Friday, April 3, 2015

Keterangan pada Tulisan

Ketika kita menulis kadang kita ingin memberikan keterangan tentang bagian yang kita tulis. Pada gambar di bawah ini, misalnya, saya memberikan keterangan tentang tahap/langkah dalam penyelesaian soal Matematika. 
Bagaimana cara melakukan itu?
Sebagai salah satu pilihan, kita dapat menggunakan paket tikzpagenodes dan paket ragged2e untuk penjajaran teksnya.
\usepackage{ragged2e}
\usepackage{tikzpagenodes}
\usetikzlibrary{calc}
Oleh kedua paket di atas, dalam dokumen, keterangan yang kita tulis akan ditempatkan pada margin kanan dengan menggunakan perintah \tikzmark berikut ini
\newcommand\tikzmark[1]{%
  \tikz[overlay,remember picture,baseline=-0.3ex] \coordinate (#1);}
\newcommand\catat[3][0pt]{%
  {\tikzmark{e}#2
  \begin{tikzpicture}[remember picture, overlay]
  \path let \p1 = (e), \p2 = (current page marginpar area.west) in node[yshift=-#1,text width=\marginparwidth,align=left,anchor=north west,font=\normalfont\small\color{RoyalBlue},inner ysep=0pt] at (\x2,\y1) {\tikzmark{s}\RaggedRight#3};
  \draw[RoyalBlue] let \p1 = (e), \p2 = (s) in (e) |- ([xshift=-5pt,yshift=0.5ex]s.west);
  \end{tikzpicture}%
  }%
}
Adapun lebar tempat keterangan dapat diatur sebagai opsi marginpar dalam paket geometry, demikian pula penyesuaian lebar margin dokumennya. Misalnya
\usepackage[a4paper,marginpar=2cm,lmargin=1.5cm,rmargin=3cm]{geometry}
Lebar tempat keterangan itu masih pula dapat diubah dalam opsi node pada perintah tikzmark di atas.
text width=...\marginparwidth
Penempatan keterangan tersebut tak selalu harus pada margin kanan, seperti yang saya lakukan untuk dokumen pada gambar di atas. Karena saya menggunakannya hanya pada environment align yang saya atur dengan opsi fleqn, maka saya tempatkan keterangannya di tengah baris. Saya mengubahnya dalam koordinat pada perintah \path di atas.
(current page.center)
Berikut ini contoh penggunaannya dalam dokumen. Teks dalam kolom itu saya kutip dari puisi yang saya buat. Dokumen ini saya susun melalui Online LaTeX Editor ShareLaTeX
Demikian semoga bermanfaat.

Adjie Gumarang Pujakelana 2015



No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...