Benarkah guru merasa kesulitan dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP)?
Harus diakui: benar!
Kenapa demikian?
Dalam fase inilah kualitas guru teruji (di depan kelas) dan "seni" dalam mengelola pembelajaran dapat "terbaca" mulai dari perencanaan pembelajaran yang dibuatnya.
Bayangkan, di kelas, guru berperan selaku sutradara merangkap aktor, yang harus melakukan pembelajaran atas suatu materi dengan tingkat kesulitan beragam terhadap siswa dengan kemampuan beragam pula, dan dalam tenggat waktu tertentu. Sesudah itu ditagih pula tingkat pencapaian kompetensi yang maksimal.
Jadi, menurut saya, kesulitan tersebut bukanlah tertuju kepada materi, tetapi lebih kepada unsur psikologis. Guru berupaya untuk meracik menu pembelajaran sedemikian rupa sehingga memenuhi kaidah sistem pembelajaran, memotivasi dan meningkatkan hasil belajar siswa, dan memenuhi target kurikulum.
Esensi kenikmatan seorang guru adalah ketika berada di kelas, berkomunikasi dengan para siswa yang bergairah dalam belajar, diselingi guyonan seperlunya, melayani dan menjawab pertanyaan siswa tentang materi yang belum dipahaminya, menyaksikan mereka menjawab soal dengan menunjukkan kemampuan atas materi yang telah dipelajarinya, kejujuran yang ditunjukkannya, sikap hormatnya kepada guru, ... dan seterusnya.
Nah, berikut ini saya tunjukkan salah satu contoh RPP yang dibuat oleh Bapak Imam Indra Gunawan, guru SMK Negeri 1 Pasuruan, yang saya reka ulang dan ditulis dengan menggunakan $\small\LaTeX$ melalui writeLaTeX.
Bila Anda guru pengguna $\small\LaTeX$, di bawahnya saya sediakan pula format struktur $\small\LaTeX$ yang siap pakai untuk pembuatan RPP yang lain.
\documentclass[graybox,sectrefs,vecarrow,envcountresetsect,oneside]{svmono} \title{RPP2013Peluang} \usepackage[scaled]{helvet} \renewcommand*\familydefault{\sfdefault} \usepackage[inline,shortlabels]{enumitem} \usepackage{chngcntr} \usepackage{longtable} \usepackage[small,bf,singlelinecheck=off]{caption} \usepackage{graphicx} \usepackage{array} \usepackage[ top=1in, left=3cm, right=3cm, headheight=40pt, margin=1.5cm,includefoot,bottom=2cm ]{geometry} \usepackage{bm} \usepackage{multirow} \usepackage{dingbat} \usepackage[parfill]{parskip} \begin{document} { \centering \renewcommand{\arraystretch}{2} \begin{tabular}{ |>{\centering\arraybackslash}m{2cm}|% >{\centering\arraybackslash}m{10cm}|% >{\centering\arraybackslash}m{2cm}|% } \hline \vspace{0.25cm} \includegraphics[height=1.65cm,width=0.1\textwidth]{twh} & Departemen Pendidikan Nasional \linebreak Kabupaten Sumbawa \linebreak {\large \bfseries SMK Negeri 2 Sumbawa Besar} \linebreak Jalan Lingkar Selatan KM 4 Sumbawa Besar & \vspace{0.25cm} \includegraphics[height=1.65cm,width=0.1\textwidth]{smk}\\ \hline \end{tabular} \bigskip \renewcommand*{\arraystretch}{1.5} \begin{center} \begin{tabular}{llclll} \multicolumn{6}{c}{\textbf{RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN}} \\ \multicolumn{2}{l}{Satuan Pendidikan} & : & \multicolumn{3}{l}{SMK} \\ \multicolumn{2}{l}{Kelas/Semester} & : & \multicolumn{3}{l}{X/2} \\ \multicolumn{2}{l}{Mata Pelajaran} & : & \multicolumn{3}{l}{Matematika} \\ \multicolumn{2}{l}{Topik} & : & \multicolumn{3}{l}{Peluang} \\ \multicolumn{2}{l}{Waktu} & : & \multicolumn{3}{l}{4 $\times$ 45 menit (2 pertemuan)} \end{tabular} \end{center} \bigskip \begin{enumerate}[\bfseries A.] \item {\bfseries Kompetensi Inti}\\ \begin{tabular}{lp{0.5cm}p{17cm}} & 1. & Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. \\ & 2. & Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. \\ & 3. & Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan. \\ & 4. & Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan. \end{tabular} \item {\bfseries Kompetensi Dasar}\\ \begin{tabular}{lp{0.8cm}p{17cm}} & 2.1 & Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa percaya diri, dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah. \\ & 2.2 & Mampu mentransformasi diri dalam berpilaku jujur, tangguh mengadapi masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar matematika. \\ & 2.3 & Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin tahu, jujur dan perilaku peduli lingkungan. \\ & 3.22 & Mendeskripsikan konsep peluang suatu kejadian dengan menggunakan berbagai objek nyata dalam suatu percobaan dengan menggunakan frekuensi relatif. \end{tabular} \item {\bfseries Indikator Pencapaian Kompetensi}\\ \begin{tabular}{lp{0.5cm}p{17cm}} & 1. & Terlibat aktif dalam pembelajaran peluang \\ & 2. & Bekerjasama dalam kegiatan kelompok \\ & 3. & Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif \\ & 4. & Menjelaskan kembali konsep/pengertian peluang suatu kejadian dari percobaan yang telah dilakukan \\ & 5. & Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan konsep peluang \end{tabular} \item {\bfseries Tujuan Pembelajaran}\\ Dengan kegiatan demontrasi, diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran peluang diharapkan siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat menemukan konsep peluang suatu kejadian dengan frekuensi relatif berdasarkan percobaan yang telah mereka lakukan. \item {\bfseries Materi Matematika}\\ Buku Siswa Kurikulum 2013, Matematika Kelas X, halaman 364 s.d. 390\\ \begin{tabular}{lp{0.5cm}p{17cm}} \multicolumn{3}{l}{\bfseries Pertemuan 1\quad (2 $\bm\times$ 45 menit)} \\ & 1. & Menemukan konsep peluang dengan frekuensi relatif melalui kegiatan 1 dan kegiatan 2 \\ & & (Buku Siswa, Matematika Kelas X, halaman 366 s.d. 371) \\ \multicolumn{3}{l}{\bfseries Pertemuan 2\quad (2 $\bm\times$ 45 menit)} \\ & 2. & Pengertian percobaan, kejadian, titik sampel, dan ruang sampel \\ & & (Buku Siswa, Matematika Kelas X, halaman 371 s.d. 374) \\ & 3. & Cara penyajian dan penentuan ruang sampel \\ & & (Buku Siswa, Matematika Kelas X, halaman 374 s.d. 385) \end{tabular} \item {\bfseries Model Pembelajaran}\\ Model pembelajaran adalah pembelajaran berbasis projek (\emph{Project Based Learning}). \item {\bfseries Pendekatan Pembelajaran}\\ Pendekatan pembelajaran adalah pendekatan saintifik (\emph{scientific}), melalui pembelajaran koperatif (\emph{cooperative learning}) dengan menggunakan kelompok diskusi yang berbasis penemuan. \item {\bfseries Kegiatan Pembelajaran}\\ \bigskip {\bfseries Pertemuan 1}\\ \begin{longtable}{l|p{2.5cm}|cp{12cm}|p{2.7cm}|} \cline{2-5} \multicolumn{1}{c|}{\textbf{}} & \multicolumn{1}{c|}{\textbf{Kegiatan}} & \multicolumn{2}{c|}{\textbf{Deskripsi Kegiatan}} & \multicolumn{1}{c|}{\textbf{Alokasi Waktu}} \\ \cline{2-5} & \multicolumn{1}{c|}{Pendahuluan} & \multicolumn{1}{c}{1.} & Guru memberikan gambaran tentang pentingnya materi peluang dan memberikan gambaran tentang aplikasi peluang dalam kehidupan sehari-hari. & \multicolumn{1}{c|}{10 menit} \\ & & \multicolumn{1}{c}{2.} & Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis, siswa diberikan informasi tentang asal mula munculnya teori peluang. & \\ & & \multicolumn{1}{c}{3.} & Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu menemukan konsep peluang dengan frekuensi relatif. & \\ & & \multicolumn{1}{c}{4.} & Guru memberitahukan bahwa cara belajar adalah dengan cara diskusi dan eksperimen dalam kelompok. Kelompok sudah dibuat oleh guru karena setiap kelompok harus mempunyai anggota yang kemampuan akademiknya merata. & \\ & & \multicolumn{1}{c}{5.} & Guru membacakan nama kelompok beserta anggotanya, kemudian mempersilahkan siswa untuk duduk berkelompok sesuai dengan kelompok masing-masing dengan tertib dan tenang. & \\\cline{2-5} & \multicolumn{1}{c|}{Inti} & 1. & Guru bertanya tentang sisi uang logam, apa yang terjadi jika uang logam itu dilambungkan (toss) 1 kali, 2 kali, 3 kali, dan seterusnya. & \multicolumn{1}{c|}{70 menit} \\ & & 2. & Guru bertanya tentang sisi-sisi sebuah dadu, apa yang terjadi jika dadu tersebut dilambungkan 1 kali dan 2 kali. & \\ & & 3. & Guru membagikan lembar kegiatan siswa kepada masing-masing kelompok. & \\ & & 4. & Guru meminta siswa bekerjasama untuk melakukan kegiatan 1. & \\ & & 5. & Guru meminta siswa bekerjasama untuk melakukan kegiatan 2. & \\ & & 6. & Siswa mengumpulkan data yang diperoleh dari kegiatan 1 dan kegiatan 2. & \\ & & 7. & Siswa memproses/mengolah data yang diperoleh dari kegiatan 1 dan kegiatan 2. & \\ & & 8. & Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada pada lembar aktivitas. & \\ & & 9. & Tiap kelompok mendapat tugas untuk menemukan konsep peluang dengan fekuensi relatif. & \\ & & 10. & Selama siswa bekerja di dalam kelompok, guru memperhatikan dan memotivasi semua siswa untuk terlibat dalam diskusi, dan mengarahkan bila ada kelompok yang melenceng jauh dari pekerjaannya. & \\ & & 11. & Salah satu kelompok diskusi (tidak harus yang terbaik) diminta untuk menampilkan hasil diskusinya di depan kelas. Sementara kelompok lain, menanggapi dan menyempurnakannya. & \\ & & 12. & Guru mengumpulkan semua hasil diskusi tiap kelompok. & \\ & & 13. & Dengan tanya jawab, guru mengarahkan semua siswa pada kesimpulan mengenai konsep peluang dengan fekuensi relatif berdasarkan hasil tinjauan terhadap penampilan salah satu kelompok. & \\ & & 14. & Guru memberikan tiga butir soal yang terkait dengan menemukan konsep peluang dengan fekuensi relatif. Dengan tanya jawab, siswa dan guru menyelesaikan kedua soal yang diberikan. & \\\cline{2-5} & \multicolumn{1}{c|}{Penutup} & \multicolumn{1}{c}{1.} & Siswa diminta menyimpulkan tentang konsep peluang dengan frekuensi relatif. & \multicolumn{1}{c|}{10 menit} \\ & & \multicolumn{1}{c}{2.} & Guru memberikan tugas PR mengenai penerapan konsep peluang dengan frekuensi relatif dalam kehidupan sehari-hari. & \\ & & \multicolumn{1}{c}{3.} & Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar. & \\\cline{2-5} \end{longtable} {\bfseries Pertemuan 2}\\ \begin{longtable}{l|p{2.5cm}|cp{12cm}|p{2.7cm}|} \cline{2-5} \multicolumn{1}{c|}{\textbf{}} & \multicolumn{1}{c|}{\textbf{Kegiatan}} & \multicolumn{2}{c|}{\textbf{Deskripsi Kegiatan}} & \multicolumn{1}{c|}{\textbf{Alokasi Waktu}} \\ \cline{2-5} & \multicolumn{1}{c|}{Pendahuluan} & \multicolumn{1}{c}{1.} & Guru membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya. & \multicolumn{1}{c|}{10 menit} \\ & & \multicolumn{1}{c}{2.} & Guru mengaitkan materi yang diberikan pada pertemuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari. & \\ & & \multicolumn{1}{c}{3.} & Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu siswa dapat menemukan konsep peluang suatu kejadian dengan frekuensi relatif berdasarkan percobaan yang telah mereka lakukan. & \\ & & \multicolumn{1}{c}{4.} & Guru memberitahukan bahwa cara belajar adalah dengan cara diskusi dan eksperimen dalam kelompok. Kelompok dimaksud sesuai dengan yang dibentuk pada pertemuan sebelumnya. & \\\cline{2-5} & \multicolumn{1}{c|}{Inti} & 1. & Guru meminta siswa untuk membaca dan memahami Ilustrasi 12.1 dan Ilustrasi 12.2. & \multicolumn{1}{c|}{70 menit} \\ & & 2. & Guru bertanya apabila pada Ilustrasi 12.2 menu sarapannya ditambah, apa yang terjadi? & \\ & & 3. & Guru meminta siswa bekerjasama dalam kelompoknya untuk menjawab pertanyaan di atas. & \\ & & 4. & Salah satu kelompok diskusi (tidak harus yang terbaik) diminta untuk menampilkan hasil diskusinya. Sementara kelompok lain, menanggapi dan menyempurnakannya. & \\ & & 5. & Guru mengumpulkan semua hasil diskusi tiap kelompok. & \\ & & 6. & Dengan tanya jawab, guru mengarahkan semua siswa pada kesimpulan mengenai konsep peluang dengan menggunakan fekuensi relatif berdasarkan hasil tinjauan terhadap penampilan salah satu kelompok. & \\ & & 7. & Guru meminta siswa berdiskusi kelompok dalam membaca dan memahami Masalah 12.4 s.d. Masalah 12.10 berserta alternatif penyelesaiannya. & \\ & & 8. & Selama siswa bekerja di dalam kelompok, guru memperhatikan dan memotivasi semua siswa untuk terlibat dalam diskusi, dan mengarahkan bila ada kelompok yang melenceng jauh dari pekerjaannya. & \\ & & 9. & Guru mengumpulkan semua hasil diskusi tiap kelompok. & \\ & & 10. & Dengan tanya jawab, guru mengarahkan semua siswa pada kesimpulan mengenai konsep peluang dengan menggunakan fekuensi relatif berdasarkan hasil tinjauan terhadap penampilan salah satu kelompok. & \\ & & 11. & Guru memberikan tiga butir soal yang terkait dengan menemukan konsep peluang dengan fekuensi menggunakan relatif. Dengan tanya jawab, siswa dan guru menyelesaikan kedua soal yang diberikan. & \\\cline{2-5} & \multicolumn{1}{c|}{Penutup} & \multicolumn{1}{c}{1.} & Siswa diminta menyimpulkan tentang pengertian percobaan, kejadian, titik sampel, ruang sampel, cara penyajian dan penentuan ruang sampel. & \multicolumn{1}{c|}{10 menit} \\ & & \multicolumn{1}{c}{2.} & Guru memberikan tugas PR (kelompok) Masalah 12.3 halaman 374. & \\ & & \multicolumn{1}{c}{3.} & Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar. & \\\cline{2-5} \end{longtable} \item {\bfseries Alat, Media, Sumber Pembelajaran}\\ \begin{tabular}{lp{0.5cm}p{17cm}} & 1. & Buku Siswa dan Pegangan Guru Kurikulum 2013, Matematika Kelas X \\ & 2. & Koin, dadu, lembar kerja atau lembar kegiatan siswa \\ & 3. & Lembar penilaian \\ & 4. & \emph{File} tayangan \emph{Powerpoint} \\ & 5. & Spidol dan \emph{Whiteboard} \\ & 6. & Laptop dan \emph{liquid-crystal display} (LCD) \end{tabular} \item {\bfseries Penilaian Hasil Belajar}\\ \begin{longtable}{lp{0.5cm}>{\centering\arraybackslash}p{0.5cm}p{6.5cm}|>{\centering\arraybackslash}p{3.5cm}|p{6cm}|} & \multicolumn{1}{c}{1.} & \multicolumn{4}{l}{Teknik Penilaian: pengamatan, kinerja} \\ & \multicolumn{1}{c}{2.} & \multicolumn{4}{l}{Prosedur Penilaian:} \\ \cline{2-6} & \multicolumn{1}{|c|}{\textbf{No.}} & \multicolumn{2}{c|}{\textbf{Aspek yang dinilai}} & \multicolumn{1}{c|}{\textbf{Teknik Penilaian}} & \multicolumn{1}{c|}{\textbf{Waktu Penilaian}} \\ \cline{2-6} & \multicolumn{1}{|c|}{1.} & \multicolumn{2}{l|}{Sikap} & Pengamatan & Selama pembelajaran dan saat diskusi \\ & \multicolumn{1}{|c|}{} & a. & Terlibat aktif dalam pembelajaran peluang & & \\ & \multicolumn{1}{|c|}{} & b. & Bekerjasama dalam kegiatan kelompok & & \\ & \multicolumn{1}{|c|}{} & c. & Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif & & \\\cline{2-6} & \multicolumn{1}{|c|}{2.} & \multicolumn{2}{l|}{Pengetahuan} & Pengamatan & Penyelesaian tugas individu dan kelompok \\ & \multicolumn{1}{|c|}{} & a. & Menjelaskan kembali konsep peluang de-ngan menggunakan frekuensi relatif & & \\ & \multicolumn{1}{|c|}{} & b. & Menyatakan kembali hubungan peluang dan frekuensi relatif & & \\\cline{2-6} & \multicolumn{1}{|c|}{3.} & \multicolumn{2}{l|}{Keterampilan} & Pengamatan kinerja & Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi \\ & \multicolumn{1}{|c|}{} & a. & Terampil melakukan eksperimen guna menemukan konsep peluang dengan frekuensi relatif & & \\\cline{2-6} \end{longtable} \item {\bfseries Instrumen Penilaian Hasil belajar}\\ \begin{center} \begin{tabular}{llclll} \multicolumn{6}{c}{\textbf{LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP}} \\ \multicolumn{2}{l}{Mata Pelajaran} & : & \multicolumn{3}{l}{Matematika} \\ \multicolumn{2}{l}{Kelas/Semester} & : & \multicolumn{3}{l}{X/2} \\ \multicolumn{2}{l}{Tahun Pelajaran} & : & \multicolumn{3}{l}{2014/2015} \\ \multicolumn{2}{l}{Waktu Pengamatan} & : & \multicolumn{3}{l}{.....................................} \end{tabular} \end{center} \bigskip Indikator sikap aktif dalam pembelajaran peluang: \begin{enumerate}[1.] \item Kurang baik, jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran. \item Baik, jika menunjukkan sudah ada usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum ajeg/konsisten. \item Sangat baik, jika menunjukkan sudah ambil bagian dalam menyelesaikan tugas kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten. \end{enumerate} \bigskip Indikator sikap bekerjasama dalam kegiatan kelompok: \begin{enumerate}[1.] \item Kurang baik, jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok. \item Baik, jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten. \item Sangat baik, jika menunjukkan adanya usaha bekerjasama dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten. \end{enumerate} \bigskip Indikator sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif: \begin{enumerate}[1.] \item Kurang baik, jika sama sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif. \item Baik, jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten. \item Sangat baik, jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif secara terus menerus dan ajeg/konsisten. \end{enumerate} \bigskip \begin{center} \begin{tabular}{|>{\centering\arraybackslash}p{0.7cm}|>{\centering\arraybackslash}p{5cm}|p{1cm}|p{1cm}|p{1cm}|p{1cm}|p{1cm}|p{1cm}|p{1cm}|p{1cm}|p{1cm}|} \multicolumn{11}{l}{Bubuhkan tanda \checkmark pada kolom-kolom sesuai dengan hasil pengamatan.} \\ \hline \multirow{3}{*}{\textbf{No.}} & \multicolumn{1}{c|}{\multirow{3}{*}{\textbf{Nama Siswa}}} & \multicolumn{9}{c|}{\textbf{Sikap}} \\ \cline{3-11} \multicolumn{1}{|l|}{\textbf{}} & & \multicolumn{3}{c|}{\textbf{Aktif}} & \multicolumn{3}{c|}{\textbf{Kerjasama}} & \multicolumn{3}{c|}{\textbf{Toleran}} \\ \cline{3-11} \multicolumn{1}{|l|}{\textbf{}} & & \multicolumn{1}{c|}{\textbf{KB}} & \multicolumn{1}{c|}{\textbf{B}} & \multicolumn{1}{c|}{\textbf{SB}} & \multicolumn{1}{c|}{\textbf{KB}} & \multicolumn{1}{c|}{\textbf{B}} & \multicolumn{1}{c|}{\textbf{SB}} & \multicolumn{1}{c|}{\textbf{KB}} & \multicolumn{1}{c|}{\textbf{B}} & \multicolumn{1}{c|}{\textbf{SB}} \\ \hline \multicolumn{1}{|c|}{1.} & & & & & & & & & & \\ \hline \multicolumn{1}{|c|}{2.} & & & & & & & & & & \\ \hline \multicolumn{1}{|c|}{3.} & & & & & & & & & & \\ \hline \multicolumn{1}{|c|}{\vdots} & & & & & & & & & & \\ \hline \multicolumn{11}{l}{\textbf{Keterangan:}}\\ \multicolumn{1}{l}{KB} & \multicolumn{10}{l}{:\quad Kurang Baik}\\ \multicolumn{1}{l}{B} & \multicolumn{10}{l}{:\quad Baik}\\ \multicolumn{1}{l}{SB} & \multicolumn{10}{l}{:\quad Sangat Baik} \end{tabular} \end{center} \begin{center} \begin{tabular}{llclll} \multicolumn{6}{c}{\textbf{LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN KETERAMPILAN}} \\ \multicolumn{2}{l}{Mata Pelajaran} & : & \multicolumn{3}{l}{Matematika} \\ \multicolumn{2}{l}{Kelas/Semester} & : & \multicolumn{3}{l}{X/2} \\ \multicolumn{2}{l}{Tahun Pelajaran} & : & \multicolumn{3}{l}{2014/2015} \\ \multicolumn{2}{l}{Waktu Pengamatan} & : & \multicolumn{3}{l}{.....................................} \end{tabular} \end{center} \bigskip Indikator terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan nilai fungsi di berbagai kuadran: \begin{enumerate}[1.] \item Kurang terampil, jika sama sekali tidak dapat menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan nilai fungsi di berbagai kuadran. \item Terampil, jika menunjukkan sudah ada usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan nilai fungsi di berbagai kuadrantetapi belum tepat. \item Sangat terampill, jika menunjukkan adanya usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan nilai fungsi di berbagai kuadran dan sudah tepat. \end{enumerate} \bigskip \begin{center} \begin{tabular}{>{\centering\arraybackslash}p{0.7cm}>{\centering\arraybackslash}p{5cm}|>{\centering\arraybackslash}p{1.5cm}|>{\centering\arraybackslash}p{1.5cm}|>{\centering\arraybackslash}p{1.5cm}|} \multicolumn{5}{l}{Bubuhkan tanda \checkmark pada kolom-kolom sesuai dengan hasil pengamatan.} \\ \hline \multicolumn{1}{|>{\centering\arraybackslash}p{0.7cm}|}{\multirow{3}{*}{\textbf{No.}}} & \multicolumn{1}{c|}{\multirow{3}{*}{\textbf{Nama Siswa}}} & \multicolumn{3}{>{\centering\arraybackslash}p{4.5cm}|}{\textbf{Keterampilan}} \\ \cline{3-5} \multicolumn{1}{|l|}{} & & \multicolumn{3}{>{\centering\arraybackslash}p{4.5cm}|}{\textbf{Menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah}} \\ \cline{3-5} \multicolumn{1}{|l|}{} & & \multicolumn{1}{c|}{\textbf{KT}} & \multicolumn{1}{c|}{\textbf{T}} & \multicolumn{1}{c|}{\textbf{ST}} \\ \hline \multicolumn{1}{|c|}{1.} & & & & \\ \hline \multicolumn{1}{|c|}{2.} & & & & \\ \hline \multicolumn{1}{|c|}{3.} & & & & \\ \hline \multicolumn{1}{|c|}{\vdots} & & & & \\ \hline \multicolumn{5}{l}{\textbf{Keterangan:}} \\ \multicolumn{1}{l}{KT} & \multicolumn{4}{l}{:\quad Kurang terampil} \\ \multicolumn{1}{l}{T} & \multicolumn{4}{l}{:\quad Terampil} \\ \multicolumn{1}{l}{ST} & \multicolumn{4}{l}{:\quad Sangat terampil} \end{tabular} \end{center} \newpage \begin{center} \begin{tabular}{lcp{5cm}p{5cm}p{5cm}r} \multicolumn{6}{c}{\textbf{LEMBAR AKTIVITAS}} \\\hline Materi & \multicolumn{1}{l}{:\quad Peluang} & & & \multicolumn{2}{r}{Anggota Kelompok:\quad $\cdots$} \\ Kelas & \multicolumn{1}{l}{:\quad X} & & & & \multicolumn{1}{l}{} \\\hline & \multicolumn{1}{l}{} & & & & \multicolumn{1}{l}{} \\ \end{tabular} \end{center} \textbf{KEGIATAN 1}\\ Lakukan kegiatan melambungkan sebuah koin secara bertahap sampai sebanyak 60 kali bersama dengan temanmu. Lakukanlah kegiatan ini dan catatlah hasilnya ke dalam tabel berikut ini. \begin{center} \begin{tabular}{cc|l|l|l|c|} \multicolumn{6}{l}{\textbf{Tabel 1.1 Hasil dari Percobaan Pelambungan Sebuah Koin}} \\ \hline \multicolumn{1}{|>{\centering\arraybackslash}p{1cm}}{\textbf{Tahap}} & \multicolumn{1}{|>{\centering\arraybackslash}p{3.5cm}}{\textbf{Banyak Pelambungan}} & \multicolumn{1}{|>{\centering\arraybackslash}p{1.5cm}}{\textbf{BMSG}} & \multicolumn{1}{|>{\centering\arraybackslash}p{1.5cm}}{\textbf{BMSA}} & \multicolumn{1}{|>{\centering\arraybackslash}p{2cm}}{\textbf{BMSG/BP}} & \multicolumn{1}{|>{\centering\arraybackslash}p{2cm}|}{\textbf{BMSA/BP}} \\ \hline \multicolumn{1}{|c}{I} & \multicolumn{1}{|c}{1} & \multicolumn{1}{|c}{1} & \multicolumn{1}{|c}{0} & \multicolumn{1}{|c}{1/1} & \multicolumn{1}{|>{\centering\arraybackslash}p{1.5cm}|}{1/0} \\ \hline \multicolumn{1}{|c}{II} & \multicolumn{1}{|c}{2} & \multicolumn{1}{|l}{} & \multicolumn{1}{|l}{} & \multicolumn{1}{|l}{} & \multicolumn{1}{|>{\centering\arraybackslash}p{1.5cm}|}{} \\ \hline \multicolumn{1}{|c}{III} & \multicolumn{1}{|c}{10} & \multicolumn{1}{|l}{} & \multicolumn{1}{|l}{} & \multicolumn{1}{|l}{} & \multicolumn{1}{|>{\centering\arraybackslash}p{1.5cm}|}{} \\ \hline \multicolumn{1}{|c}{IV} & \multicolumn{1}{|c}{20} & \multicolumn{1}{|l}{} & \multicolumn{1}{|l}{} & \multicolumn{1}{|l}{} & \multicolumn{1}{|>{\centering\arraybackslash}p{1.5cm}|}{} \\ \hline \multicolumn{1}{|c}{V} & \multicolumn{1}{|c}{40} & \multicolumn{1}{|c}{} & \multicolumn{1}{|c}{} & \multicolumn{1}{|c}{} & \multicolumn{1}{|>{\centering\arraybackslash}p{1.5cm}|}{} \\ \hline \multicolumn{1}{|c}{VI} & \multicolumn{1}{|c}{60} & \multicolumn{1}{|l}{} & \multicolumn{1}{|l}{} & \multicolumn{1}{|l}{} & \multicolumn{1}{|>{\centering\arraybackslash}p{1.5cm}|}{} \\ \hline \multicolumn{6}{l}{\textbf{Keterangan:}} \\ BMSG & \multicolumn{5}{l}{:\quad Banyak Muncul Sisi Gambar} \\ BMSA & \multicolumn{5}{l}{:\quad Banyak Muncul Sisi Angka} \\ BP & \multicolumn{5}{l}{:\quad Banyak Percobaan} \end{tabular} \end{center} \bigskip Perhatikan data pada tabel 1.1 di atas, kemudian diskusikan dengan temanmu beberapa pertanyaan berikut ini. \begin{enumerate}[a.] \item Sebelum melakukan percobaan, buatlah dugaanmu, apakah banyak (frekuensi) munculnya gambar relatif sama dengan banyak (frekuensi) munculnya angka? \item Jika pelambungan koin tersebut dilakukan 1 sampai 60 kali, buatlah dugaanmu bagaimana perbandingan frekuensi munculnya gambar dan angka? \item Benarkah dugaan bahwa data pada kolom (iii) dan (iv) , hasilnya relatif sama? \item Benarkah dugaan bahwa data pada kolom (v) dan (vi) , hasilnya relatif sama dan nilai perbandingan banyaknya muncul gambar atau angka dengan banyaknya percobaan, nilainya perbandingan mendekati 1/2? \item Coba bandingkan frekuensi relatif tiap-tiap banyak pelambungan yang tertera pada tabel 1.1 di atas! Apakah keenam frekuensi relatif dari tiap-tiap percobaan tersebut mendekati suatu nilai tertentu? Kesimpulan apa yang dapat kamu kemukakan? \end{enumerate} \bigskip \textbf{KEGIATAN 2}\\ Lakukan kegiatan melambungkan sebuah dadu secara bertahap sampai sebanyak 60 kali bersama dengan temanmu dalam satu kelompok. Lakukan kegiatan ini dan catatlah hasilnya ke dalam tabel berikut ini. \begin{center} \begin{tabular}{|>{\centering\arraybackslash}p{1cm}|>{\centering\arraybackslash}p{3.5cm}|>{\centering\arraybackslash}p{1cm}|>{\centering\arraybackslash}p{1cm}|>{\centering\arraybackslash}p{1cm}|>{\centering\arraybackslash}p{1cm}|>{\centering\arraybackslash}p{1cm}|>{\centering\arraybackslash}p{1cm}|>{\centering\arraybackslash}p{1cm}|>{\centering\arraybackslash}p{1cm}|>{\centering\arraybackslash}p{1cm}|>{\centering\arraybackslash}p{1cm}|>{\centering\arraybackslash}p{1cm}|>{\centering\arraybackslash}p{1cm}|} \multicolumn{14}{l}{\textbf{Tabel 1.2 Hasil dari Percobaan Pelambungan Sebuah Dadu}} \\ \hline \multirow{2}{*}{\textbf{Tahap}} & \multirow{2}{*}{\textbf{Banyak Pelambungan}} & \multicolumn{6}{c|}{\textbf{Frekuensi Muncul Mata Dadu}} & \multicolumn{6}{c|}{\textbf{Frekuensi Relatif}} \\ \cline{3-14} & & \multicolumn{1}{c|}{\textbf{1}} & \multicolumn{1}{c|}{\textbf{2}} & \multicolumn{1}{c|}{\textbf{3}} & \textbf{4} & \multicolumn{1}{c|}{\textbf{5}} & \multicolumn{1}{c|}{\textbf{6}} & \multicolumn{1}{c|}{\textbf{1}} & \multicolumn{1}{c|}{\textbf{2}} & \multicolumn{1}{c|}{\textbf{3}} & \multicolumn{1}{c|}{\textbf{4}} & \multicolumn{1}{c|}{\textbf{5}} & \multicolumn{1}{c|}{\textbf{6}} \\ \hline I & 10 & & & & & & & & & & & & \\ \hline II & 20 & & & & & & & & & & & & \\ \hline III & 30 & & & & & & & & & & & & \\ \hline IV & 40 & \multicolumn{1}{c|}{} & \multicolumn{1}{c|}{} & \multicolumn{1}{c|}{} & & & & & & & & & \\ \hline V & 50 & & & & \multicolumn{1}{l|}{} & & & & & & & & \\ \hline VI & 60 & & & & \multicolumn{1}{l|}{} & & & & & & & & \\ \hline \end{tabular} \end{center} \bigskip Perhatikan data pada tabel 1.2 di atas, kemudian diskusikan dengan temanmu beberapa pertanyaan berikut ini. \begin{enumerate}[a.] \item Sebelum melakukan percobaan, buatlah dugaanmu, apakah banyak (frekuensi) munculnya mata 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 relatif sama banyaknya? \item Jika pelambungan dadu tersebut dilakukan 10 sampai 60 kali, buatlah dugaanmu bagaimana perbandingan frekuensi munculnya mata 1, 2, 3, 4, 5 dan 6? \item Benarkah dugaan bahwa data pada kolom (3), (4) , (5), (6), (7) dan (8) hasilnya relatif sama? \item Benarkah dugaan bahwa data pada kolom (9), (10), (11), (12), (13) dan (14) , hasilnya relatif sama dan nilai perbandingan banyaknya muncul mata 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 dengan banyaknya percobaan, nilainya perbandingannya mendekati 1/6? \item Coba bandingkan frekuensi relatif tiap-tiap banyak pelambungan yang tertera pada tabel 1.2 di atas! Apakah keenam mata dadu memiliki frekuensi relatif dari tiap-tiap percobaan tersebut mendekati suatu nilai tertentu? Kesimpulan apa yang dapat kamu kemukakan? \end{enumerate} \bigskip \bigskip \begin{tabular}{p{1cm}p{11cm}p{7cm}} & & Sumbawa Besar, 15 Juli 2014 \\ & Mengetahui, & \\ & Kepala SMK Negeri 2 Sumbawa Besar, & Guru Mata Pelajaran, \\ & & \\ & & \\ & & \\ & \textbf{Yuyun Mardiana, S.Pd.} & \textbf{Sulaeman, S.Pd.} \\ & NIP. 197003151997031008 & NIP. 196802151991011001 \end{tabular} \end{enumerate} \end{document}
Adjie Gumarang Pujakelana 2013
-->
2 comments:
Gambar atau atau file yang diembed dalam dok LaTeX, perlu dijelaskan pa... bagi pemula, dapat membuat panik, ketika compilasi error....
Terima kasih, Pak. Tulisan di atas (memang) masih berupa "motivator". Untuk hal itu mungkin lebih baik saya tuangkan dalam tulisan tersendiri.
Post a Comment