Wednesday, September 9, 2015

Teknis Penulisan Huruf Arab dengan ArabXeTeX

Tulisan ini bermula dari permintaan anak saya, yang ditugasi oleh gurunya untuk menghafalkan Asma-ul-Husna, agar dicarikan tulisan tentang Asma-ul-Husna beserta artinya. Beruntung, sebelumnya, saya sudah mempelajari dan menggunakan paket arabxetex sehingga saya membuat sendiri untuk memenuhi permintaannya tersebut. Tulisan tentang penggunaan paket arabxetex pada blog ini adalah
Meskipun demikian baru kali ini saya merasa perlu untuk membuat panduan tentang teknis penulisan huruf Arab dengan menggunakan paket arabxetex ini. Panduan ringkas yang saya kutip dari dokumentasi paket arabxetex ini sangat berguna ketika saya menuliskan dokumen yang memuat huruf Arab, baik bervokal (harakat) maupun tanpa vokal. Berikut ini panduan yang saya maksud.


Karena Bahasa Arab bukanlah bahasa kita maka sudah sepantasnya bila kita berhati-hati dalam menuliskannya dan mengikuti tata tulis yang berlaku dalam bahasa tersebut. Khusus yang berkenaan dengan penulisan huruf Arab yang bersumber dari Al-Quran, saya mengacu dan memeriksa kebenaran dari tulisan yang saya buat ke situs quran.com.

Pengkodean berikut ini merupakan contoh penggunaan paket arabxetex dengan berpedoman kepada panduan di atas. Pada contoh ini saya menuliskan Surat Al-Fatihah, Surat A-Ikhlas, Surat Al-Falaq, dan Surat An-Naas. Dokumen ini saya susun di dalam TeX Live 2015 dengan compiler XeLaTeX.
\documentclass[a4paper,10pt]{article}

\usepackage[dvipsnames,svgnames,table]{xcolor}
\definecolor{blau}{RGB}{17,94,140}

\usepackage{fontspec}
\setromanfont[BoldFont={Gentium Basic Bold},ItalicFont={Gentium Italic}]{Gentium}

\usepackage[top=1cm,margin=2cm]{geometry}

\usepackage{arabxetex}
\newfontfamily\arabicfont[Script=Arabic]{Amiri}

\pagestyle{empty}
\parindent0em

\begin{document}

\section*{Surat Al-Fatihah}

\newcommand{\hamzaB}{\char"200D\char"0640\raise-.95ex\hbox{\char"0654}\char"200D}

\begin{arab}[fullvoc]
\Large\color{blau} BASMALA((1)) \\
'l-.hamdu li-ll-_ahi rabbi al-`AlamIna((2)) 
'l-rra.hm_ani 'l-rra.hImi((3)) 
m_aliki yawmi 'l-ddIni((4)) 
'iyyAka na`budu wa-'iyyAka nasta`Inu((5)) 
'ihdinA 'l-.s.sir_a.ta 'l-mustaqIma ((6)) 
.sir_a.ta 'lla_dIna 'an`amta `alayhim _kayri 'l-ma_k.dUbi `alayhim walaa 'l-.d.dA^MADDAllIna((7))
\end{arab}

\section*{Surat Al-Ikhlas}

\begin{arab}[fullvoc]
\Large\color{blau}BASMALA(()) \\
qul huwa 'l-ll-_ahu 'a.haduN((1)) 
'l-ll-_ahu 'l-.s.samadu((2)) 
lam yalid walam yUlad((3)) 
walam yakun llah_u kufuwaN 'a.hadu^MIM((4)) 
\end{arab}

\section*{Surat Al-Falaq}

\begin{arab}[fullvoc]
\Large\color{blau}BASMALA(()) \\
qul 'a`U_zu birabbi 'l-falaqi((1)) 
min ^sarri mA_halaqa((2)) 
wamin ^sarri _kAsiqiN 'i_zA waqaba((3)) 
wamin ^sarri 'l-nnaff_a_t_ati f.I 'l-`uqadu((4)) 
wamin ^sarri .hAsidiN 'i_zA .hasada((5))
\end{arab}

\section*{Surat An-Naas}

\begin{arab}[fullvoc]
\Large\color{blau}BASMALA(()) \\
qul 'a`U_zu birabbi 'l-nnAsi((1)) 
maliki 'l-nnAsi((2)) 
il_ahi 'l-nnAsi((3)) 
min ^sarri 'l-waswAsi 'l-_hannAsi((4)) 
'lla_d.I yuwaswisu f.I .sudUri 'l-nnAsi((5)) 
mina 'l-jinnaTi wa-'l-nnAsi((6))
\end{arab}

\end{document}
Untuk membandingkan dan memeriksa hasil penyusunan huruf Arab tersebut, Anda dapat membuka situs quran.com dan membuka tiap Surat tersebut. Berikut ini dokumen yang dihasilkan oleh pengkodean di atas.

Demikian semoga bermanfaat!

Adjie Gumarang Pujakelana 2015


-->

4 comments:

Badwi said...

Alhamdulillah. Sebelumnya saya berterima kasih atas tutorial dan contoh skrip LaTeX untuk tulisan Arabic di posting ini.

saya sekedar berbagi untuk sesama newbie, saya compile contoh skrip di atas pada platform Ubuntu, dan mendapat error semacam:

"iftex.sty not found blablabla...."

Akhirnya setelah instal iftex dengan perintah:

tlmgr install iftex

kemudian compile berhasil.
Jadi, environment LaTeX di Ubuntu saya kurang lengkap untuk XeteX sehingga menyebabkan compile error.

Eman Sulaeman said...

Alhamdulillaah, syukurlah kalau bermanfaat dan usaha Mas Slamet Badwi telah berhasil!

M. S. Rosyidi said...

Alhamdulillah, sekarang sudah ada package Quran untuk mengutip ayat-ayat Al-Qur'an.
https://www.ctan.org/tex-archive/macros/xetex/latex/quran?lang=en

Eman Sulaeman said...

Terimakasih, Mas Sahlan!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...