Friday, December 20, 2013

Membuat DUPAK dengan $\LaTeX$?

Setelah kurun waktu tertentu, guru dapat mengajukan kenaikan pangkat (dengan melengkapi semua bukti fisik yang diperlukan/disyaratkan) dengan membuat dan mengirimkan Daftar Usul Penetapan Angka Kredit (DUPAK) untuk memperoleh Penetapan Angka Kredit (PAK) yang akan digunakan dalam proses selanjutnya.
Dalam membuat DUPAK kita bekerja dengan tabel yang cukup panjang. Untuk membuatnya kita sudah terbiasa menggunakan salah satu atau kedua-duanya dari aplikasi populer: Microsoft Word dan Microsoft Excel
Lalu bagaimana jika kita membuatnya dengan $\LaTeX$?

Dengan ukuran tabel yang dibuat begitu panjang, saya mencari jalan praktis untuk membuatnya dalam dokumen $\LaTeX$, karena setelah mencobanya secara langsung terkendala oleh kerumitan dalam pengaturan baris dan kolom. Mulanya saya coba dengan LaTable dan Excel2Latex (add-in Microsoft Excel), tetapi hasilnya tidak memuaskan. Akhirnya saya memilih Tables Generator untuk membuatnya secara manual.
Ketika mengolah tabel yang cukup panjang, demikian sehingga tabel itu melewati satu halaman, maka environment longtable mutlak digunakan (environment tabular tidak cocok untuk ini karena hanya dapat membuat tabel dalam satu halaman). Selain itu bentuk dokumen dipilih memanjang (landscape).

Berikut ini telah saya sediakan format penyusunan DUPAK dengan $\LaTeX$ yang dapat Anda gunakan untuk pengajuan kenaikan pangkat Anda, para guru.



Struktur tabel ini memang "agak berantakan" tetapi tetap berfungsi dan siap pakai. Silakan salin kodenya berikut ini.



Demikian semoga bermanfaat! 
Adjie Gumarang Pujakelana 2013

-->

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...