Tuesday, February 25, 2014

Daerah Feasible

Pada tulisan ini saya tunjukkan hasil belajar saya tentang menggambar daerah penyelesaian (feasible region) dalam materi Program Linear (yang sederhana).

Sebagai contoh, saya akan menentukan daerah penyelesaian yang memenuhi sistem pertidaksamaan berikut ini.
$\color{blue}{x-y\geq-2}$,
$\color{blue}{2x+3y\leq12}$,
$\color{blue}{x\geq0}$, dan
$\color{blue}{y\geq0}$

Untuk keperluan ini saya memilih paket TikZ yang didukung oleh tikzlibrary: intersections dan patterns sebagai pilihannya. Selain itu saya juga menggunakan GeoGebra untuk ketepatan dalam pemilihan koordinat yang diperlukan. Mengapa tidak sekalian saja menggambarkannya dengan menggunakan GeoGebra? Tentu saja karena hasilnya berbeda. Dengan $\small\LaTeX$ grafik yang dihasilkan lebih smooth dan lebih luwes.

Berikut ini pengkodean yang saya gunakan.
\documentclass{article}

\usepackage{tikz}
\usetikzlibrary{intersections}
\usetikzlibrary{patterns}

        
\begin{document}

\begin{tikzpicture}

% membuat sumbu koordinat dengan batas tertentu
    \draw[very thick,->] (-3,0) -- (6.5,0) node[right] {$x$};
    \draw[very thick,->] (0,-1) -- (0,5.1) node[above] {$y$};
    
% membuat nilai absis dan ordinat tertentu
    \foreach \x in {-2,6} \draw (\x,0.05) -- (\x,-0.05) node[below] {\footnotesize\x};
    \foreach \y in {2,4} \draw (-0.05,\y) -- (0.05,\y) node[left] {\footnotesize\y};
    
% menamai titik sudut    
\foreach \x/\y/\t/\p in {0/0/O/below left,
                           0/2/C/below right,
                           6/0/A/above,
                           1.2/3.2/B/above}
    \coordinate[label={\p:\t}] (\t) at (\x,\y);
    
% menandai daerah penyelesaian, bisa juga dengan pattern: [pattern=north west lines]
    \fill[blue!50!cyan,opacity=0.3] (0,2) -- (1.2,3.2) -- (6,0) -- (0,0) -- cycle;
    
% menuliskan pertidaksamaan
    \draw[name path=line 1] (-2.5,-0.5) -- node[above left,sloped] {\footnotesize$x-y\leq-2$} (2,4);
    \draw[name path=line 2] (-0.5,4.33) -- node[above,sloped] {\footnotesize$2x+3y\geq12$} (6.37,-0.25);

\end{tikzpicture}

\end{document}

Hasilnya (seperti Anda sudah lihat di atas) sebagai berikut.

Dokumen di atas saya susun (compile) melalui writeLaTeX.
Demikian semoga bermanfaat!

Adjie Gumarang Pujakelana 2014


-->

Monday, February 17, 2014

Ujian Sekolah: Kisi-kisi, Kartu Soal, dan Naskah Soal

Akhir tahun pelajaran menjelang, para guru yang mengampu mata pelajaran yang diujikan pada Ujian Nasional dan Ujian Sekolah selain disibukkan oleh kegiatan "pembelajaran ekstra" pasti juga disibukkan oleh kegiatan pembuatan soal. Bagaimana $\small\LaTeX$ bekerja sehubungan dengan hal tesebut?

Di bawah ini saya tuliskan masing-masing contoh pekerjaan guru dalam pembuatan naskah soal Ujian Sekolah.
Kita awali dengan pembuatan kisi-kisi untuk soal yang akan diujikan.
\documentclass{article}
\title{Kisi-kisi Ujian Sekolah 2014}
\usepackage[scaled]{helvet}
\renewcommand*\familydefault{\sfdefault}
\usepackage[lmargin=1.25cm, rmargin=1.25cm, bmargin=2cm, tmargin=1cm]{geometry}
\usepackage{graphicx}
\usepackage{array}
\usepackage{longtable}
\usepackage{tabu}
\usepackage{amsmath}
\usepackage[table]{xcolor}
\usepackage[indonesian]{babel}

\let\ds\displaystyle

\begin{document}
{
  \centering
  \renewcommand{\arraystretch}{2}
  \begin{tabular}{  |>{\centering\arraybackslash}m{2cm}|%
                    >{\centering\arraybackslash}m{13.875cm}|%
                    >{\centering\arraybackslash}m{2cm}|%
  }
    \hline
    \vspace{0.25cm} \includegraphics[height=1.65cm,width=0.1\textwidth]{twh}
    & Departemen Pendidikan Nasional
      \linebreak Kabupaten Sumbawa
      \linebreak {\large \bfseries SMK Negeri 2 Sumbawa Besar}
      \linebreak Jalan Lingkar Selatan KM 4 Sumbawa Besar
    & \vspace{0.25cm}
    \includegraphics[height=1.65cm,width=0.1\textwidth]{smk}\\
    \hline
  \end{tabular}
}

\begin{center}
\large\bfseries
KISI-KISI PENULISAN SOAL\\
UJIAN SEKOLAH 
\end{center}

\small
\bigskip
\renewcommand*\arraystretch{1.3}
\noindent
\begin{tabular}{llp{6.1cm}ll}
Nama Sekolah    & : SMK Negeri 2 Sumbawa Besar &  & Jenis Penilaian  & : Tes Tertulis     \\
Mata Pelajaran  & : MATEMATIKA                 &  & Bentuk Soal      & : Pilihan Berganda \\
Tahun Pelajaran & : 2013/2014                  &  & Durasi Pengujian & : 120 Menit       
\end{tabular}

\medskip
\noindent
\begin{tabular}{lllllll}
\hline
\rowcolor{cyan!50!orange}
\multicolumn{1}{|>{\centering\arraybackslash}>{\centering\arraybackslash}p{0.4cm}}{\textbf{\color{white}No.}} & \multicolumn{1}{|>{\centering\arraybackslash}m{3cm}}{\textbf{\color{white}Standar Kompetensi}} & \multicolumn{1}{|>{\centering\arraybackslash}m{3.2cm}}{\textbf{\color{white}Kompetensi Dasar}} & \multicolumn{1}{|>{\centering\arraybackslash}m{3cm}}{\textbf{\color{white}Materi}} & \multicolumn{1}{|c}{\textbf{\color{white}Kelas/Smt}} & \multicolumn{1}{|>{\centering\arraybackslash}m{3.5cm}}{\textbf{\color{white}Indikator Soal}} & \multicolumn{1}{|c|}{\textbf{\color{white}Nomor Soal}} \\ \hline
%---------------------------------
\multicolumn{1}{|c}{1}             & \multicolumn{1}{|p{3cm}}{\raggedright Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep operasi bilangan real}                           & \multicolumn{1}{|p{3.2cm}}{\raggedright Menerapkan operasi pada bilangan real}                          & \multicolumn{1}{|p{3cm}}{Perbandingan senilai}                & \multicolumn{1}{|c}{X/1}                   & \multicolumn{1}{|p{3.5cm}}{\raggedright Menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan perbandingan senilai }                        & \multicolumn{1}{|c|}{1}                    \\ \cline{3-7}
%---------------------------------
\multicolumn{1}{|c}{}             & \multicolumn{1}{|p{3cm}}{}                           & \multicolumn{1}{|p{3.2cm}}{\raggedright Menerapkan operasi pada bilangan berpangkat}                          & \multicolumn{1}{|p{3cm}}{\raggedright Operasi bilangan berpangkat}                & \multicolumn{1}{|c}{X/1}                   & \multicolumn{1}{|p{3.5cm}}{\raggedright Menyelesaikan operasi bilangan berpangkat dengan menggunakan sifat-sifat bilangan berpangkat }                        & \multicolumn{1}{|c|}{2}                    \\ \cline{3-7}
%---------------------------------
\multicolumn{1}{|c}{}             & \multicolumn{1}{|p{3cm}}{}                           & \multicolumn{1}{|p{3.2cm}}{\raggedright Menerapkan operasi pada bilangan irasional }                          & \multicolumn{1}{|p{3cm}}{\raggedright Merasionalkan pecahan}                & \multicolumn{1}{|c}{X/1}                   & \multicolumn{1}{|p{3.5cm}}{\raggedright Merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar }                        & \multicolumn{1}{|c|}{3}                    \\ \cline{3-7}
%---------------------------------
\multicolumn{1}{|c}{}             & \multicolumn{1}{|p{3cm}}{}                           & \multicolumn{1}{|p{3.2cm}}{\raggedright Menerapkan konsep logaritma}                          & \multicolumn{1}{|p{3cm}}{\raggedright Sifat-sifat logaritma}                & \multicolumn{1}{|c}{X/1}                   & \multicolumn{1}{|p{3.5cm}}{\raggedright Menentukan nilai logaritma menggunakan sifat-sifat logaritma $\ds ^{a}\textrm{log}\ b+^{a}\textrm{log}\ c-^{a}\textrm{log}\ d$ }                        & \multicolumn{1}{|c|}{4}                    \\ \hline
%---------------------------------
\multicolumn{1}{|c}{2}             & \multicolumn{1}{|p{3cm}}{\raggedright Memecahkan masalah berkaitan sistem persamaan dan pertidaksamaan linear dan kuadrat}                           & \multicolumn{1}{|p{3.2cm}}{\raggedright Menentukan himpunan penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan linear }                          & \multicolumn{1}{|p{3cm}}{Pertidaksamaan linear}                & \multicolumn{1}{|c}{X/1}                   & \multicolumn{1}{|p{3.5cm}}{\raggedright Menyelesaikan pertidaksamaan linear satu 
variabel}                        & \multicolumn{1}{|c|}{5}                    \\ \cline{3-7}
%---------------------------------
\multicolumn{1}{|c}{}             & \multicolumn{1}{|p{3cm}}{}                           & \multicolumn{1}{|p{3.2cm}}{\raggedright Menyelesaikan sistem persamaan}                          & \multicolumn{1}{|p{3cm}}{\raggedright Sistem persamaan linear}                & \multicolumn{1}{|c}{X/1}                   & \multicolumn{1}{|p{3.5cm}}{\raggedright Menentukan nilai $(ax + by)$ dari penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel }                        & \multicolumn{1}{|c|}{6}                    \\ \hline
%---------------------------------
\multicolumn{1}{|c}{3}             & \multicolumn{1}{|p{3cm}}{\raggedright Menerapkan logika matematika dalam pemecahan masalah berkaitan dengan pernyataan majemuk dan berkuantor }                           & \multicolumn{1}{|p{3.2cm}}{\raggedright Mendeskripsikan  ingkaran, konjungsi, disjungsi, implikasi, biimplikasi, dan ingkarannya }                          & \multicolumn{1}{|p{3cm}}{Ingkaran pernyataan majemuk}                & \multicolumn{1}{|c}{X/1}                   & \multicolumn{1}{|p{3.5cm}}{\raggedright Menentukan negasi pernyataan majemuk yang berbentuk implikasi}                        & \multicolumn{1}{|c|}{7}                    \\ \cline{3-7}
%---------------------------------
\multicolumn{1}{|c}{}             & \multicolumn{1}{|p{3cm}}{}                           & \multicolumn{1}{|p{3.2cm}}{\raggedright Menerapkan modus ponens, modus tollens, dan silogisme dalam menarik kesimpulan }                          & \multicolumn{1}{|p{3cm}}{\raggedright Penarikan kesimpulan }                & \multicolumn{1}{|c}{X/1}                   & \multicolumn{1}{|p{3.5cm}}{\raggedright Menentukan kesimpulan dengan menggunakan prinsip modus tollens terhadap dua premis yang diberikan }                        & \multicolumn{1}{|c|}{8}                    \\ \hline
%---------------------------------
\multicolumn{1}{|c}{4}             & \multicolumn{1}{|p{3cm}}{\raggedright Menyelesaikan masalah program linear  }                           & \multicolumn{1}{|p{3.2cm}}{\raggedright Membuat grafik himpunan penyelesaian dari sistem pertidaksamaan linear
}                          & \multicolumn{1}{|p{3cm}}{\raggedright Sistem pertidaksamaan linear}                & \multicolumn{1}{|c}{X/2}                   & \multicolumn{1}{|p{3.5cm}}{\raggedright Menentukan sistem pertidaksamaan linear dari daerah himpunan penyelesaian yang diberikan}                        & \multicolumn{1}{|c|}{9}                    \\ \hline
\end{tabular}

\end{document}




Kemudian membuat kartu soal berdasarkan pada kisi-kisi tersebut.
\documentclass{article}
\title{Kartu Soal Ujian Sekolah 2014}
\usepackage[scaled]{helvet}
\renewcommand*\familydefault{\sfdefault}
\usepackage[lmargin=1.25cm, rmargin=1.25cm, bmargin=2cm, tmargin=1cm]{geometry}
\usepackage{graphicx}
\usepackage{array}
\usepackage[inline,shortlabels]{enumitem}
\usepackage{chngcntr} 
\usepackage{tabu}
\usepackage{amsmath}
\usepackage[table]{xcolor}
\usepackage[indonesian]{babel}

\let\ds\displaystyle

\begin{document}
{
  \centering
  \renewcommand{\arraystretch}{2}
  \begin{tabular}{  |>{\centering\arraybackslash}m{2cm}|%
                    >{\centering\arraybackslash}m{13.875cm}|%
                    >{\centering\arraybackslash}m{2cm}|%
  }
    \hline
    \vspace{0.25cm} \includegraphics[height=1.65cm,width=0.1\textwidth]{twh}
    & Departemen Pendidikan Nasional
      \linebreak Kabupaten Sumbawa
      \linebreak {\large \bfseries SMK Negeri 2 Sumbawa Besar}
      \linebreak Jalan Lingkar Selatan KM 4 Sumbawa Besar
    & \vspace{0.25cm}
    \includegraphics[height=1.65cm,width=0.1\textwidth]{smk}\\
    \hline
  \end{tabular}
}

\begin{center}
\large\bfseries
KARTU SOAL\\
UJIAN SEKOLAH 
\end{center}

\small
\bigskip
\renewcommand*\arraystretch{1.2}
\noindent
\begin{tabular}{llp{6cm}ll}
Nama Sekolah    & : SMK Negeri 2 Sumbawa Besar &  & Bentuk Soal  & : Pilihan Berganda     \\
Mata Pelajaran  & : MATEMATIKA                 &  & Jumlah Soal      & : 40 Butir \\
Tahun Pelajaran & : 2013/2014                  &  & Alokasi Waktu & : 120 Menit   \\
Kurikulum & : KTSP                  &  & Penyusun & : SULAEMAN, S. Pd.
\end{tabular}

\medskip
\normalsize
\renewcommand{\arraystretch}{1.3}
\noindent
\begin{tabular}{|m{18.7cm}|}\hline
\bfseries STANDAR KOMPETENSI                                                                                                                                              \\
Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep operasi bilangan real                                                                                                \\\hline
\bfseries KOMPETENSI DASAR                                                                                                                                                \\
Menerapkan operasi pada bilangan real                                                                                                                           \\\hline
\bfseries LINGKUP MATERI                                                                                                                                                  \\
Perbandingan senilai                                                                                                                                            \\\hline
\bfseries INDIKATOR                                                                                                                                                       \\
Menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan perbandingan senilai                                                                                              \\\hline
\bfseries BUTIR SOAL                                                                                                                                                      \\
Untuk menempuh jarak 48 km, sebuah kendaraan memerlukan solar sebanyak 2 liter. Jika tersedia 5 liter, maka jarak yang dapat ditempuh kendaraan itu adalah ....
\begin{enumerate}[A.]
\item 90 km
\item 92 km
\item 110 km
\item 120 km
\item 124 km
\end{enumerate}
\\\hline
\end{tabular}

\vspace{10pt}
\normalsize
\renewcommand*\arraystretch{1.3}
\noindent
\begin{tabular}{|c|c|c|c|}
\multicolumn{4}{l}{\textbf{Keterangan}}  \\ \hline
\rowcolor{cyan!50!orange}
\bfseries\color{white}Nomor Soal & \bfseries\color{white}Kunci Jawaban & \bfseries\color{white}Digunakan untuk & \bfseries\color{white}Tanggal \\ \hline
1                   & D                      & Ujian Sekolah            & 17 Maret 2013    \\ \hline
\end{tabular}

\vspace{10pt}
\renewcommand*\arraystretch{1.3}
\noindent
\begin{tabular}{llllllll}
\multicolumn{8}{l}{\bfseries Hasil Telaah}\\         
\cline{1-1}\cline{4-4}\cline{7-7}
\multicolumn{1}{|m{0.2cm}|}{} & Diterima &  & \multicolumn{1}{|m{0.2cm}|}{} & Perlu Perbaikan &  & \multicolumn{1}{|m{0.2cm}|}{} & Tidak Diterima\\\cline{1-1}\cline{4-4}\cline{7-7}
\end{tabular}

\vspace{10pt}
\noindent
\begin{tabular}{lp{8cm}l}
Penelaah,                                       &  & Penulis,                \\
                                                &  &                         \\
                                                &  &                         \\
                                                &  &                         \\
............................................... &  & SULAEMAN, S.Pd.         \\
NIP. ........................................                                                 &  & NIP. 196802151991011001
\end{tabular}

\end{document}




Yang terakhir kita rakit soal-soal tersebut menjadi naskah soal yang siap untuk diujikan. Pada tahap ini saya memilahnya dalam dua bagian, yaitu membuat halaman depan dan membuat butir soal.
\documentclass{article}
\title{Kartu Soal Ujian Sekolah 2014}
\usepackage[scaled]{helvet}
\renewcommand*\familydefault{\sfdefault}
\usepackage[lmargin=1.25cm, rmargin=1.25cm, bmargin=2cm, tmargin=2cm]{geometry}
\usepackage{graphicx}
\usepackage{array}
\usepackage[inline,shortlabels]{enumitem}
\usepackage{chngcntr} 
\usepackage{tabu}
\usepackage{amsmath}
\usepackage[table]{xcolor}
\usepackage[indonesian]{babel}
\usepackage{wallpaper}
\CenterWallPaper{1}{co}
\usepackage{tabu}
\usepackage{colortbl}

\let\ds\displaystyle

\begin{document}
\pagenumbering{gobble}
\[\includegraphics[width=0.12\textwidth]{twh2}\]
\begin{center}
\large\bfseries
SMK NEGERI 2 SUMBAWA BESAR \\
PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT\\
TAHUN 2014 
\end{center}

\vspace{10pt}
\begin{center}
\renewcommand*{\arraystretch}{1.1}
\large\bfseries
\begin{tabular}{c}
NASKAH SOAL\\
UJIAN SEKOLAH             \\
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
\end{tabular}
\end{center}

\vspace{10pt}
\begin{center}
\renewcommand*{\arraystretch}{1.1}
\large
\begin{tabular}{|lcp{7cm}|}\hline
\multicolumn{3}{|c|}{\large\bfseries MATA PELAJARAN}                      \\\hline
Mata Pelajaran & : & MATEMATIKA                            \\
Jenjang        & : & SMK                                   \\
Kelompok       & : & Teknologi, Kesehatan, dan Pertanian\\\hline
\end{tabular}
\end{center}

\vspace{1pt}
\begin{center}
\renewcommand*{\arraystretch}{1.1}
\large
\begin{tabular}{|lcp{6.65cm}|}\hline
\multicolumn{3}{|c|}{\large\bfseries WAKTU PELAKSANAAN}             \\\hline
Hari dan Tanggal & : & Selasa, 18 Maret 2014      \\
Waktu            & : & Pkl. 08.00 s.d. 10.00 Wita\\\hline
\end{tabular}
\end{center}

\vspace{2pt}
\begin{center}
\renewcommand*{\arraystretch}{1.5}

\begin{tabular}{cp{11.85cm}}\rowcolor{blue!10!white}
\multicolumn{2}{c}{\large\bfseries PETUNJUK UMUM}                                                                                                       \\
1.  & Isikan identitas Anda ke dalam Lembar Jawaban Prediksi Ujian Nasional yang tersedia dengan menggunakan pensil 2B sesuai petunjuk. \\
2.  & Hitamkan bulatan di depan nama mata ujian pada lembar jawaban.                                                                    \\
3.  & Tersedia waktu 120 menit untuk mengerjakan paket tes tersebut.                                                                    \\
4.  & Jumlah soal sebanyak 40 butir, pada setiap soal terdapat 5 (lima) pilihan jawaban.                                                \\
5.  & Periksa dan bacalah soal-soal sebelum anda menjawabnya.                                                                           \\
6.  & Laporkan kepada pengawas ujian apabila terdapat lembar soal yang kurang jelas, rusak, atau tidak lengkap.                         \\
7.  & Mintalah kertas buram kepada pengawas ujian, bila diperlukan.                                                                     \\
8.  & Tidak diijinkan menggunkan kalkulator, HP, tabel matematika atau alat bantu hitung lainnya.                                       \\
9.  & Periksalah pekerjaan anda sebelum diserahkan kepada pengawas ujian.                                                               \\
10. & Lembar soal tidak boleh dicorat-coret.                                                                                           
\end{tabular}
\end{center}

\end{document}




\documentclass{article}
\title{Kartu Soal Ujian Sekolah 2014}
\usepackage[scaled]{helvet}
\renewcommand*\familydefault{\sfdefault}
\usepackage[lmargin=1.25cm, rmargin=1.25cm, bmargin=2cm, tmargin=1.3cm]{geometry}
\usepackage{graphicx}
\usepackage{array}
\usepackage[inline,shortlabels]{enumitem}
\usepackage{chngcntr} 
\usepackage{tabu}
\usepackage{amsmath}
\usepackage[table]{xcolor}
\usepackage[indonesian]{babel}
\usepackage{multicol}
\usepackage{tabu}
\usepackage{colortbl}

\usepackage{calligra}

\let\ds\displaystyle

\begin{document}

\renewcommand*{\arraystretch}{1.5}
\begin{tabular}{p{8.55cm}}
\rowcolor{blue!10!white}
\multicolumn{1}{c}{\large\bfseries PETUNJUK KHUSUS}             \\
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat !
\end{tabular}

\begin{multicols}{2} 
\begin{enumerate} 
% ------------------------------- nomor 1
\item Untuk menempuh jarak 48 km, sebuah kendaraan memerlukan solar sebanyak 2 liter. Jika tersedia 5 liter, maka jarak yang dapat ditempuh kendaraan itu adalah ....
\begin{enumerate}[A.]
\item 90 km
\item 92 km
\item 110 km
\item 120 km
\item 124 km
\end{enumerate}
% ------------------------------- nomor 2
\item Untuk menempuh jarak 48 km, sebuah kendaraan memerlukan solar sebanyak 2 liter. Jika tersedia 5 liter, maka jarak yang dapat ditempuh kendaraan itu adalah ....
\begin{enumerate}[A.]
\item 90 km
\item 92 km
\item 110 km
\item 120 km
\item 124 km
\end{enumerate}
% ------------------------------- nomor 3
\item Untuk menempuh jarak 48 km, sebuah kendaraan memerlukan solar sebanyak 2 liter. Jika tersedia 5 liter, maka jarak yang dapat ditempuh kendaraan itu adalah ....
\begin{enumerate}[A.]
\item 90 km
\item 92 km
\item 110 km
\item 120 km
\item 124 km
\end{enumerate}
% ------------------------------- nomor 4
\item Untuk menempuh jarak 48 km, sebuah kendaraan memerlukan solar sebanyak 2 liter. Jika tersedia 5 liter, maka jarak yang dapat ditempuh kendaraan itu adalah ....
\begin{enumerate}[A.]
\item 90 km
\item 92 km
\item 110 km
\item 120 km
\item 124 km
\end{enumerate}
% ------------------------------- nomor 5
\item Untuk menempuh jarak 48 km, sebuah kendaraan memerlukan solar sebanyak 2 liter. Jika tersedia 5 liter, maka jarak yang dapat ditempuh kendaraan itu adalah ....
\begin{enumerate}[A.]
\item 90 km
\item 92 km
\item 110 km
\item 120 km
\item 124 km
\end{enumerate}
% ------------------------------- nomor 6
\item Untuk menempuh jarak 48 km, sebuah kendaraan memerlukan solar sebanyak 2 liter. Jika tersedia 5 liter, maka jarak yang dapat ditempuh kendaraan itu adalah ....
\begin{enumerate}[A.]
\item 90 km
\item 92 km
\item 110 km
\item 120 km
\item 124 km
\end{enumerate}
% ------------------------------- nomor 7
\item Untuk menempuh jarak 48 km, sebuah kendaraan memerlukan solar sebanyak 2 liter. Jika tersedia 5 liter, maka jarak yang dapat ditempuh kendaraan itu adalah ....
\begin{enumerate}[A.]
\item 90 km
\item 92 km
\item 110 km
\item 120 km
\item 124 km
\end{enumerate}
% ------------------------------- nomor 8
\item Untuk menempuh jarak 48 km, sebuah kendaraan memerlukan solar sebanyak 2 liter. Jika tersedia 5 liter, maka jarak yang dapat ditempuh kendaraan itu adalah ....
\begin{enumerate}[A.]
\item 90 km
\item 92 km
\item 110 km
\item 120 km
\item 124 km
\end{enumerate}


\end{enumerate} 
\end{multicols} 

\vspace{50pt}
\begin{center}
{\LARGE\calligra\color{cyan!60!orange} Semoga Berhasil}
\end{center}
\end{document}




Demikian semoga bermanfaat!

Adjie Gumarang Pujakelana 2014


-->

Friday, February 14, 2014

Menggambar Diagram Lingkaran

Pada materi Statistika kita menemukan ini. Bagaimana cara menggambar diagram lingkaran dengan $\small\LaTeX$?

Salah satu pilihan yang layak digunakan adalah paket pgf-pie. Paket yang berdasarkan pada paket grafis PGF/TikZ yang dirilis (v0.2) pada 2 Oktober 2011 ini dibuat oleh Yuan Xu.


Di bawah ini adalah contoh pengkodean dan dokumen tentang penggunaan paket pgf-pie. Dokumen tersebut saya tulis dengan menggunakan $\small\LaTeX$ melalui ShareLaTeX. Petunjuk penggunaan perintah-perintah dalam pgf-pie dapat Anda unduh di sini.

Demikian semoga bermanfaat!

Adjie Gumarang Pujakelana 2014


\documentclass{article}
\usepackage{pgf-pie}
\usepackage[indonesian]{babel}
\usepackage[scaled]{helvet}
\renewcommand*\familydefault{\sfdefault}
\title{\Huge\bfseries pgf-pie}
\usepackage[lmargin=2cm,rmargin=2cm,tmargin=1.5cm]{geometry}
\usepackage[tikz]{bclogo}
\usetikzlibrary{shadows}
\usepackage{calc}
\usepackage{fancyvrb}
\usepackage{graphicx}
\usepackage[dvipsnames]{xcolor}
   \definecolor{LightGray}{RGB}{193,193,193}
   \definecolor{LightYellow}{RGB}{253,247,172}

%%%%% \printmacro

\newcommand{\printmacro}[1][mc]{% mc = label of storange bin
%
{\setlength{\fboxrule}{3.0\fboxrule}% thickness of frame
\setlength{\fboxsep}{1.5\fboxsep}% separation between text and frame
%
\noindent%
\fcolorbox{LightGray}{LightYellow}{% frame and background color
%
\begin{minipage}[c]{1.08\linewidth - 2.0\fboxrule - 2.0\fboxsep}
\protect\UseVerbatim[fontsize=\footnotesize]{#1} % font size of text in verbatim
\end{minipage}}%
}%
}

%%%% \printmacroi

% \macroicon is used by \printmacroi to print the icon and some horizontal space
\newcommand{\macroicon}{%
\hspace{1em}%
\parbox[c]{0.75cm}{\includegraphics[keepaspectratio=true,width=0.75cm]{light-bulb-icon}}%
\hspace{1em}%
}

% \newmacroicon provides a quicker way to renew \macroicon mid-document
\newcommand{\newmacroicon}[3][1em]{%
\renewcommand{\macroicon}{%
\hspace{#1}%
\parbox[c]{#2}{\includegraphics[keepaspectratio=true,width=#2]{#3}}%
\hspace{#1}%
}}

\newlength\macroiconwidth

\newcommand{\printmacroi}[1][mc]{%
%
{\setlength{\fboxrule}{3.0\fboxrule}%
\setlength{\fboxsep}{1.5\fboxsep}%
%
\noindent%
\fcolorbox{LightGray}{LightYellow}{%
%
\macroicon%
\settowidth{\macroiconwidth}{\macroicon}%
%
\begin{minipage}[c]{\linewidth - \macroiconwidth - 2.0\fboxrule - 2.0\fboxsep}
\protect\UseVerbatim[fontsize=\footnotesize]{#1}
\end{minipage}}%
}%
}
  
  
\author{\color{blue!40!orange} Adjie Gumarang Pujakelana}
\date{\today}

\begin{document}

\maketitle

\begin{bclogo}[logo=\bclampe, couleurBarre=white, noborder=false]{Awali dengan Pie}
\begin{minipage}[c]{0.5\textwidth}
\begin{SaveVerbatim}{mc}
\begin{tikzpicture}
\pie{10/Jagung, 20/Kedelai, 30/Padi, 40/Kacang tanah}
\end{tikzpicture}
\end{SaveVerbatim}
\printmacro
\end{minipage}\hfill
%
\begin{minipage}[c]{0.5\textwidth}
\begin{tikzpicture}
    \pie{10/Jagung, 20/Kedelai, 30/Padi, 40/Kacang tanah}
    \end{tikzpicture}
\end{minipage}\hfill
\end{bclogo}

\bigskip
\begin{bclogo}[logo=\bclampe, couleurBarre=white, noborder=false]{Posisi, Pemutaran, dan Ukuran}
\begin{minipage}[c]{0.5\textwidth}
\begin{SaveVerbatim}{mc}
\begin{tikzpicture}
\pie{10/, 20/, 30/, 40/}%
\pie[pos={6,0},rotate=180,radius=2.5]{10/, 20/, 30/, 40/}%
\pie[pos={11,0},radius=2]{10/, 20/, 30/, 40/}%
\end{tikzpicture}
\end{SaveVerbatim}
\printmacro
\end{minipage}\hfill

\begin{minipage}[c]{0.5\textwidth}
\begin{tikzpicture}
\pie{10/, 20/, 30/, 40/}%
\pie[pos={6,0},rotate=180,radius=2.5]{10/, 20/, 30/, 40/}%
\pie[pos={11,0},radius=2]{10/, 20/, 30/, 40/}%
\end{tikzpicture}
\end{minipage}\hfill
\end{bclogo}

\begin{bclogo}[logo=\bclampe, couleurBarre=white, noborder=false]{Pewarnaan}
\begin{minipage}[c]{0.5\textwidth}
\begin{SaveVerbatim}{mc}
\begin{tikzpicture}
\pie[color={black!10, black!20,black!30,black!40}]
{10/A, 20/B, 30/C, 40/ D}
\pie[pos={8,0}, color=blue!20] {10/A, 20/B, 30/C, 40/ D}
\end{tikzpicture}
\end{SaveVerbatim}
\printmacro
\end{minipage}\hfill

\begin{minipage}[c]{0.5\textwidth}
\begin{tikzpicture}
    \pie[color={black!10, black!20,black!30,black!40}]{10/A, 20/B, 30/C, 40/ D}
    \pie[pos={9,0}, color=blue!20] {10/A, 20/B, 30/C, 40/ D}
\end{tikzpicture}
\end{minipage}\hfill
\end{bclogo}

\bigskip
\begin{bclogo}[logo=\bclampe, couleurBarre=white, noborder=false]{Perenggangan}
\begin{minipage}[c]{0.5\textwidth}
\begin{SaveVerbatim}{mc}
\begin{tikzpicture}
% perenggangan tertentu
\pie[explode={0, 0, 0, 0.1}]{10/A, 20/B, 30/C, 40/D}
% perenggangan semua
\pie[pos={8,0}, explode=0.1]{10/A, 20/B, 30/C, 40/D}
\end{tikzpicture}
\end{SaveVerbatim}
\printmacro
\end{minipage}\hfill

\begin{minipage}[c]{0.5\textwidth}
\begin{tikzpicture}
% perenggangan tertentu
\pie[explode={0, 0, 0, 0.1}]{10/A, 20/B, 30/C, 40/D}
% perenggangan semua
\pie[pos={9,0}, explode=0.1]{10/A, 20/B, 30/C, 40/D}
\end{tikzpicture}
\end{minipage}\hfill
\end{bclogo}

\begin{bclogo}[logo=\bclampe, couleurBarre=white, noborder=false]{Sudut Irisan (\emph{Slice})}
\begin{minipage}[c]{0.5\textwidth}
\begin{SaveVerbatim}{mc}
\begin{tikzpicture}
\pie[sum=auto, after number=, radius=3]{33/Pria, 7/Wanita}
\pie[pos={9,0}, sum=40, after number=, radius=3]{33/Pria}
\end{tikzpicture}
\end{SaveVerbatim}
\printmacro
\end{minipage}\hfill

\begin{minipage}[c]{0.5\textwidth}
\begin{tikzpicture}
\pie[sum=auto, after number=, radius=3]{33/Pria, 7/Wanita }
\pie[pos={9,0}, sum=40, after number=, radius=3]{33/Pria }
\end{tikzpicture}
\end{minipage}\hfill
\end{bclogo}

\bigskip
\begin{bclogo}[logo=\bclampe, couleurBarre=white, noborder=false]{Teks dan Angka}
\begin{minipage}[c]{0.5\textwidth}
\begin{SaveVerbatim}{mc}
\begin{tikzpicture}
\pie[before number={Rp}, after number=rb,]{10/A, 20/B, 
30/C, 40/D}
\pie[pos={9,0}, scale font]{10/A, 20/B, 30/C, 40/D}
\end{tikzpicture}
\end{SaveVerbatim}
\printmacro
\end{minipage}\hfill

\begin{minipage}[c]{0.5\textwidth}
\begin{tikzpicture}
\pie[before number={Rp}, after number=rb,]{10/A, 20/B, 30/C, 40/D}
\pie[pos={9,0}, scale font]{10/A, 20/B, 30/C, 40/D}
\end{tikzpicture}
\end{minipage}\hfill
\end{bclogo}

\begin{bclogo}[logo=\bclampe, couleurBarre=white, noborder=false]{Teks dan Penamaan}
\begin{minipage}[c]{0.5\textwidth}
\begin{SaveVerbatim}{mc}
\begin{tikzpicture}
\pie[text=pin]{10/A, 20/B, 30/C, 40/ D}
\pie[pos={9,0}, text=inside]{10/A, 20/B, 30/C, 40/D}
\end{tikzpicture}
\end{SaveVerbatim}
\printmacro
\end{minipage}\hfill

\begin{minipage}[c]{0.5\textwidth}
\begin{tikzpicture}
\pie[text=pin]{10/A, 20/B, 30/C, 40/ D}
\pie[pos={9,0}, text=inside]{10/A, 20/B, 30/C, 40/D}
\end{tikzpicture}
\end{minipage}\hfill
\end{bclogo}

\bigskip
\begin{bclogo}[logo=\bclampe, couleurBarre=white, noborder=false]{Teks dan Legenda}
\begin{minipage}[c]{0.5\textwidth}
\begin{SaveVerbatim}{mc}
\begin{tikzpicture}
\pie[text=legend]{10/Satu, 20/Dua, 30/Tiga, 40/Empat}
\end{tikzpicture}
\end{SaveVerbatim}
\printmacro
\end{minipage}\hfill

\begin{minipage}[c]{0.5\textwidth}
\begin{tikzpicture}
\pie[text=legend]{10/Satu, 20/Dua, 30/Tiga, 40/Empat}
\end{tikzpicture}
\end{minipage}\hfill
\end{bclogo}

\begin{bclogo}[logo=\bclampe, couleurBarre=white, noborder=false]{Bayangan (\emph{Shadow})}
\begin{minipage}[c]{0.5\textwidth}
\begin{SaveVerbatim}{mc}
\begin{tikzpicture}
% dengan \usetikzlibrary{shadows}
\pie[style=drop shadow]{10/A, 20/B, 30/C, 40/D}
\end{tikzpicture}
\end{SaveVerbatim}
\printmacro
\end{minipage}\hfill

\begin{minipage}[c]{0.5\textwidth}
\begin{tikzpicture}
% dengan \usetikzlibrary{shadows}
\pie[style=drop shadow]{10/A, 20/B, 30/C, 40/D}
\end{tikzpicture}
\end{minipage}\hfill
\end{bclogo}

\bigskip
\begin{bclogo}[logo=\bclampe, couleurBarre=white, noborder=false]{Diagram Berbentuk Kutub (\emph{Polar})}
\begin{minipage}[c]{0.5\textwidth}
\begin{SaveVerbatim}{mc}
\begin{tikzpicture}
\pie[style=drop shadow]{10/A, 20/B, 30/C, 40/D}
\end{tikzpicture}
\end{SaveVerbatim}
\printmacro
\end{minipage}\hfill

\begin{minipage}[c]{0.5\textwidth}
\begin{tikzpicture}
\pie[polar]{10/A, 20/B, 30/C, 40/D}
\end{tikzpicture}
\end{minipage}\hfill
\end{bclogo}

\begin{bclogo}[logo=\bclampe, couleurBarre=white, noborder=false]{Diagram Berbentuk Persegi}
\begin{minipage}[c]{0.5\textwidth}
\begin{SaveVerbatim}{mc}
\begin{tikzpicture}
\pie[square]{10/A, 20/B, 30/C, 40/D}
\end{tikzpicture}
\end{SaveVerbatim}
\printmacro
\end{minipage}\hfill

\begin{minipage}[c]{0.5\textwidth}
\begin{tikzpicture}
\pie[square]{10/A, 20/B, 30/C, 40/D}
\end{tikzpicture}
\end{minipage}\hfill
\end{bclogo}

\bigskip
\begin{bclogo}[logo=\bclampe, couleurBarre=white, noborder=false]{Diagram Berbentuk Awan}
\begin{minipage}[c]{0.5\textwidth}
\begin{SaveVerbatim}{mc}
\begin{tikzpicture}
\pie[cloud, text=inside, scale font]{10/A, 20/B, 30/C, 40/D}
\end{tikzpicture}
\end{SaveVerbatim}
\printmacro
\end{minipage}\hfill

\begin{minipage}[c]{0.5\textwidth}
\begin{tikzpicture}
\pie[cloud, text=inside, scale font]{10/A, 20/B, 30/C, 40/D}
\end{tikzpicture}
\end{minipage}\hfill
\end{bclogo}





\end{document}



-->

Monday, February 10, 2014

Background

Dalam jaringan seringkali kita menemukan gambar (wallpaper) yang kita anggap sangat bagus, sehingga memunculkan keinginan kita untuk menuliskan sesuatu "di atasnya".
Perhatikan gambar di samping. Gambar tersebut saya peroleh dari sini. Karena bagian atasnya tampak kosong dan temanya saya anggap cocok dengan puisi yang akan saya tulis, maka saya memilihnya untuk dijadikan latar belakang (background). 
Bagaimana caranya?

Ada beberapa pilihan paket $\small\LaTeX$ yang dapat digunakan untuk keperluan ini, misalnya: background, eso-pic, wallpaper, incgraph, atau paket terbaru yang dirilis 6 Januari 2014, yaitu stackengine. Dalam contoh pengkodean dan dokumen di bawah ini saya menggunakan yang pertama (dari Gonzalo Medina, 2009).

Di samping itu, pengkodean dokumen yang ditulis melalui writeLaTeX tersebut juga menyertakan pemilihan huruf Calligra dan Antykwa Toruńska dan pendefinisian warna.

Demikian semoga bermanfaat!

Adjie Gumarang Pujakelana 2014

\documentclass[a4,14pt]{article}
\title{Pinasti WL}
\usepackage{background}
\backgroundsetup{
scale=1,
angle=0,
opacity=.4,  %% adjust
contents={\includegraphics[width=\paperwidth,height=\paperheight]{loveme}}
}

\usepackage[T1]{fontenc}
\usepackage{calligra}
\usepackage[math]{anttor}

\usepackage{xcolor}
\definecolor{biru}{RGB}{40,96,139}
\definecolor{wine-stain}{rgb}{0.5,0,0}

\begin{document}
\itshape

\noindent
{\calligra\LARGE\bfseries\color{biru} Pinasti}\\

\color{biru} 

\noindent
Aku dan kamu \\
adalah laut \\
harusnya biarkan \\
sampan merapat \\
tapi ... \\
musimku bila \\
airmu memercikku \\

\noindent
Telanjur ke tengah \\
sampan melaju \\
mengarungi riwayat \\
riak gelombang \\
tertolak arah \\
ditampar ombak \\
mungkin pun karam \\
ada cerita \\

\noindent
{\footnotesize Sumbawa, Juni 2002}\\

\noindent
{\calligra\Large\color{wine-stain} Adjie Gumarang Pujakelana}

\end{document}



-->

Saturday, February 8, 2014

chemfig

Apa yang Anda gunakan ketika harus menggambarkan struktur molekul seperti tampak pada gambar di samping?
Tulisan kali ini tentang paket yang sangat berguna untuk hal itu, yang dibuat oleh Christian Tellechea, yaitu paket chemfig v1.0h yang dirilis 28 November 2013.

Di bawah ini saya tampilkan contoh pengkodean dan dokumen tentang penggunaan paket chemfig. Dokumen tersebut saya tulis dengan menggunakan $\small\LaTeX$ melalui writeLaTeX dalam template gridleno dari Gonzalo Medina. Petunjuk penggunaan perintah-perintah dalam chemfig dapat Anda unduh di sini.

Demikian semoga bermanfaat!

Adjie Gumarang Pujakelana 2014

\documentclass[twocolumn,12pt]{article}
\title{ChemFig}
\usepackage[indonesian]{babel}
\usepackage{xcolor}
\usepackage[tikz]{bclogo}
\definecolor{bgblue}{RGB}{245,243,253}
\definecolor{biru}{cmyk}{1,.60,0,.40}
\usepackage[utf8]{inputenc}
\usepackage[T1]{fontenc}
\usepackage[fontsize=12pt,baseline=14pt]{grid}
\usepackage[top=5.5cm,
  bottom=2.5cm,
  left=2.5cm,
  right=2.5cm,
]{geometry}
\usepackage{emerald}
\usepackage{verbatim}
\usepackage{chemfig,xstring}
\usepackage{multicol}
\usepackage{xparse}
\usepackage{fourier}
\usepackage{amsmath}
\usepackage{amssymb}
\usepackage{MnSymbol}
\usepackage{gridleno}
\usepackage{hyperref}
\hypersetup{
  colorlinks=true,
  linkcolor=headtitle,
  citecolor=grlnblue,
  urlcolor=biru}
 
\usetikzlibrary{calc,decorations.markings}
 
\NewDocumentCommand\fgroup{O{1}O{0}mm}{%
  \pi_#1(#3,#4_#2)}
\NewDocumentCommand\erren{O{n}O{R}}{%
  \mathbb{#2}^#1}
\NewDocumentCommand\oper{O{f}O{g}}{%
  #1\ast#2}
\NewDocumentCommand\clase{O{f}}{%
  [#1]}
\NewDocumentCommand\opercl{O{f}O{g}}{%
  \clase[#1]\ast\clase[#2]}
\NewDocumentCommand\invclase{O{f}}{%
  \clase[\bar{#1}]}
 
\course{Christian Tellechea}
\courseid{}
\professor{Sulaeman, S.Pd.}
\term{v1.0h}
\topic{Paket $\TeX$ untuk Menggambar Molekul}
\date{28 November 2013}
 
\hbadness=99999 % Make TeX remain silent
 
\begin{document}
 
\makeheader

\begin{summary}
\begin{center}
  \setatomsep{3em}%
  \chemfig{*6((-H_2N)=N-*6(-\chembelow{N}{H}-=N?)=?-(=O)-HN-[,,2])}
 \end{center}
    
    \medskip
\end{summary}
 
\section{Jarak Antaratom}
\begin{center}
\setatomsep{2em}\chemfig{A-B}\par
\setatomsep{50pt}\chemfig{A-B} 
\end{center}

\renewcommand\bcStyleTitre[1]{\large\textcolor{headtitle}{#1}}
\begin{bclogo}[couleur=bgblue, arrondi =0 , logo=\bclampe, barre=none,noborder=true]{}
\begin{verbatim}
\setatomsep{2em}\chemfig{A-B}\par
\setatomsep{50pt}\chemfig{A-B}
\end{verbatim}
\end{bclogo}
 
\section{Pemendekkan (\emph{trimming}) Ikatan}
 \begin{center}
\setbondoffset{0pt}\chemfig{A-B}\par
\setbondoffset{5pt}\chemfig{A-B} 
\end{center}

\renewcommand\bcStyleTitre[1]{\large\textcolor{headtitle}{#1}}
\begin{bclogo}[couleur=bgblue, arrondi =0 , logo=\bclampe, barre=none,noborder=true]{}
\begin{verbatim}
\setbondoffset{0pt}\chemfig{A-B}\par
\setbondoffset{5pt}\chemfig{A-B}
\end{verbatim}
\end{bclogo}

\section{Grup yang Kosong}
 \begin{center}
\chemfig{A-B=-=C} 
\end{center}

\renewcommand\bcStyleTitre[1]{\large\textcolor{headtitle}{#1}}
\begin{bclogo}[couleur=bgblue, arrondi =0 , logo=\bclampe, barre=none,noborder=true]{}
\begin{verbatim}
\chemfig{A-B=-=C}
\end{verbatim}
\end{bclogo}

\section{Bentuk Ikatan}
 \begin{center}
\setbondstyle{line width=1pt,biru}
\chemfig{A-B=C>|D:F} 
\end{center}

\renewcommand\bcStyleTitre[1]{\large\textcolor{headtitle}{#1}}
\begin{bclogo}[couleur=bgblue, arrondi =0 , logo=\bclampe, barre=none,noborder=true]{}
\begin{verbatim}
\setbondstyle{line width=1pt,biru}
\chemfig{A-B=C>|D:F}
\end{verbatim}
\end{bclogo}

\section{Bentuk Halus Pemendekan Ikatan}
 \begin{center}
\setbondoffset{4pt}
\chemfig{A-B-C}\par
\chemfig{A-#(,0pt)B-C}\par
\chemfig{A-B-#(0pt)C}\par
\chemfig{A-#(,0pt)B-#(0pt)C} 
\end{center}

\renewcommand\bcStyleTitre[1]{\large\textcolor{headtitle}{#1}}
\begin{bclogo}[couleur=bgblue, arrondi =0 , logo=\bclampe, barre=none,noborder=true]{}
\begin{verbatim}
\setbondoffset{4pt}
\chemfig{A-B-C}\par
\chemfig{A-#(,0pt)B-C}\par
\chemfig{A-B-#(0pt)C}\par
\chemfig{A-#(,0pt)B-#(0pt)C}
\end{verbatim}
\end{bclogo}

\section{Modus Matematis}
 \begin{center}
\chemfig{A_1B^2-C_3^4} 
\end{center}

\renewcommand\bcStyleTitre[1]{\large\textcolor{headtitle}{#1}}
\begin{bclogo}[couleur=bgblue, arrondi =0 , logo=\bclampe, barre=none,noborder=true]{}
\begin{verbatim}
\chemfig{A_1B^2-C_3^4}
\end{verbatim}
\end{bclogo}

\section{Modifikasi Bentuk Ikatan \emph{Cram}}
 \begin{center}
\setcrambond{10pt}{0.4pt}{1pt}
\chemfig{A>B>:C>|D} 
\end{center}

\renewcommand\bcStyleTitre[1]{\large\textcolor{headtitle}{#1}}
\begin{bclogo}[couleur=bgblue, arrondi =0 , logo=\bclampe, barre=none,noborder=true]{}
\begin{verbatim}
\setcrambond{10pt}{0.4pt}{1pt}
\chemfig{A>B>:C>|D}
\end{verbatim}
\end{bclogo}

\section{Penentuan Sudut}
 \begin{center}
\chemfig{A-B-[1]C-[3]-D-[7]E-[6]F} 
\end{center}

\renewcommand\bcStyleTitre[1]{\large\textcolor{headtitle}{#1}}
\begin{bclogo}[couleur=bgblue, arrondi =0 , logo=\bclampe, barre=none,noborder=true]{}
\begin{verbatim}
\chemfig{A-B-[1]C-[3]-D-[7]E-[6]F}
\end{verbatim}
\end{bclogo}

\section{Penentuan Sudut dengan Grup Kosong}

\medskip
 \begin{center}
\chemfig{--[1]-[3]--[7]-[6]} 
\end{center}

\renewcommand\bcStyleTitre[1]{\large\textcolor{headtitle}{#1}}
\begin{bclogo}[couleur=bgblue, arrondi =0 , logo=\bclampe, barre=none,noborder=true]{}
\begin{verbatim}
\chemfig{--[1]-[3]--[7]-[6]}
\end{verbatim}
\end{bclogo}

\section{Penentuan Sudut Tertentu (Mutlak)}
 \begin{center}
\chemfig{A-[:30]B=[:-75]C-[:10]D-[:90]>|[:60]-[:-20]E-[:0]~[:-75]F} 
\end{center}

\renewcommand\bcStyleTitre[1]{\large\textcolor{headtitle}{#1}}
\begin{bclogo}[couleur=bgblue, arrondi =0 , logo=\bclampe, barre=none,noborder=true]{}
\begin{verbatim}
\chemfig{A-[:30]B=[:-75]C-[:10]D-
[:90]>|[:60]-[:-20]E-[:0]~[:-75]F}
\end{verbatim}
\end{bclogo}

\section{Penentuan Sudut Relatif}
 \begin{center}
\chemfig{A-[:-5]-[::+20]-[::20]B-[::+20]-[::20]C-[::20]} 
\end{center}

\renewcommand\bcStyleTitre[1]{\large\textcolor{headtitle}{#1}}
\begin{bclogo}[couleur=bgblue, arrondi =0 , logo=\bclampe, barre=none,noborder=true]{}
\begin{verbatim}
\chemfig{A-[:-5]-[::+20]-[::20]B-
[::+20]-[::20]C-[::20]}
\end{verbatim}
\end{bclogo}

\section{Sudut Relatif Diikuti Sudut Mutlak}

\medskip
 \begin{center}
\chemfig{A-[:-5]-[::20]-[::20]B-[7]-[::20]C-[::20]} 
\end{center}

\renewcommand\bcStyleTitre[1]{\large\textcolor{headtitle}{#1}}
\begin{bclogo}[couleur=bgblue, arrondi =0 , logo=\bclampe, barre=none,noborder=true]{}
\begin{verbatim}
\chemfig{A-[:-5]-[::20]-[::20]B-[7]
-[::20]C-[::20]}
\end{verbatim}
\end{bclogo}

\section{Pengaruh Ukuran Atom}
 \begin{center}
\chemfig{I-I}\par
\chemfig{M-M} 
\end{center}

\renewcommand\bcStyleTitre[1]{\large\textcolor{headtitle}{#1}}
\begin{bclogo}[couleur=bgblue, arrondi =0 , logo=\bclampe, barre=none,noborder=true]{}
\begin{verbatim}
\chemfig{I-I}\par
\chemfig{M-M}
\end{verbatim}
\end{bclogo}

\section{Ikatan yang Terlalu Pendek}
 \begin{center}
\chemfig{A^{++}_{2}-B^{-}_3} 
\end{center}

\renewcommand\bcStyleTitre[1]{\large\textcolor{headtitle}{#1}}
\begin{bclogo}[couleur=bgblue, arrondi =0 , logo=\bclampe, barre=none,noborder=true]{}
\begin{verbatim}
\chemfig{A^{++}_{2}-B^{-}_3}
\end{verbatim}
\end{bclogo}

\section{Modifikasi Panjang Ikatan}
 \begin{center}
\chemfig{A^{++}_{2}-[,2]B^{-}_3}\par
\chemfig{A-B-[,2]C=[,0.5]D}\par
\chemfig{-=[,1.5]-[,0.75]=[:-20,2]} 
\end{center}

\renewcommand\bcStyleTitre[1]{\large\textcolor{headtitle}{#1}}
\begin{bclogo}[couleur=bgblue, arrondi =0 , logo=\bclampe, barre=none,noborder=true]{}
\begin{verbatim}
\chemfig{A^{++}_{2}-[,2]B^{-}_3}\par
\chemfig{A-B-[,2]C=[,0.5]D}\par
\chemfig{-=[,1.5]-[,0.75]=[:-20,2]}
\end{verbatim}
\end{bclogo}

\section{Modifikasi Ukuran Molekul}

\bigskip
 \begin{center}
\normalsize \chemfig{H-[:30]O-[:-30]H}\par
\setatomsep{2.5em}\chemfig{H-[:30]O-[:-30]H}\par
\small \chemfig{H-[:30]O-[:-30]H}\par
\footnotesize \chemfig{H-[:30]O-[:-30]H}\par
\scriptsize \chemfig{H-[:30]O-[:-30]H}\par
\tiny \chemfig{H-[:30]O-[:-30]H} 
\end{center}

\renewcommand\bcStyleTitre[1]{\large\textcolor{headtitle}{#1}}
\begin{bclogo}[couleur=bgblue, arrondi =0 , logo=\bclampe, barre=none,noborder=true]{}
\begin{verbatim}
\normalsize \chemfig{H-[:30]O-
[:-30]H}\par
\setatomsep{2.5em}\chemfig{H-[:30]O
-[:-30]H}\par
\small \chemfig{H-[:30]O-[:-30]H}
\par
\footnotesize \chemfig{H-[:30]O-
[:-30]H}\par
\scriptsize \chemfig{H-[:30]O-
[:-30]H}\par
\tiny \chemfig{H-[:30]O-[:-30]H}
\end{verbatim}
\end{bclogo}

\section{Sambungan Atom Bawaan (\emph{Default})}
 \begin{center}
\chemfig{ABCD-[:100]EFG}\quad
\chemfig{ABCD-[:-110]EFG}\quad
\chemfig{ABCD-[5]EFG} 
\end{center}

\renewcommand\bcStyleTitre[1]{\large\textcolor{headtitle}{#1}}
\begin{bclogo}[couleur=bgblue, arrondi =0 , logo=\bclampe, barre=none,noborder=true]{}
\begin{verbatim}
\chemfig{ABCD-[:100]EFG}\quad
\chemfig{ABCD-[:-110]EFG}\quad
\chemfig{ABCD-[5]EFG}
\end{verbatim}
\end{bclogo}

\section{Sambungan Atom Tertentu}
 \begin{center}
\chemfig{ABCD-[:75,,2,3]EFG}\qquad
\chemfig{ABCD-[:75,,,2]EFG}\qquad
\chemfig{ABCD-[:75,,3,2]EFG} 
\end{center}

\renewcommand\bcStyleTitre[1]{\large\textcolor{headtitle}{#1}}
\begin{bclogo}[couleur=bgblue, arrondi =0 , logo=\bclampe, barre=none,noborder=true]{}
\begin{verbatim}
\chemfig{ABCD-[:75,,2,3]EFG}\qquad
\chemfig{ABCD-[:75,,,2]EFG}\qquad
\chemfig{ABCD-[:75,,3,2]EFG}
\end{verbatim}
\end{bclogo}

\section{Penggunaan Kode TikZ}
 \begin{center}
\chemfig{A-[,,,,red]B}\par
\chemfig{A-[,,,,dash pattern=on 2pt off 2pt]B}\par
\chemfig{A-[,,,,line width=2pt]B}\par
\chemfig{A-[,,,,red,line width=2pt]B} 
\end{center}

\renewcommand\bcStyleTitre[1]{\large\textcolor{headtitle}{#1}}
\begin{bclogo}[couleur=bgblue, arrondi =0 , logo=\bclampe, barre=none,noborder=true]{}
\begin{verbatim}
\chemfig{A-[,,,,red]B}\par
\chemfig{A-[,,,,dash pattern=on 2pt 
off 2pt]B}\par
\chemfig{A-[,,,,line width=2pt]B}\par
\chemfig{A-[,,,,red,line width=2pt]B}
\end{verbatim}
\end{bclogo}

\section{Ikatan Bergelombang}
 \begin{center}
\chemfig{A-[,3,,,decorate,decoration=snake]B} 
\end{center}

\renewcommand\bcStyleTitre[1]{\large\textcolor{headtitle}{#1}}
\begin{bclogo}[couleur=bgblue, arrondi =0 , logo=\bclampe, barre=none,noborder=true]{}
\begin{verbatim}
\chemfig{A-[,3,,,decorate,
decoration=snake]B}
\end{verbatim}
\end{bclogo}

\section{Menimpa Nilai Bawaan}
 \begin{center}
\chemfig{[:20,1.5]A-B-C-[:-80,0.7]D-E-F} 
\end{center}

\renewcommand\bcStyleTitre[1]{\large\textcolor{headtitle}{#1}}
\begin{bclogo}[couleur=bgblue, arrondi =0 , logo=\bclampe, barre=none,noborder=true]{}
\begin{verbatim}
\chemfig{[:20,1.5]A-B-C-[:-80,0.7]
D-E-F}
\end{verbatim}
\end{bclogo}

\section{Nilai Bawaan}
 \begin{center}
\chemfig{[1,1.5,2,2,biru,thick]ABC-DEF=GHI} 
\end{center}

\renewcommand\bcStyleTitre[1]{\large\textcolor{headtitle}{#1}}
\begin{bclogo}[couleur=bgblue, arrondi =0 , logo=\bclampe, barre=none,noborder=true]{}
\begin{verbatim}
\chemfig{[1,1.5,2,2,biru,thick]ABC
-DEF=GHI}
\end{verbatim}
\end{bclogo}

\section{Tanda Kurung}
 \begin{center}
\chemfig{A-B(-[1]W-X)-C} 
\end{center}

\renewcommand\bcStyleTitre[1]{\large\textcolor{headtitle}{#1}}
\begin{bclogo}[couleur=bgblue, arrondi =0 , logo=\bclampe, barre=none,noborder=true]{}
\begin{verbatim}
\chemfig{A-B(-[1]W-X)-C}
\end{verbatim}
\end{bclogo}

\section{Tanda Kurung Ganda}
 \begin{center}
\chemfig{A-B(-[1]W-X)(-[6]Y-[7]Z)-C} 
\end{center}

\renewcommand\bcStyleTitre[1]{\large\textcolor{headtitle}{#1}}
\begin{bclogo}[couleur=bgblue, arrondi =0 , logo=\bclampe, barre=none,noborder=true]{}
\begin{verbatim}
\chemfig{A-B(-[1]W-X)(-[6]Y-[7]Z)-C}
\end{verbatim}
\end{bclogo}

\section{Nilai Bawaan dalam Tanda Kurung}
 \begin{center}
\chemfig{A-B([:60]-D-E)([::-30,1.5]-X-Y)-C} 
\end{center}

\renewcommand\bcStyleTitre[1]{\large\textcolor{headtitle}{#1}}
\begin{bclogo}[couleur=bgblue, arrondi =0 , logo=\bclampe, barre=none,noborder=true]{}
\begin{verbatim}
\chemfig{A-B([:60]-D-E)([::-30,1.5]
-X-Y)-C}
\end{verbatim}
\end{bclogo}

\section{Sudut Ikatan Bawaan}
 \begin{center}
\chemfig{[:-45]A-B([:60]-D-E)([::-30,1.5]-X-Y)-C} 
\end{center}

\renewcommand\bcStyleTitre[1]{\large\textcolor{headtitle}{#1}}
\begin{bclogo}[couleur=bgblue, arrondi =0 , logo=\bclampe, barre=none,noborder=true]{}
\begin{verbatim}
\chemfig{[:-45]A-B([:60]-D-E)([::-
30,1.5]-X-Y)-C}
\end{verbatim}
\end{bclogo}

\section{Tanda Kurung dan Percabangan}
 \begin{center}
\chemfig{A-B([1]-X([2]-Z)-Y)(-[7]D)-C} 
\end{center}

\renewcommand\bcStyleTitre[1]{\large\textcolor{headtitle}{#1}}
\begin{bclogo}[couleur=bgblue, arrondi =0 , logo=\bclampe, barre=none,noborder=true]{}
\begin{verbatim}
\chemfig{A-B([1]-X([2]-Z)-Y)(-[7]D)
-C}
\end{verbatim}
\end{bclogo}

\section{Struktur Asam Anhidrida}
 \begin{center}
\chemfig{R-C-[::-60]O-[::-60]C-[::-60]R} 
\end{center}

\renewcommand\bcStyleTitre[1]{\large\textcolor{headtitle}{#1}}
\begin{bclogo}[couleur=bgblue, arrondi =0 , logo=\bclampe, barre=none,noborder=true]{}
\begin{verbatim}
\chemfig{R-C-[::-60]O-[::-60]C-
[::-60]R}
\end{verbatim}
\end{bclogo}

\section{Struktur Asam Hidrida}

\medskip
 \begin{center}
\chemfig{R-C(=[::+60]O)-[::-60]O-[::-60]C(=[::+60]O)-[::-60]R} 
\end{center}

\renewcommand\bcStyleTitre[1]{\large\textcolor{headtitle}{#1}}
\begin{bclogo}[couleur=bgblue, arrondi =0 , logo=\bclampe, barre=none,noborder=true]{}
\begin{verbatim}
\chemfig{R-C(=[::+60]O)-[::-60]O-
[::-60]C(=[::+60]O)-[::-60]R}
\end{verbatim}
\end{bclogo}

\section{Pemutaran Molekul}

\medskip
 \begin{center}
\chemfig{[:75]R-C(=[::+60]O)-[::-60]O-[::-60]C(=[::+60]O)-[::-60]R} 
\end{center}

\renewcommand\bcStyleTitre[1]{\large\textcolor{headtitle}{#1}}
\begin{bclogo}[couleur=bgblue, arrondi =0 , logo=\bclampe, barre=none,noborder=true]{}
\begin{verbatim}
\chemfig{[:75]R-C(=[::+60]O)-
[::-60]O-[::-60]C(=[::+60]O)-
[::-60]R}
\end{verbatim}
\end{bclogo}

\section{Struktur dengan Tanda Kurung}

\medskip
 \begin{center}
\chemfig{A-B(-[1]W-X)(-[7]Y-Z)-C} 
\end{center}

\renewcommand\bcStyleTitre[1]{\large\textcolor{headtitle}{#1}}
\begin{bclogo}[couleur=bgblue, arrondi =0 , logo=\bclampe, barre=none,noborder=true]{}
\begin{verbatim}
\chemfig{A-B(-[1]W-X)(-[7]Y-Z)-C}
\end{verbatim}
\end{bclogo}

\section{Jarak Ikatan}

\medskip
 \begin{center}
\chemfig{A-B(-[1]W-X?)(-[7]Y-Z)-C?} 
\end{center}

\renewcommand\bcStyleTitre[1]{\large\textcolor{headtitle}{#1}}
\begin{bclogo}[couleur=bgblue, arrondi =0 , logo=\bclampe, barre=none,noborder=true]{}
\begin{verbatim}
\chemfig{A-B(-[1]W-X?)(-[7]Y-Z)-C?}
\end{verbatim}
\end{bclogo}

\section{Beberapa Jarak Ikatan}

\medskip
 \begin{center}
\chemfig{A-B(-[1]W-X?)(-[7]Y-Z?)-C?} 
\end{center}

\renewcommand\bcStyleTitre[1]{\large\textcolor{headtitle}{#1}}
\begin{bclogo}[couleur=bgblue, arrondi =0 , logo=\bclampe, barre=none,noborder=true]{}
\begin{verbatim}
\chemfig{A-B(-[1]W-X?)(-[7]Y-Z?)-C?}
\end{verbatim}
\end{bclogo}

\section{Jarak Ikatan Ganda}

\medskip
 \begin{center}
\chemfig{A?[a]-B(-[1]W?[a]-X?[b])(-[7]Y-Z?[b])-C?[b]}\par\bigskip
\chemfig{A?[a]-B(-[1]W?[a,2,red]-X?[b])(-[7]Y-
Z?[b,1,{line width=2pt}])-C?[b,{>},biru]} 
\end{center}

\renewcommand\bcStyleTitre[1]{\large\textcolor{headtitle}{#1}}
\begin{bclogo}[couleur=bgblue, arrondi =0 , logo=\bclampe, barre=none,noborder=true]{}
\begin{verbatim}
\chemfig{A?[a]-B(-[1]W?[a]-X?[b])(-
[7]Y-Z?[b])-C?[b]}\par\bigskip
\chemfig{A?[a]-B(-[1]W?[a,2,red]-X?
[b])(-[7]Y-Z?[b,1,{line width=2pt}])
-C?[b,{>},biru]}
\end{verbatim}
\end{bclogo}

\section{Bentuk Cincin Tidak Sempurna}

\medskip
 \begin{center}
\chemfig{A-[:-72]B-C-[:72]D-[:144]E} 
\end{center}

\renewcommand\bcStyleTitre[1]{\large\textcolor{headtitle}{#1}}
\begin{bclogo}[couleur=bgblue, arrondi =0 , logo=\bclampe, barre=none,noborder=true]{}
\begin{verbatim}
\chemfig{A-[:-72]B-C-[:72]D-[:144]E}
\end{verbatim}
\end{bclogo}

\section{Jarak Ikatan Ganda Berbentuk Cincin}

\medskip
 \begin{center}
\chemfig{A?[a]-[:-72]B-C?[a]?[b]-[:72]D-[:144]E?[a]?[b]}
\end{center}

\renewcommand\bcStyleTitre[1]{\large\textcolor{headtitle}{#1}}
\begin{bclogo}[couleur=bgblue, arrondi =0 , logo=\bclampe, barre=none,noborder=true]{}
\begin{verbatim}
\chemfig{A?[a]-[:-72]B-C?[a]?[b]-
[:72]D-[:144]E?[a]?[b]}
\end{verbatim}
\end{bclogo}

\section{Cincin-5}

\medskip
 \begin{center}
\chemfig{A*5(-B=C-D-E=)}
\end{center}

\renewcommand\bcStyleTitre[1]{\large\textcolor{headtitle}{#1}}
\begin{bclogo}[couleur=bgblue, arrondi =0 , logo=\bclampe, barre=none,noborder=true]{}
\begin{verbatim}
\chemfig{A*5(-B=C-D-E=)}
\end{verbatim}
\end{bclogo}

\section{Cincin-5 dengan Grup Kosong}

\medskip
 \begin{center}
\chemfig{*5(-=--=)}
\end{center}

\renewcommand\bcStyleTitre[1]{\large\textcolor{headtitle}{#1}}
\begin{bclogo}[couleur=bgblue, arrondi =0 , logo=\bclampe, barre=none,noborder=true]{}
\begin{verbatim}
\chemfig{*5(-=--=)}
\end{verbatim}
\end{bclogo}

\section{Cincin-5 Tidak Sempurna}

\medskip
 \begin{center}
\chemfig{*5(-B=C-D)}
\end{center}

\renewcommand\bcStyleTitre[1]{\large\textcolor{headtitle}{#1}}
\begin{bclogo}[couleur=bgblue, arrondi =0 , logo=\bclampe, barre=none,noborder=true]{}
\begin{verbatim}
\chemfig{*5(-B=C-D)}
\end{verbatim}
\end{bclogo}

\section{Cincin-5 Terpotong}

\medskip
 \begin{center}
\chemfig{A*5(-B=C-D-E=F-G=H-I)}
\end{center}

\renewcommand\bcStyleTitre[1]{\large\textcolor{headtitle}{#1}}
\begin{bclogo}[couleur=bgblue, arrondi =0 , logo=\bclampe, barre=none,noborder=true]{}
\begin{verbatim}
\chemfig{A*5(-B=C-D-E=F-G=H-I)}
\end{verbatim}
\end{bclogo}

\section{Cincin dan Busur}

\medskip
 \begin{center}
\chemfig{**6(------)}\quad
\chemfig{**[30,330]5(-----)}\quad
\chemfig{**[0,270,dash pattern=on 2pt off 2pt]4(----)}
\end{center}

\renewcommand\bcStyleTitre[1]{\large\textcolor{headtitle}{#1}}
\begin{bclogo}[couleur=bgblue, arrondi =0 , logo=\bclampe, barre=none,noborder=true]{}
\begin{verbatim}
\chemfig{**6(------)}\quad
\chemfig{**[30,330]5(-----)}\quad
\chemfig{**[0,270,dash pattern=on 
2pt off 2pt]4(----)}
\end{verbatim}
\end{bclogo}

\section{Posisi Sudut pada Cincin}

\medskip
 \begin{center}
\chemfig{A*4(-B-C-D-)}\qquad\chemfig{A*6(------)}
\end{center}

\renewcommand\bcStyleTitre[1]{\large\textcolor{headtitle}{#1}}
\begin{bclogo}[couleur=bgblue, arrondi =0 , logo=\bclampe, barre=none,noborder=true]{}
\begin{verbatim}
\chemfig{A*4(-B-C-D-)}\qquad
\chemfig{A*6(------)}
\end{verbatim}
\end{bclogo}

\section{Pemutaran Cincin}

\medskip
 \begin{center}
\chemfig{A*4(-B-C-D-)}\qquad\chemfig{A*6(------)}
\end{center}

\renewcommand\bcStyleTitre[1]{\large\textcolor{headtitle}{#1}}
\begin{bclogo}[couleur=bgblue, arrondi =0 , logo=\bclampe, barre=none,noborder=true]{}
\begin{verbatim}
\chemfig{[:30]A*6(------)}\qquad
\chemfig{[:-30]A*6(------)}\qquad
\chemfig{[:60]A*6(------)}
\end{verbatim}
\end{bclogo}

\section{Ikatan Berujung pada Cincin}

\medskip
 \begin{center}
\chemfig{A-B*5(-C-D-E-F-)}
\end{center}

\renewcommand\bcStyleTitre[1]{\large\textcolor{headtitle}{#1}}
\begin{bclogo}[couleur=bgblue, arrondi =0 , logo=\bclampe, barre=none,noborder=true]{}
\begin{verbatim}
\chemfig{A-B*5(-C-D-E-F-)}
\end{verbatim}
\end{bclogo}

\section{Beberapa Ikatan Berujung pada Cincin}

\medskip
 \begin{center}
\chemfig{A-[:25]B*4(----)}\vskip5pt
\chemfig{A=[:-30]*6(=-=-=-)}
\end{center}

\renewcommand\bcStyleTitre[1]{\large\textcolor{headtitle}{#1}}
\begin{bclogo}[couleur=bgblue, arrondi =0 , logo=\bclampe, barre=none,noborder=true]{}
\begin{verbatim}
\chemfig{A-[:25]B*4(----)}\vskip5pt
\chemfig{A=[:-30]*6(=-=-=-)}
\end{verbatim}
\end{bclogo}

\section{Percabangan pada Cincin}

\medskip
 \begin{center}
\chemfig{X*6(-=-(-A-B=C)=-=-)}
\end{center}

\renewcommand\bcStyleTitre[1]{\large\textcolor{headtitle}{#1}}
\begin{bclogo}[couleur=bgblue, arrondi =0 , logo=\bclampe, barre=none,noborder=true]{}
\begin{verbatim}
\chemfig{X*6(-=-(-A-B=C)=-=-)}
\end{verbatim}
\end{bclogo}

\section{Cincin dan Percabangan}

\medskip
 \begin{center}
\chemfig{X*6(-=-(-A-B=C)=-=-)}
\end{center}

\renewcommand\bcStyleTitre[1]{\large\textcolor{headtitle}{#1}}
\begin{bclogo}[couleur=bgblue, arrondi =0 , logo=\bclampe, barre=none,noborder=true]{}
\begin{verbatim}
\chemfig{*5((-A=B-C)-(-D-E)-(=)-
(-F)-(-G=)-)}
\end{verbatim}
\end{bclogo}

\begin{thebibliography}{9}
  \bibitem{tellechea} Tellechea, Christian  \href{http://mirrors.ctan.org/macros/generic/chemfig/chemfig_doc_en.pdf}{\emph{Chemfig v1.0h, A \TeX\ package for drawing molecules}}. the \LaTeX\ Project Public License, 2013.
\end{thebibliography}
 
\end{document}



-->

Thursday, February 6, 2014

Katrol (Pulley)

Paket pst-pulley dari Thomas Söll ini berhubungan dengan mata pelajaran Fisika, yaitu untuk menampilkan ilustrasi gaya yang bekerja pada katrol (pulley).

Di bawah ini saya tampilkan contoh pengkodean dan dokumen tentang penggunaan paket pst-pulley. Dokumen tersebut saya susun (compile) dalam TeXLive 2013 dengan menggunakan typeset XeLaTeXPetunjuk penggunaan perintah-perintah dalam pst-pulley dapat Anda unduh di sini.

Ada sedikit kendala pada saat saya mengkompilasi contoh dokumen ini. Hasil PDF-nya menyertakan bintik-bintik merah yang cukup besar di sekitar katrol yang dibuat. Saya ajukan masalah ini di forum, tetapi tanggapan yang diberikan tidak mengarah langsung pada solusi. Meskipun demikian di antara tanggapan tersebut ada yang memberi isyarat tentang apa yang harus saya lakukan. Dengan try and error, alhamdulillah, masalah tersebut teratasi. Ternyata diperlukan pembaruan (update) terhadap beberapa paket dalam TeX Live 2013 yang terpasang di komputer saya. Pembaruan itu yang dilakukan pada Package Manager seperti ditunjukkan oleh gambar berikut ini.


Demikian semoga bermanfaat!

Adjie Gumarang Pujakelana 2014

\listfiles
\documentclass[11pt]{article}
\usepackage[paperheight=11.7in,paperwidth=8.3in,bindingoffset=0in,left=0.8in,right=0.8in,
top=0.7in,bottom=1in,headsep=.5\baselineskip]{geometry}
\usepackage[utf8]{inputenc}
\usepackage[svgnames]{xcolor}
\usepackage{pst-pulley}

\begin{document}
\psset{unit=1cm}

\begin{center}
\Large\bfseries
Penggunaan Paket {\color{blue} pst-pulley}
\end{center}

\section*{Contoh 1}
\begin{center}
\pspulleys[grid,N=1,M=60,h=35]
\end{center}

\section*{Contoh 2}
\begin{center}
\pspulleys[N=2,M=60,h=30]
\end{center}

\section*{Contoh 3}
\begin{center}
\pspulleys[N=3,M=60,h=25]
\end{center}

\section*{Contoh 4}
\begin{center}
\pspulleys[N=4,M=60,h=20]
\end{center}

\section*{Contoh 5}
\begin{center}
\pspulleys[N=5,M=60,h=15]
\end{center}

\section*{Contoh 6}
\begin{center}
\pspulleys[N=6,M=60,h=10]
\end{center}

\end{document}



-->

Xcolor

Salah satu paket pewarnaan yang "kaya warna" adalah xcolor. Terdapat empat macam pilihan dalam penggunaan paket ini, yaitu:

Warna Dasar
\usepackage{xcolor}






dvipsnames
\usepackage[dvipsnames]{xcolor}














svgnames
\usepackage[svgnames]{xcolor}

































x11names
\usepackage[x11names]{xcolor}



































































Secara manual tentu kita dapat mencampurkan dua warna, misalnya:
\color{blue!50!red}
yang berarti 50% biru dan 50% merah, atau menentukan warna tersendiri pada preamble dengan menggunakan model RGB, misalnya:
\definecolor{Goldenrod}{RGB}{0.855,0.648,0.125}

Nah, berikut ini daftar unsur-unsur RGB untuk warna pada svgnames.
                         R         G         B
--------------------------------------------------
AliceBlue                0.94      0.972     1         
AntiqueWhite             0.98      0.92      0.844     
Aqua                     0         1         1         
Aquamarine               0.498     1         0.83      
Azure                    0.94      1         1         
Beige                    0.96      0.96      0.864     
Bisque                   1         0.894     0.77      
Black                    0         0         0         
BlanchedAlmond           1         0.92      0.804     
Blue                     0         0         1         
BlueViolet               0.54      0.17      0.888     
Brown                    0.648     0.165     0.165     
BurlyWood                0.87      0.72      0.53      
CadetBlue                0.372     0.62      0.628     
Chartreuse               0.498     1         0         
Chocolate                0.824     0.41      0.116     
Coral                    1         0.498     0.312     
CornflowerBlue           0.392     0.585     0.93      
Cornsilk                 1         0.972     0.864     
Crimson                  0.864     0.08      0.235     
Cyan                     0         1         1         
DarkBlue                 0         0         0.545     
DarkCyan                 0         0.545     0.545     
DarkGoldenrod            0.72      0.525     0.044     
DarkGray                 0.664     0.664     0.664     
DarkGreen                0         0.392     0         
DarkGrey                 0.664     0.664     0.664     
DarkKhaki                0.74      0.716     0.42      
DarkMagenta              0.545     0         0.545     
DarkOliveGreen           0.332     0.42      0.185     
DarkOrange               1         0.55      0         
DarkOrchid               0.6       0.196     0.8       
DarkRed                  0.545     0         0         
DarkSalmon               0.912     0.59      0.48      
DarkSeaGreen             0.56      0.736     0.56      
DarkSlateBlue            0.284     0.24      0.545     
DarkSlateGray            0.185     0.31      0.31      
DarkSlateGrey            0.185     0.31      0.31      
DarkTurquoise            0         0.808     0.82      
DarkViolet               0.58      0         0.828     
DeepPink                 1         0.08      0.576     
DeepSkyBlue              0         0.75      1         
DimGray                  0.41      0.41      0.41      
DimGrey                  0.41      0.41      0.41      
DodgerBlue               0.116     0.565     1         
FireBrick                0.698     0.132     0.132     
FloralWhite              1         0.98      0.94      
ForestGreen              0.132     0.545     0.132     
Fuchsia                  1         0         1         
Gainsboro                0.864     0.864     0.864     
GhostWhite               0.972     0.972     1         
Gold                     1         0.844     0         
Goldenrod                0.855     0.648     0.125     
Gray                     0.5       0.5       0.5       
Green                    0         0.5       0         
GreenYellow              0.68      1         0.185     
Grey                     0.5       0.5       0.5       
Honeydew                 0.94      1         0.94      
HotPink                  1         0.41      0.705     
IndianRed                0.804     0.36      0.36      
Indigo                   0.294     0         0.51      
Ivory                    1         1         0.94      
Khaki                    0.94      0.9       0.55      
Lavender                 0.9       0.9       0.98      
LavenderBlush            1         0.94      0.96      
LawnGreen                0.488     0.99      0         
LemonChiffon             1         0.98      0.804     
LightBlue                0.68      0.848     0.9       
LightCoral               0.94      0.5       0.5       
LightCyan                0.88      1         1         
LightGoldenrod           0.933     0.867     0.51      
LightGoldenrodYellow     0.98      0.98      0.824     
LightGray                0.828     0.828     0.828     
LightGreen               0.565     0.932     0.565     
LightGrey                0.828     0.828     0.828     
LightPink                1         0.712     0.756     
LightSalmon              1         0.628     0.48      
LightSeaGreen            0.125     0.698     0.668     
LightSkyBlue             0.53      0.808     0.98      
LightSlateBlue           0.518     0.44      1         
LightSlateGray           0.468     0.532     0.6       
LightSlateGrey           0.468     0.532     0.6       
LightSteelBlue           0.69      0.77      0.87      
LightYellow              1         1         0.88      
Lime                     0         1         0         
LimeGreen                0.196     0.804     0.196     
Linen                    0.98      0.94      0.9       
Magenta                  1         0         1         
Maroon                   0.5       0         0         
MediumAquamarine         0.4       0.804     0.668     
MediumBlue               0         0         0.804     
MediumOrchid             0.73      0.332     0.828     
MediumPurple             0.576     0.44      0.86      
MediumSeaGreen           0.235     0.7       0.444     
MediumSlateBlue          0.484     0.408     0.932     
MediumSpringGreen        0         0.98      0.604     
MediumTurquoise          0.284     0.82      0.8       
MediumVioletRed          0.78      0.084     0.52      
MidnightBlue             0.098     0.098     0.44      
MintCream                0.96      1         0.98      
MistyRose                1         0.894     0.884     
Moccasin                 1         0.894     0.71      
NavajoWhite              1         0.87      0.68      
Navy                     0         0         0.5       
NavyBlue                 0         0         0.5       
OldLace                  0.992     0.96      0.9       
Olive                    0.5       0.5       0         
OliveDrab                0.42      0.556     0.136     
Orange                   1         0.648     0         
OrangeRed                1         0.27      0         
Orchid                   0.855     0.44      0.84      
PaleGoldenrod            0.932     0.91      0.668     
PaleGreen                0.596     0.985     0.596     
PaleTurquoise            0.688     0.932     0.932     
PaleVioletRed            0.86      0.44      0.576     
PapayaWhip               1         0.936     0.835     
PeachPuff                1         0.855     0.725     
Peru                     0.804     0.52      0.248     
Pink                     1         0.752     0.796     
Plum                     0.868     0.628     0.868     
PowderBlue               0.69      0.88      0.9       
Purple                   0.5       0         0.5       
Red                      1         0         0         
RosyBrown                0.736     0.56      0.56      
RoyalBlue                0.255     0.41      0.884     
SaddleBrown              0.545     0.27      0.075     
Salmon                   0.98      0.5       0.448     
SandyBrown               0.956     0.644     0.376     
SeaGreen                 0.18      0.545     0.34      
Seashell                 1         0.96      0.932     
Sienna                   0.628     0.32      0.176     
Silver                   0.752     0.752     0.752     
SkyBlue                  0.53      0.808     0.92      
SlateBlue                0.415     0.352     0.804     
SlateGray                0.44      0.5       0.565     
SlateGrey                0.44      0.5       0.565     
Snow                     1         0.98      0.98      
SpringGreen              0         1         0.498     
SteelBlue                0.275     0.51      0.705     
Tan                      0.824     0.705     0.55      
Teal                     0         0.5       0.5       
Thistle                  0.848     0.75      0.848     
Tomato                   1         0.39      0.28      
Turquoise                0.25      0.88      0.815     
Violet                   0.932     0.51      0.932     
VioletRed                0.816     0.125     0.565     
Wheat                    0.96      0.87      0.7       
White                    1         1         1         
WhiteSmoke               0.96      0.96      0.96      
Yellow                   1         1         0         
YellowGreen              0.604     0.804     0.196     

Demikian semoga bermanfaat!

Adjie Gumarang Pujakelana 2014



-->
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...