Tentang apa itu minipage, saya telah menuliskannya di sini. Begitu pun tentang pilihan agar dokumen di dalamnya merapat ke tepi atas, dapat Anda tinjau kembali di sana. Sekarang perhatikan contoh berikut ini.
Saya ingin memuat gambar beserta keterangan (caption)-nya di dalam minipage. Masalahnya, keterangan gambar pada umumnya dihasilkan hanya bila kita memuatnya dalam environment figure, sedangkan environment minipage tidak dapat memuat environment figure. Lalu, bagaimana caranya?
Ternyata cukup sederhana, saya hanya perlu memuat paket caption pada preamble dan memberikan perintah \captionof{figure} setelah gambar.
\usepackage{caption}
\captionof{figure}{}
Dalam contoh dokumen di bawah ini, Gambar 1 dibuat seperti biasa (tanpa menggunakan (environment minipage) sedangkan Gambar 2, seperti tampak di atas, dibuat di dalam minipage.
Sebagai tambahan informasi, untuk penulisan matematika saya gunakan paket concmath dan untuk penulisan teks saya gunakan paket gentium. Selain itu, untuk gambar dengan TikZ pada kedua gambar, saya gunakan
\usetikzlibrary{decorations.markings}
\tikzset{
thickest/.style={line width=3pt},
empty/.style={decoration={markings,
mark=at position #1 with {\fill[white,draw=black,thin] circle (3pt);}},postaction={decorate}},
full/.style={decoration={markings,
mark=at position #1 with {\fill circle (3pt);}},postaction={decorate}},
}
Nah, berikut ini contoh pengkodean dan hasil dokumennya yang saya susun (compile) dalam jaringan melalui Online LaTeX Editor ShareLaTeX.
Demikian semoga bermanfaat.
Adjie Gumarang Pujakelana 2014
\documentclass[10pt,a4paper]{article}
\usepackage[T1]{fontenc}
\usepackage[indonesian]{babel}
\usepackage{concmath,gentium}
\usepackage[lmargin=2cm,rmargin=1cm,tmargin=1.5cm,margin=1.75cm]{geometry}
\usepackage{amsmath,amssymb}
\usepackage{adjustbox}
\usepackage{caption}
\usepackage{tikz}
\usetikzlibrary{decorations.markings}
\tikzset{
thickest/.style={line width=3pt},
empty/.style={decoration={markings,
mark=at position #1 with {\fill[white,draw=black,thin] circle (3pt);}},postaction={decorate}},
full/.style={decoration={markings,
mark=at position #1 with {\fill circle (3pt);}},postaction={decorate}},
}
\parindent0pt
\let\ds\displaystyle
\begin{document}
{\bfseries\large Soal 1}
\begin{align}
\frac{x+4}{x-3} &< 2
\end{align}
{\bfseries\large Jawaban}\\
Kita tidak dapat hanya mengalikan kedua ruas dengan $x - 3$, karena kita tidak tahu apakah $x - 3$ positif atau negatif.
\begin{align*}
\text{\bfseries Kasus 1}\quad
x-3 > 0\qquad (\text{Ini berarti}\quad x > 3.) & \\
&& \frac{x+4}{x-3} &< 2\\
&& x+4 &< 2x-6 && \text{Kalikan dengan nilai positif $x-3$.}\\
&& 4 &< x-6 && \text{Kurangi oleh $x$.}\\
&& 10 &< x && \text{Tambahkan dengan 6.}
\end{align*}
Dengan demikian, untuk $x > 3$, ketidaksamaan yang diberikan berlaku jika dan hanya jika $x > 10$.
\begin{align*}
\text{\bfseries Kasus 2}\quad
x-3 < 0\qquad (\text{Ini berarti}\quad x < 3.) & \\
&& \frac{x+4}{x-3} &< 2\\
&& x+4 &> 2x-6 && \text{Kalikan dengan nilai negatif $x-3$.}\\
&& 4 &> x-6 && \text{Kurangi oleh $x$.}\\
&& 10 &> x && \text{Tambahkan dengan 6.}
\end{align*}
Dengan demikian, untuk $x < 3$, ketidaksamaan yang diberikan berlaku jika dan hanya jika $x < 10$.\\
Tetapi $x<3 berakibat="" berlaku="" boldmath="" dan="" itu="" jadi="" karena="" ketidaksamaan="" nilai="" oleh="" semua="" untuk="" x="">10$ atau $x < 3$. \\
Seperti ditunjukkan dalam Gambar 1.2, penyelesaiannya adalah gabungan dari interval $\left(10, \infty\right)$ dan $\left(-\infty, 3\right)$.
\unboldmath
\begin{figure}[!ht]
\centering
\begin{tikzpicture}[x=3mm,y=1.2em]
\draw (-6,2) -- (19,2);
\node[anchor=north] at (0,1.75) {0};
\node[anchor=north] at (3,1.75) {3};
\node[anchor=north] at (10,1.75) {10};
% ARROWS
\draw[full=1] (0,2) ;
\draw[thickest,empty=0,-stealth] (3,2) -- (-6,2);
\draw[thickest,empty=0,-stealth] (10,2) -- (19,2);
\end{tikzpicture}
\caption{}
\end{figure}
\bigskip
{\bfseries\large Soal 2}\\
Jika suatu garis $L$ memiliki persamaan $3x + 2y = 4$, buktikan bahwa titik $P(x, y)$ terletak di atas $L$ jika dan hanya jika $3x + 2y> 4$.
\bigskip
{\bfseries\large Jawaban}\\
\adjustbox{valign=t}{\begin{minipage}{0.6\textwidth}
Dengan menyelesaikannya dalam $y$, kita peroleh persamaan
\[y = -\frac{3}{2}x + 2\]
Untuk setiap nilai $x$ yang tetap, garis vertikal dengan nilai absis tersebut memotong garis itu di titik $Q$ dengan ordinat \[\ds-\frac{3}{2}x + 2\] (lihat Gambar 3.2). \\
Titik-titik sepanjang garis vertikal itu yang terletak di atas $Q$ berordinat
\begin{align*}
y &> -\frac{3}{2}x + 2 && \text{ini setara dengan}\\
2y &> -3x + 4 && \text{sehingga}\\
3x + 2y &> 4 &&
\end{align*}
\end{minipage}}%
\hfill
%
\adjustbox{valign=t}{\begin{minipage}{0.35\textwidth}
\centering
\begin{tikzpicture}[x=3mm,y=1.2em]
\draw[thick,-stealth] (-5,0) -- (8,0);
\draw[thick,-stealth] (0,-2) -- (0,8);
\draw[-,line width=1.25pt] (5.94,-1.45) -- (-4.55,6.41);
\draw[-,dashed] (-3,-2) -- (-3,8);
\node[anchor=north east] at (-3,0) {$x$};
\node[anchor=north east] at (-3,5.25) {$Q$};
\draw[full=0,-] (-3,5.25);
\draw[full=0,-] (-3,0);
\end{tikzpicture}
\captionof{figure}{}
\end{minipage}}%
\hfill
\end{document}3>
No comments:
Post a Comment