih cara ketiga, yaitu mengunduh file ISO dalam kemasan file torrent. Dengan cara ini, saya mengunduh file berukuran 2,586GB dengan software Torrent. Setelah proses pengunduhan selesai, kemudian: 
  1. menyusun (mount) distro ini dengan Haozip.
  2. menonaktifkan antivirus yang terpasang di komputer.
  3. mengklik CD virtual TeX Live 2014, lalu mengklik ganda file install-tl-advanced.bat
  4. mengklik tombol Install TeX Live.
  5. menunggu hingga proses pemasangan selesai.
Pemasangan telah selesai bila muncul pesan Welcome to Tex Live!

Pada saya, pemasangan kali ini terasa lebih cepat dari sebelumnya, mungkin karena sudah terpasang TeX Live 2013.
Demikian semoga bermanfaat.

Adjie Gumarang Pujakelana 2014

5 comments:

tex said...

Mantap , ... good choice ,

tex said...

Untuk pemasangan distribusi LaTeX yang lain dapat juga dilihat sini : http://l-hirwanto.blogspot.com/2014/11/instalasi-protext-latex-di-windows-7-64.html

Gunanto said...

Post yang bermanfaat. Terima kasih Pak...

Catatan Matematika said...

Saya masih belum berhasil instalasinya. Hampir menyerah....!

Eman Sulaeman said...

Semangat!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...