Sunday, March 22, 2015

Minted

Ketika saya menulis atau menggambar sesuatu, saya ingin pembaca dokumen yang saya susun itu dapat melakukan hal yang sama dengan mengikuti pengkodean yang saya tunjukkan. Secara umum, saya dapat melakukannya dengan menggunakan environment verbatim atau (untuk yang ringkas) saya nyatakan dalam \verb!...! atau dalam {\ttfamily ...}. Bagaimana kalau sintaks pengkodean itu saya soroti (highlighting) dengan "taburan" warna, seperti tampak pada gambar di samping?

Inilah hal baru (bagi saya) yang saya peroleh ketika sedang bekerja dalam menerjemahkan dokumentasi paket tkz-euclide, sebuah paket dari Alain Matthes yang merupakan alat untuk menggambar Geometri Euclides. Perhatikan contoh berikut ini.
Anda, pembaca, yang sedang membaca dokumen yang memuat gambar tersebut mungkin bertanya, "Bagaimana cara membuat gambar itu?". Nah, agar pembaca mengetahui pengkodeannya, saya tunjukkan
Lalu, bagaimana caranya untuk menunjukkan itu?
Tentu berbeda dengan menunjukkan berbagai pengkodean yang telah saya lakukan dalam blog ini. Karena ini dimaksudkan agar tampak dalam dokumen yang disusun, maka di sinilah saya memerlukan paket minted. Paket minted berguna untuk menyoroti (highlighting) kode sumber dalam $\small\LaTeX$, yang memudahkan penyorotan sintaks secara tepat dan jelas berkat digunakannya library Pygments yang kuat. Paket ini juga menyediakan pilihan untuk menyesuaikan penampakkan kode sumber yang disorot dengan menerapkan paket fancyvrb.

Untuk menunjukkan sintaks pengkodean tersebut, dalam preamble saya muat
\usepackage{minted}
\usepackage{tcolorbox}
\usepackage{etoolbox}
\BeforeBeginEnvironment{minted}{\begin{tcolorbox}}%
\AfterEndEnvironment{minted}{\end{tcolorbox}}%
Paket tcolorbox dan etoolbox beserta pengaturan environment-nya disiapkan untuk pengkotakkannya. Dalam penggunaannya, environment tersebut dinyatakan dengan
\begin{minted}{latex}
...
\end{minted}
Untuk menampakkan pengkodean seperti ditunjukkan oleh gambar pertama, yang mengawali tulisan ini, saya muat
\usepackage{minted}
\definecolor{bistre}{RGB}{133, 109, 77}
dalam preamble dan dalam penggunaan environment-nya dinyatakan
\begin{minted}[frame=lines,framerule=1pt,framesep=5pt,rulecolor=\color{bistre}]{latex}
...
\end{minted}
Demikianlah contoh-contoh pembuatan gambar di atas saya susun melalui Online LaTeX Editor ShareLaTeX
Demikian semoga bermanfaat.

Adjie Gumarang Pujakelana 2015 


No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...