Monday, February 10, 2014

Background

Dalam jaringan seringkali kita menemukan gambar (wallpaper) yang kita anggap sangat bagus, sehingga memunculkan keinginan kita untuk menuliskan sesuatu "di atasnya".
Perhatikan gambar di samping. Gambar tersebut saya peroleh dari sini. Karena bagian atasnya tampak kosong dan temanya saya anggap cocok dengan puisi yang akan saya tulis, maka saya memilihnya untuk dijadikan latar belakang (background). 
Bagaimana caranya?

Ada beberapa pilihan paket $\small\LaTeX$ yang dapat digunakan untuk keperluan ini, misalnya: background, eso-pic, wallpaper, incgraph, atau paket terbaru yang dirilis 6 Januari 2014, yaitu stackengine. Dalam contoh pengkodean dan dokumen di bawah ini saya menggunakan yang pertama (dari Gonzalo Medina, 2009).

Di samping itu, pengkodean dokumen yang ditulis melalui writeLaTeX tersebut juga menyertakan pemilihan huruf Calligra dan Antykwa ToruĊ„ska dan pendefinisian warna.

Demikian semoga bermanfaat!

Adjie Gumarang Pujakelana 2014

\documentclass[a4,14pt]{article}
\title{Pinasti WL}
\usepackage{background}
\backgroundsetup{
scale=1,
angle=0,
opacity=.4,  %% adjust
contents={\includegraphics[width=\paperwidth,height=\paperheight]{loveme}}
}

\usepackage[T1]{fontenc}
\usepackage{calligra}
\usepackage[math]{anttor}

\usepackage{xcolor}
\definecolor{biru}{RGB}{40,96,139}
\definecolor{wine-stain}{rgb}{0.5,0,0}

\begin{document}
\itshape

\noindent
{\calligra\LARGE\bfseries\color{biru} Pinasti}\\

\color{biru} 

\noindent
Aku dan kamu \\
adalah laut \\
harusnya biarkan \\
sampan merapat \\
tapi ... \\
musimku bila \\
airmu memercikku \\

\noindent
Telanjur ke tengah \\
sampan melaju \\
mengarungi riwayat \\
riak gelombang \\
tertolak arah \\
ditampar ombak \\
mungkin pun karam \\
ada cerita \\

\noindent
{\footnotesize Sumbawa, Juni 2002}\\

\noindent
{\calligra\Large\color{wine-stain} Adjie Gumarang Pujakelana}

\end{document}



-->

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...