Sunday, June 25, 2017

Takbir Bersama Polyglossia



Mukadimah

Lebih dulu penulis mengucapkan
 تَقَبَّلَ اللّٰهُ مِنَّا وَ مِنۡكُمۡ. جَعَلَنَا اللّٰهُ وَ اِيَّاكُمۡ مِنَ العَائِدِيۡنَ وَ الفَائِزِيۡنَ. كُلُّ عَامٍ وَ اَنۡتُمۡ بِخَيۡرٍ

Mohon maaf lahir dan batin!
Kali ini kembali kita akan mengulas teknis penulisan teks Arab, tetapi berbeda dengan tulisan di sini, di situ, di sana, dan di sono, sekarang kita akan menuliskannya dengan menggunakan paket polyglossia dengan bahasa arabic dan jenis huruf Arab Amiri.
Secara teknis cara ini lebih mudah dan lebih praktis daripada menggunakan paket arabtex atau arabxetex. Dengan memasang dan mengatur bahasa yang disukai (language preferences), yaitu Bahasa Arab (pada komputer/laptop), kita tuliskan teks Arab itu dalam huruf Arab (bukan secara manual dalam huruf Latin, seperti dalam penggunaan paket arabtex atau arabxetex itu).

Apa yang Harus Dilakukan?

Pertama, pada komputer akan kita gunakan huruf (bahasa) Arab yang kita namai saja sebagai "Arabic Special". Dikatakan spesial karena jenis bahasa Arab ini lebih praktis, yaitu dilengkapi oleh tombol-tombol untuk fathah, kasrah, dhommah, tasydid, sukun, dll sehingga memudahkan kita dalam penulisannya. Lebih dulu silakan unduh Arabic Special itu di sini. Setelah Anda ekstrak, kemudian klik ganda berkas "setup" untuk memasangnya. Sekarang Anda luncurkan Touchpad Keyboard. Pada layar bagian bawah (Taskbar), klik kanan kemudian sorot menu Toolbars dan klik Touchpad Keyboard.
Klik pintasan Touchpad Keyboard pada Taskbar itu, maka akan muncul
Klik pojok bawah-kanan itu, maka akan muncul
Nah, sekarang klik Arabic Special keyboard itu, maka akan tampak
Itulah tombol-tombol yang akan kita gunakan untuk penulisan teks Arab.

Teknis Penulisan

Bila Anda mampu mengingat kedudukan tombol-tombol untuk Arabic Special yang bersesuaian dengan tombol-tombol QWERTY lazimnya, maka tentu bukan suatu masalah dalam penulisan teks Arab tersebut. Bila tidak (seperti penulis), maka penggunaan Touchpad Keyboard itu sangat membantu untuk membiasakan diri dalam penggunaannya. 

Sekarang kita akan memulai untuk menuliskan teks Arab. Perlu diketahui/diingat bahwa paket polyglossia dijalankan oleh "pengolah dokumen" (compiler) XeLaTeX. Selain itu, kita pun dapat menggunakan Bahasa Indonesia untuk teks lainnya. Hal itu diolah oleh paket fontspec. Berikut ini unsur kebahasaan yang harus kita cantumkan pada mukadimah
\usepackage[T1]{fontenc}
\usepackage[no-math,quiet]{fontspec}
Latin\setmainfont[Ligatures=TeX]{TeX Gyre Pagella} %untuk teks Latin
\newfontfamily\arabicfont[Script=Arabic,Scale=1.25,Mapping=arabicdigits]{Amiri} %jenis huruf Arab beserta ukurannya
\usepackage{polyglossia}
\setmainlanguage{bahasai} %untuk sistem Bahasa Indonesia
\setotherlanguage{arabic} %untuk teks Arab

Kemudian, pada naskah, teks Arab itu kita tuliskan di dalam lingkup perintah (environment) Arabic, misalnya
\begin{Arabic}
%\fontsize{30}{30}\selectfont%ukuran huruf (lokal), bila diperlukan
،اَللّٰهُ اَكۡبَرُ، اَللّٰهُ اَكۡبَرُ، اَللّٰهُ اَكۡبَرُ
\end{Arabic} 
Ada kalanya (untuk hal tertentu) ditambahi oleh terjemahan (misalnya) atau keterangan tentang teks Arab itu dalam tulisan Latin berbahasa Indonesia. Kita dapat mencantumkannya sekaligus di dalam lingkup perintah Arabic itu oleh lingkup perintah bahasai. Misalnya, 
\begin{Arabic}
أَعُوۡذُ بِكَلِمَاتِ اللّٰهِ التَّامَّاتِ مِنۡ شَرِّ مَا خَلَقَ

\begin{bahasai}
Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allāh yang sempurna dari kejahatan apa yang diciptakan-Nya.
\end{bahasai}
\end{Arabic} 

Penutup

Karena bukan penutur asli dari Bahasa Arab, ditambah lagi tidak terbiasa dengan teks Arab, cara yang telah diulas di atas cukup membantu penulis ketika ingin menuliskan teks Arab. Tentu, bagaimana pun, pengetahuan tentang huruf Arab dan ejaannya akan membantu dalam hal ketepatan dan kecepatan untuk menuliskannya.
Demikian semoga bermanfaat.

$\square$ Adjie Gumarang Pujakelana 2017

No comments:

Post a Comment