Tulisan ini saya angkat sebagai bahan perbandingan, terutama untuk para guru di Indonesia. Sebelumnya saya sudah menuliskan tentang hal ini di sini. Kali ini saya menampilkannya dalam $\small\LaTeX$ dengan kelas dokumen Beamer.
Pada dokumen ini saya kembali menggunakan tema dan warna tema seperti yang telah saya terbitkan di sini. Unsur-unsur yang saya tambahkan adalah:
Pada dokumen ini saya kembali menggunakan tema dan warna tema seperti yang telah saya terbitkan di sini. Unsur-unsur yang saya tambahkan adalah:
- meletakkan gambar pada sudut kanan-bawah pada tiap frame (slide).
\usepackage{mwe} \logo{\fbox{\includegraphics[width=1.5cm]{Pujakelana}}}
- teks jajar kiri-kanan (justifying), kecuali dalam pengurutan (enumerate/itemize)
\usepackage{ragged2e} \justifying \setlength{\parindent}{2em}
- satu judul (frametitle) untuk beberapa frame
\makeatletter \setbeamertemplate{frametitle continuation}{\gdef\beamer@frametitle{}} \makeatother
- menggunakan font family Utopia untuk teks dan Computer Modern untuk modus Matematika. (Daftar nama font selengkapnya dapat Anda unduh di sini.)
\renewcommand\rmdefault{put} \renewcommand\mathfamilydefault{cmr}
\begin{frame}[allowframebreaks]
\frametitle{............}
... teks ...
\end{frame}
dan pemisah frame
\framebreak
Dokumen di bawah ini saya susun melalui Online LaTeX Editor ShareLaTeX.
Demikian semoga tulisan ini bermanfaat, terutama, untuk rekan-rekan guru di Indonesia.
Demikian semoga tulisan ini bermanfaat, terutama, untuk rekan-rekan guru di Indonesia.
Adjie Gumarang Pujakelana 2014
\documentclass[compress,red]{beamer} \mode { \usetheme{Warsaw} \usecolortheme{whale} } \usepackage[utf8]{inputenc} \usepackage[T1]{fontenc} \renewcommand\rmdefault{put} \renewcommand\mathfamilydefault{cmr} \usefonttheme{serif} \usepackage{mwe} \logo{\fbox{\includegraphics[width=1.5cm]{Pujakelana}}} \usepackage{ragged2e} \justifying \setlength{\parindent}{2em} \usepackage[indonesian]{babel} \usepackage{graphicx} % untuk menyertakan gambar \usepackage{booktabs} % untuk menggunakan \toprule, \midrule and \bottomrule pada tabel \usepackage{pifont} \makeatletter \setbeamertemplate{frametitle continuation}{\gdef\beamer@frametitle{}} \makeatother %---------------------------------------------------------------------------------------- % TITLE PAGE %---------------------------------------------------------------------------------------- \title[Standar Guru]{Standar Guru di Inggris} % Judul singkat muncul di bagian bawah setiap slide, judul lengkap hanya pada halaman judul \author{Sulaeman, S.Pd.} % Nama Anda \institute[Sumbawa] { SMK Negeri 2 Sumbawa Besar \\ \medskip \textit{kalakaypalid@gmail.com} % Your email address } \date{\today} % Tanggal dapat diubah \begin{document} \begin{frame}[plain,t] \titlepage % Menampilkan halaman judul sebagai slide pertama \end{frame} \begin{frame} \frametitle{Tinjauan} \tableofcontents % Daftar Isi yang menampilkan \section dan \subsection \end{frame} %---------------------------------------------------------------------------------------- % SLIDE PRESENTASI %---------------------------------------------------------------------------------------- %------------------------------------------------ \section{MUKADIMAH} \begin{frame} \frametitle{Mukadimah} Guru menjadikan pendidikan terhadap para siswanya sebagai perhatian utama, dan bertanggung jawab untuk mencapai standar setinggi mungkin dalam pekerjaan dan perilaku. Guru bertindak dengan kejujuran dan integritas, memiliki pengetahuan mata pelajaran yang kuat, mempertahankan pengetahuan dan keterampilan sebagai guru yang terbarukan (\emph{up-to-date}) dan kritis terhadap diri sendiri, menjalin hubungan profesional yang positif, dan bekerja dengan orang tua siswa demi kepentingan terbaik bagi siswa. \end{frame} \section{PENGAJARAN} \begin{frame}[allowframebreaks] \frametitle{Pengajaran} Seorang guru harus: \begin{enumerate} \item {\bfseries Menetapkan harapan tinggi yang menimbulkan inspirasi, motivasi dan tantangan terhadap siswa} \begin{itemize} \item Menciptakan lingkungan yang aman dan mendorong (\emph{stimulating}) bagi siswa, berakar pada saling menghormati \item Menetapkan tujuan yang luas dan menantang siswa dari semua latar belakang, kemampuan, dan kebiasaan \item Menunjukkan secara konsisten sikap positif, norma, dan perilaku yang diharapkan siswa \end{itemize} \item {\bfseries Meningkatkan kemajuan dan hasil baik yang diper- oleh siswa} \begin{itemize} \item Bertanggung jawab terhadap pencapaian, kemajuan, dan hasil siswa \item Menyadari kemampuan dan pengetahuan siswa sebelumnya, dan merencanakan pengajaran yang dibangun atas dasar hal tersebut \item Memandu siswa untuk menunjukkan kemajuan yang telah mereka buat dan kebutuhan mereka yang muncul \item Menunjukkan pengetahuan dan pemahaman tentang cara siswa belajar dan dampaknya terhadap pengajaran \item Mendorong siswa untuk memiliki sikap bertanggung jawab dan teliti dalam bekerja dan belajar \end{itemize} \item {\bfseries Menunjukkan pengetahuan yang baik tentang mata pelajaran dan kurikulum} \begin{itemize} \item Memiliki pengetahuan yang terjamin atas (satu atau beberapa) mata pelajaran yang relevan dan ruang lingkup kurikulum, mengembangkan dan mempertahankan minat siswa terhadap mata pelajaran, dan mengatasi kesalahpahaman siswa \framebreak \item Menunjukkan pemahaman kritis terhadap perkem- bangan mata pelajaran dan ruang lingkup kurikulum, dan meningkatkan nilai prestasi akademik (\emph{scholarship}) \item Menunjukkan pemahaman dan tanggung jawab dalam meningkatkan standar tinggi terhadap kecakapan menulis dan membaca (\emph{literacy}) , berbicara (\emph{articulacy}), dan penggunaan Bahasa Inggris baku yang benar, apa pun mata pelajaran spesialis guru \item Dalam pengajaran dasar membaca, menunjukkan pemahaman yang jelas terhadap sistematik, sintetik, fonetik \item Dalam pengajaran dasar matematika, menunjukkan pemahaman yang jelas terhadap strategi pengajaran yang sesuai \end{itemize} \item {\bfseries Merencanakan dan mengajarkan pelajaran dengan terstruktur secara benar} \begin{itemize} \item Menanamkan pengetahuan dan mengembangkan pemahaman dengan menggunakan jam pelajaran yang efektif \item Meningkatkan minat belajar dan keingintahuan intelektual siswa \item Mengatur pekerjaan rumah dan rencana kegiatan luar-kelas lainnya untuk menggabungkan dan memperluas pengetahuan dan pemahaman yang telah diperoleh siswa \item Menunjukkan secara sistematis keefektifan pelajaran dan pendekatan pengajaran \item Mendukung dalam perancangan dan penyediaan kurikulum yang menarik dalam lingkup (satu atau beberapa) mata pelajaran terkait \end{itemize} \item {\bfseries Menyesuaikan pengajaran untuk menanggapi (\emph{respond}) kekuatan dan kebutuhan semua siswa} \begin{itemize} \item Mengetahui kapan dan cara membedakan dengan tepat, penggunaan pendekatan yang memungkinkan siswa diajari secara efektif \item Memiliki pemahaman yang terjamin tentang cara berbagai faktor dapat menghambat kemampuan belajar siswa dan cara terbaik untuk mengatasinya \item Menunjukkan kesadaran terhadap perkembangan fisik, sosial, dan intelektual siswa, dan mengetahui cara menyesuaikan pengajaran untuk mendukung pendi- dikan siswa pada tahap perkembangan yang berbeda \item Memiliki pemahaman yang jelas tentang kebutuhan semua siswa, termasuk mereka yang memerlukan pendidikan khusus, yang berkemampuan tinggi, yang berbahasa Inggris sebagai bahasa asing, yang cacat, dan dapat menggunakan dan menilai pende- katan pengajaran khusus yang dilakukan dan men- dukung mereka \end{itemize} \item {\bfseries Memanfaatkan penilaian secara akurat dan produktif} \begin{itemize} \item Mengetahui dan memahami cara melakukan penilaian dalam mata pelajaran dan ruang lingkup kurikulum yang terkait, termasuk kaidah penilaian yang disyaratkan \item Menggunakan penilaian formatif dan sumatif untuk menjamin kemajuan siswa \item Menggunakan data terkait untuk memantau kemajuan, menetapkan tujuan, dan rencana pelajaran selanjutnya \item Memberikan umpan balik terhadap siswa secara teratur, baik secara lisan mau pun melalui perbaikan yang tepat, dan mendorong siswa untuk menanggapi umpan balik tersebut \end{itemize} \item {\bfseries Mengendalikan perilaku efektif untuk memastikan lingkungan belajar yang baik dan aman} \begin{itemize} \item Memiliki aturan dan rutinitas yang jelas untuk perilaku di kelas dan bertanggung jawab untuk meningkatkan perilaku yang baik dan sopan baik di kelas maupun di lingkungan sekolah, sesuai dengan kebijakan perilaku di sekolah \item Memiliki harapan yang tinggi atas perilaku dan menetapkan kerangka kerja untuk kedisiplinan dengan berbagai strategi, menggunakan pujian, sanksi, dan penghargaan secara konsisten dan adil \item Mengelola kelas secara efektif, dengan menggunakan pendekatan yang sesuai dengan kebutuhan siswa dengan melibatkan dan memotivasi mereka \item Menjaga hubungan baik dengan siswa, melaksanakan kewenangan yang sesuai, dan bertindak tegas bila diperlukan \end{itemize} \item {\bfseries Memenuhi tanggung jawab profesional yang lebih luas} \begin{itemize} \item Memberikan dukungan positif yang lebih luas terhadap kehidupan dan etos sekolah \item Mengembangkan hubungan profesional yang efektif dengan rekan kerja, mengetahui cara dan kapan harus mendayagunakan nasihat dan dukungan ahli \item Mengerahkan berbagai pendukung secara efektif \item Bertanggung jawab dalam meningkatkan pengajaran melalui pengembangan profesional yang sesuai, menanggapi saran dan masukan dari rekan kerja \item Berkomunikasi secara efektif dengan orang tua siswa berkaitan dengan prestasi dan kesejahteraan siswa \end{itemize} \end{enumerate} \end{frame} %------------------------------------------------ \section{PERILAKU PRIBADI DAN PROFESIONAL} \begin{frame}[allowframebreaks] \frametitle{Perilaku Pribadi dan Profesional} Seorang guru diharapkan untuk menunjukkan secara konsisten standar tinggi atas perilaku pribadi dan profesional. Pernyataan berikut mendefinisikan perilaku dan sikap yang menetapkan standar yang disyaratkan atas perilaku selama menjalani karier guru. \setbeamertemplate{itemize items}[square] \begin{itemize} \item {\bfseries Guru menjunjung kepercayaan masyarakat atas profesinya dan mempertahankan standar tinggi etika dan perilaku, di dalam dan di luar sekolah}, dengan: {\setbeamertemplate{itemize items}[ball] \begin{itemize} \item Memperlakukan siswa secara bermartabat, membangun hubungan yang berakar pada saling menghormati, dan setiap saat mengamati batas-batas yang tepat sesuai dengan posisi profesional guru \item Memperhatikan perlindungan yang dibutuhkan ter- hadap kesejahteraan siswa, sesuai dengan ketentuan peraturan \item Menunjukkan toleransi dan penghormatan terhadap hak-hak orang lain \item Tidak merusak norma-norma dasar bangsa Inggris, termasuk demokrasi, aturan hukum, kebebasan individu, dan saling menghormati dan bertoleransi terhadap orang-orang dengan berbagai agama dan keyakinan \item Memastikan bahwa keyakinan pribadi tidak dinyatakan dalam cara yang memanfaatkan kerentanan siswa atau mungkin membawa mereka untuk melanggar hukum \end{itemize} } \item Guru harus berpenampilan layak dan profesional terhadap etos, kebijakan, dan tradisi sekolah tempatnya mengajar dan menjaga standar tinggi dalam kehadiran dan ketepatan waktu \item Guru harus memiliki pemahaman dan selalu bertin- dak dalam, kerangka peraturan yang mengatur tugas dan tanggung jawab profesionalnya \end{itemize} \end{frame} %------------------------------------------------ \begin{frame} \frametitle{Daftar Pustaka} \footnotesize{ \begin{thebibliography}{99} % Beamer does not support BibTeX so references must be inserted manually as below \bibitem[GOV.UK]{a} Department for Education. 2013. \newblock \emph{Teachers' standards}, \newblock \url{https://www.gov.uk/government/publications/teachers-standards}. (Diakses 27 Februari 2013) \end{thebibliography} } \end{frame} %------------------------------------------------ \begin{frame} \Huge{\centerline{Selesai}} \end{frame} %---------------------------------------------------------------------------------------- \end{document}
No comments:
Post a Comment