Wednesday, February 11, 2015

Presentasi Bertema Papan Tulis

Sajian kali ini adalah penyusunan ulang tulisan saya ini. Mengingat cakupan materi dalam tulisan tersebut sangat ringkas, maka saya memilih beamer untuk menyusunnya. Untuk ini saya gunakan tema Blackboard. Di bawah ini saya tunjukkan dua pilihan untuk tema ini, yaitu dari Malaysian $\small\LaTeX$ User Group dan dari Overleaf.
(Untuk tema-tema lainnya dapat Anda peroleh di sini.)
Tema papan tulis ini sangat mirip dengan tema Keynote dari Apple.

Dalam tema pilihan pertama, saya menghapus unsur pada bagian bawah-kanan papan agar papan tampak "bersih". Saya suka tema yang ini karena gambar papan untuk latar belakang sudah tersedia beserta pengkodeannya dan gambarnya tampak terang. Pada tema pilihan kedua, meskipun gambar papan yang disertakan lebih mirip dengan "papan tulis asli" tetapi tampak "buram" dengan teks berwarna putih.

Berikut ini pengkodean selengkapnya beserta dokumen yang dihasilkannya dalam tema pilihan pertama.







Kemudian berikut ini pengkodean selengkapnya beserta dokumen yang dihasilkannya dalam tema pilihan kedua.








Kedua dokumen tersebut saya susun dalam $\small\LaTeX$ melalui Online LaTeX Editor ShareLaTeX
Demikian semoga bermanfaat.


Adjie Gumarang Pujakelana 2015

2 comments:

Gunanto said...

Mohon petunjuk untuk menampilkan tombol navigasi dalam beamer model papan tulis ini pak.

Eman Sulaeman said...

Sebaiknya tombol navigasi tidak disertakan agar penggunaan frame lebih optimal. Untuk navigasi, gunakan saja tombol navigasi yang telah disediakan oleh pembaca PDF yang Bapak gunakan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...