Monday, July 27, 2015

VideoScribe: SVG, LaTeX, dan Sparkol

Akhir-akhir ini VideoScribe mulai bermunculan, memikat, dan tampaknya cukup digemari. VideoScribe adalah perangkat lunak yang diluncurkan oleh perusahaan Inggris Sparkol pada tahun 2012 untuk membuat animasi pada "papan tulis" secara otomatis. Silakan Anda lihat video yang dibuat oleh pengguna VideoScribe pemula berikut ini.



Semula saya sekadar menikmati video jenis ini, tak lebih. Tetapi dalam dua hari terakhir ini menjadikannya sebuah tantangan. Mengapa? 
Karena, ternyata, unsur pendukung dalam pembuatan video ini adalah gambar-gambar berbentuk Scalable Vector Graphics (SVG). Saya coba dengan menggunakan gambar Portable Network Graphics, PNG, hasilnya tidak bagus. Tantangannya: dapatkah $\small\LaTeX$ menghasilkan gambar bentuk SVG?

Saya temukan jawabannya dalam kelas dokumen sekaligus paket standalone dari Martin Schar­rer. Meskipun demikian, karena hasil dari $\small\LaTeX$ berbentuk PDF, maka saya memerlukan pengubahan bentuk (convert) file dari PDF ke SVG. Saya lakukan itu secara daring (dalam jaringan) melalui situs ini. Berikut ini langkah-langkah yang saya lakukan untuk membuat video di atas.
  1. Mengunduh software VideoScribe
  2. Memasang software tersebut di komputer
  3. Mendaftarkan diri (membuat akun) di situs Sparkol
  4. Membuat 4 buah gambar untuk keperluan pembuatan video di atas, dengan pengkodean seperti terlihat di bawah ini
  5. Mengubah file PDF hasil dari langkah 4 ke file SVG melalui situs ini
  6. Membuat video dengan VideoScribe
Berikut ini pengkodean selingkung (templateuntuk gambar yang saya gunakan dalam video di atas.
%\PassOptionsToPackage{svgnames}{xcolor}
\documentclass[tikz,convert={outfile=\jobname.svg},border=10mm]{standalone}
%\usetikzlibrary{...}% paket tikz sudah termuat dalam opsi kelas dokumen
%Berikut ini pilihan paket (selain tikz) untuk membuat gambar:
%\usepackage{pgfplots}
%\pgfplotsset{compat=1.10}
%\usepgfplotslibrary{fillbetween}
%\usepgfplotslibrary{patchplots,colormaps}
%\usepackage{tkz-euclide}
%\usetkzobj{all}

\begin{document}

\begin{tikzpicture}[...]
...%pengkodean untuk gambar
\end{tikzpicture}

\end{document}
Demikian semoga bermanfaat.

Adjie Gumarang Pujakelana 2015

4 comments:

Unknown said...

Salam..mas Adjie. Saya juga mengalami masalah yang sama. Saya ingin gambar buatan sendiri bisa ditampilkan di videoscribe.

Bila tips di atas memang sukses, bisakah dijelaskan lebih detil untuk Langkah 4?
Misalnya dari mulai gambar manual atau digital sampai kepada pengkodean itu bagaimana?

Terima kasih
Agus

Eman Sulaeman said...

Pada umumnya teks/gambar saya buat dengan LaTeX. Untuk gambar, saya buat dengan paket tikz atau tkz-euclide. Teks dan/atau gambar dibuat satu per satu (untuk satu tayangan). Dalam LaTeX, ternyata, hasil (PDF) dari pengkodean apa pun dapat diubah ke SVG. Agar cakupan bidang tulisan/gambar "terbatasi", saya gunakan paket preview.

Terbaru: agar file SVG hasil dari Langkah 5 lebih ringan, saya sunting dulu di https://jakearchibald.github.io/svgomg/ dan hasilnya (file SVG baru) ini yang saya gunakan pada Langkah 6 di atas.

Unknown said...

Terima kasih sebelumnya..

Tampaknya saya memang masih awam dengan LaTeX ini (dan istilah di dalamnya). Sepertinya saya akan coba cari tahu dan perdalam dulu ilmunya :)
Tapi apabila blog ini menyediakan tutorial (singkat/detil) bagi pemula seperti saya tolong diinfokan ya mas?!
Dengan senang hati akan saya pelajari.

Selebihnya terima kasih, ini sudah banyak memberikan pencerahan.

Salam,

Agus R

Gunanto said...

Hemmm... suatu saat saya ingin mencoba pak..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...