Friday, January 31, 2014

Titimangsa

Salah satu bentuk penanda waktu (penjadwalan) yang cukup bermanfaat adalah titimangsa (timeline). 
Di bawah ini ditunjukkan satu contoh pengkodean dan hasil timeline yang dibuat dengan menggunakan $\small\LaTeX$. 

Dokumen tersebut ditulis dengan menggunakan $\small\LaTeX$ melalui writeLaTeX
Demikian semoga bermanfaat. 

Adjie Gumarang Pujakelana 2014




\documentclass[a4,11pt]{scrartcl} \title{Timeline 2014} \usepackage{graphicx} \usepackage{colortbl} \usepackage{tikz} \usepackage[a4paper,margin=2cm]{geometry} \usepackage[math]{anttor} \usepackage[T1]{fontenc} \usepackage[utf8]{inputenc} \definecolor{RoyalBlue}{cmyk}{1, 0.50, 0, 0} \definecolor{wine-stain}{rgb}{0.5,0,0} \definecolor{Teal}{RGB}{0 128 128} \definecolor{biru}{cmyk}{1,.60,0,.40} \definecolor{anu}{RGB}{90,27,49} \definecolor{myblue}{RGB}{40,96,139} \makeatletter \newcommand\ratio[2]{\strip@pt\dimexpr#1pt/#2\relax} \newcolumntype{A}[2] { >{\begin{minipage}[t]{#2\linewidth-2\tabcolsep-#1\arrayrulewidth}% \vspace{\tabcolsep}}% c% <{\vspace{\tabcolsep}\end{minipage}}% } \arrayrulecolor{wine-stain!60!myblue} \makeatother \usepackage{ragged2e} \usepackage{fourier} \usetikzlibrary{chains,shapes.arrows,fit} \definecolor{arrowcolor}{RGB}{201,216,232}% color for the arrow filling \definecolor{circlecolor}{RGB}{79,129,189}% color for the inner circles filling \colorlet{textcolor}{white}% color for the text inside the circles \colorlet{bordercolor}{white}% color for the outer border of circles \pgfdeclarelayer{background} \pgfsetlayers{background,main} \newcounter{task} \newlength\taskwidth% width of the box for the task description \newlength\taskvsep% vertical distance between the task description and arrow \setlength\taskwidth{2.5cm} \setlength\taskvsep{17pt} \def\taskpos{} \def\taskanchor{} \newcommand\task[1]{% {\parbox[t]{\taskwidth}{\it\small\color{white!25!black}\Centering#1}}} \tikzset{ inner/.style={ on chain, circle, inner sep=4pt, fill=circlecolor, line width=1.5pt, draw=bordercolor, text width=1.2em, align=center, text height=1.25ex, text depth=0ex }, on grid } \newcommand\Task[2][]{% \node[inner xsep=0pt] (c1) {\phantom{A}}; \stepcounter{task} \ifodd\thetask\relax \renewcommand\taskpos{\taskvsep}\renewcommand\taskanchor{south} \else \renewcommand\taskpos{-\taskvsep}\renewcommand\taskanchor{north} \fi \node[inner,font=\sf\footnotesize\color{textcolor}] (c\the\numexpr\value{task}+1\relax) {#1}; \node[anchor=\taskanchor,yshift=\taskpos] at (c\the\numexpr\value{task}+1\relax) {\task{#2}}; } \newcommand\drawarrow{% the arrow is placed in the background layer % after the node for the tasks have been placed \ifnum\thetask=0\relax \node[on chain] (c1) {}; % if no \Task command is used, the arrow will be drawn \fi \node[on chain] (f) {}; \begin{pgfonlayer}{background} \node[ inner sep=10pt, single arrow, single arrow head extend=0.8cm, draw=none, fill=arrowcolor, fit= (c1) (f) ] (arrow) {}; \fill[white] % the decoration at the tail of the arrow (arrow.before tail) -- (c1|-arrow.west) -- (arrow.after tail) -- cycle; \end{pgfonlayer} } \newenvironment{timeline}[1][node distance=.65\taskwidth] {\par\noindent\begin{tikzpicture}[start chain,#1]} {\drawarrow\end{tikzpicture}\par} \begin{document} { \centering\color{biru} \renewcommand{\arraystretch}{2} \begin{tabular}{ |>{\centering\arraybackslash}m{2.2cm}|% >{\centering\arraybackslash}m{11.25cm}|% >{\centering\arraybackslash}m{2.2cm}|% } \hline \vspace{0.25cm} \includegraphics[height=1.7cm,width=0.125\textwidth]{twh} & Departemen Pendidikan Nasional \linebreak Kabupaten Sumbawa \linebreak {\large \bfseries SMK Negeri 2 Sumbawa Besar} \linebreak Jalan Lingkar Selatan KM 4 Sumbawa Besar & \vspace{0.25cm} \includegraphics[height=1.8cm,width=0.135\textwidth]{smk}\\ \hline \end{tabular} } \vspace{15pt} \noindent \begin{center} \LARGE\bfseries\color{anu}{Titimangsa (\emph{Timeline}) } \end{center} \vspace{20pt} \begin{timeline} \Task{Pengayaan\\ 6 -- 18 Jan 2014} \Task{Tryout I \\ 21 -- 22 Jan 2014} \Task{Pengayaan\\ 27 -- 30 Jan 2014 \\ 1 -- 8 Feb 2014} \Task{Tryout II \\ 25 -- 26 Feb 2014} \Task{Uji Kompetensi Keahlian \\ 3 -- 6 Mar 2014} \Task{Ulangan Tengah Semester \\ 17 -- 22 Mar 2014} \Task{Ujian Sekolah \\ 1 -- 4 Apr 2014} \Task{Ujian Nasional \\ 14 -- 17 Apr 2014} \Task{Ulangan Akhir Semester \\ 9 -- 14 Jun 2014} \end{timeline} \end{document}



-->

Wednesday, January 22, 2014

Skak

Mari kita bahas kembali tentang penulisan naskah catur. Kita mulai dengan penggunaan paket skak. Paket ini merupakan paket $\small\LaTeX$ untuk catur yang paling sederhana. Ada 5 hal pokok dalam penulisan permainan catur dengan menggunakan paket skak, yaitu:
\usepackage{skak} % pada preamble
\newgame % untuk memulai penulisan sebuah game
\mainline % untuk menuliskan langkah teks
\variation % untuk menuliskan variasi yang mungkin dapat dipilih, dalam anotasi (komentar)
\showboard % untuk menampilkan diagram dari langkah teks
Sebagai contoh:
\documentclass{article}
\usepackage{skak}   

\begin{document}

\newgame
\noindent
\mainline{1.e4 e5 2. Nf3 Nc6 3.Bb5 a6}\\
\variation{3...Nf6}\\

\showboard

\end{document}
Untuk tampilan notasi langkah, tersedia 3 macam pilihan, yaitu \styleA, \styleB, dan \styleC. Secara bawaan (default), paket skak menggunakan \styleB. Hasil dari \styleA dan \styleC tampak sebagai berikut.
Bila Anda menginginkan tampilan \styleC, tuliskan perintah "\styleC" sebelum perintah "\newgame".

Setelah memilih style yang disukai, kita juga dapat memilih penulisan notasi panjang dengan menuliskan perintah "\longmovessetelah perintah "\newgame". Dalam styleC hasilnya seperti ini:
Bila diperlukan, kita juga dapat membalik posisi buah di atas papan dengan menggunakan perintah "\showinverseboard", demikian sehingga tampil buah Hitam di bawah seperti ini:
Berikutnya, bagaimana menunjukkan diagram yang berasal dari Forsyth-Edwards Notation (FEN)? Untuk keperluan ini kita gunakan perintah "\fenboard". 

Pada contoh berikut ini saya menuliskan diagram dari suatu FEN dengan menunjukkan langkah teks dari langkah ke-53 oleh Hitam. Perhatikan bahwa untuk maksud tersebut saya mengubah "bagian ujung" FEN dengan mengganti kode semula menjadi "b - - 1 53". 
\documentclass{article}
\usepackage{skak}   

\begin{document}
\newgame
\fenboard{8/6k1/2B1b2p/1P4p1/8/3p4/6R1/4q1K1 b - - 1 53}
\mbox{}
\bigskip
\showboard

\noindent
\mainline{53... d3 54.Rg2 Qd4+ 55.Qf2 Be3 56.Rxe3 Rxe3 57.Bc6 Qa1+ 58.Qf1 Re1 59.Qxe1 Qxe1+}

\end{document}
Beginilah hasilnya:
Demikianlah hal-hal pokok yang perlu diketahui tentang penggunaan paket skak dalam penulisan naskah catur dengan menggunakan $\small\LaTeX$. Uraian yang lebih lengkap tentang ini dapat Anda pelajari dari dokumen paket skak yang dapat Anda unduh di sini.

Dokumen di atas ditulis dengan menggunakan $\small\LaTeX$ melalui ShareLaTeX.
Demikian semoga bermanfaat!

Adjie Gumarang Pujakelana 2014

-->

Tuesday, January 21, 2014

Menulis Naskah Catur dengan $\LaTeX$

Bagaimana cara membuat naskah catur dengan $\small\LaTeX$?
Pada tulisan ini saya sampaikan pengenalan secara umum tentang hal-hal dasar yang diperlukan dalam penulisannya.

Pertama, paket untuk naskah catur. Untuk ini kita dapat memilih satu dari beberapa paket $\small\LaTeX$ untuk catur yang tersedia di situs Comprehensive TeX Archive Network(CTAN), yaitu:
o   skak
o   xskak
o   skaknew
o   chessfss
o   texmate
Masing-masing paket tersebut tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangannya. Anda dapat mengujinya dengan menggunakannya masing-masing dalam tulisan.

Kedua, dokumentasi paket. Pelajari dengan sabar dan teliti petunjuk penggunaan dari paket yang Anda gunakan agar memperlancar dalam penulisan. Tiap paket menyertakan dokumennya.

Ketiga, struktur dokumen $\small\LaTeX$. Pertimbangkan segala hal yang mendukung tampilan hasil naskah catur yang menarik, misalnya header, environment, pewarnaan, dll.

Berikut ini naskah-naskah catur yang saya tulis dan telah diterbitkan di Referensi Catur.


Untuk menunjukkan teknis penulisannya, berikut ini saya sertakan pengkodean pada naskah yang terakhir saya tulis beserta hasilnya dalam bentuk PDF. Dalam tulisan ini saya gunakan paket xskak.

\documentclass{scrartcl}
\title{Lawan Tanding}
\usepackage[lmargin=3cm,tmargin=1cm]{geometry}
\usepackage[utf8]{inputenc}
\usepackage{tgcursor}
\renewcommand*\familydefault{\ttdefault} %% Only if the base font of the document is to be typewriter style
\usepackage[T1]{fontenc}
\usepackage{niceframe}
\usepackage[svgnames]{xcolor}
\usepackage{xskak}
\usepackage{multicol}

\begin{document}
\normalfont

\pagecolor{yellow!20}
\color{DarkSlateGray}
\begin{center}
\vfill 
\large \fontsize{12}{12}\selectfont
\artdecoframe{
\begin{center}
    \textbf{Tigran2001 (1997) -- Pujakelana (1917)} \\
    \textit{Crucial Challenge, chess.com} \\
    \textit{14 Januari 2014} \\
    C00--Pertahanan Prancis--Variasi Kuda
\end{center}
}
\vfill 
\end{center}
\color{DarkSlateGray}
\begin{center}
\curlyframe{\flushleft
\begin{multicols}{2} 
\newchessgame[result=0--1]
\xskakset{style=styleC}
\mainline{1. e4 e6?!}
Mungkin lebih baik {\variation[invar]{1... d5 2. e5 c5 3. d4 Nc6 4. dxc5 e6 5. Bb5 Bxc5}}
(\variation[invar]{1... e6 2. Nc3 Nc6 3. d4 d5 4. exd5 exd5 5. Bb5})
\variation[outvar]{}
\mainline{2.Nf3 b6?!}
Mungkin lebih baik {\variation[invar]{2... d5 3. e5 Nc6 4. d4 Nge7 5. Nc3 Bd7 6. Bg5}}
(\variation[invar]{2... b6 3. d4 d5 4. Nc3 dxe4 5. Nxe4 Nf6 6. Bd3 Nxe4 7. Bxe4})
\variation[outvar]{}
\mainline{3. Nc3 Bb7 4. Bb5 a6 5. Be2 d6 6. d4 Nd7 7. O-O h6?!}
Mungkin lebih baik {\variation[invar]{7... Ngf6 8. d5 Be7 9. dxe6 fxe6 10. Ng5 Nc5 11. Bc4}}
(\variation[invar]{7... h6 8. Qd3 Ngf6 9. Bd2 c5 10. d5 b5 11. Rad1})
\variation[outvar]{}
\mainline{8. Re1 c5 9. h3 Qc7 10. Bf4?}
\[ \showboard \]
Sebuah kesalahan, lebih baik\\ {\variation[invar]{10. d5 b5 11. Bf4 b4 12. Na4 Ngf6 13. Bc4 g5}}
(\variation[invar]{10. Bf4 cxd4 11. Qxd4 e5 12. Nd5 Qc6 13. Nxe5 dxe5 14. Bxe5})
\variation[outvar]{}
\mainline{10... cxd4 11. Nxd4 e5?!}
Hitam melenceng dari posisi yang lebih baik, seharusnya bermain 
{\variation[invar]{11... Ngf6 12. Bd2 e5 13. Nf5 Nxe4 14. Bh5 Nef6 15. Bf3}}
(\variation[invar]{11... e5 12. Nd5 Bxd5 13. exd5 exf4 14. Bxa6+ Ne7 15. Bb5})
\variation[outvar]{}
\noindent
\mainline{12. Ne6??}
\end{multicols}
}
\end{center}

\begin{center}
\curlyframe{\flushleft
\begin{multicols}{2}
\xskakset{style=styleC}
\[ \showboard \]
Kali ini langkah Putih blunder, langlah terbaik adalah
{\variation[invar]{12. Nd5 Qb8 13. Bg3 exd4 14. Qxd4 Ngf6 15. Bf3 b5}}
(\variation[invar]{12. Ne6 fxe6 13. Bh5+ Kd8 14. Be3 Ngf6 15. Bg6 Be7 16. f3})
\variation[outvar]{}
\mainline{12... fxe6 13. Bh5+ Ke7 14. Bg3 g5?}
\[ \showboard \]
Sebuah kesalahan, jauh lebih baik 
{\variation[invar]{14... Ngf6 15. Bg6 Kd8 16. f3 Rc8 17. Bf2 Be7 18. a3}}
(\variation[invar]{14... g5 15. Bg6 Kd8 16. Bf7 Qc4 17. Qg4 Ngf6 18. Qxe6 Qxe6 19. Bxe6})
\variation[outvar]{}
\mainline{15. Qf3 Ngf6 16. h4??}
\[ \showboard \]
Kembali, langkah blunder Hitam, langkah terbaik adalah 
{\variation[invar]{16. Rad1 Kd8 17. Bxe5 Be7 18. Rxd6 Nxh5 19. Rxd7+ Qxd7 20. Bxh8}}
(\variation[invar]{16. h4 Kd8 17. Rad1 Be7 18. a3 Nxh5 19. Qxh5 Nf6})
\variation[outvar]{}
\mainline{16... Bg7?!}
Lebih baik {\variation[invar]{16... Kd8 17. Rad1 Be7 18. Bg4 Nxg4 19. Qxg4 Qc4 20. Qh5}}
(16... Bg7 17. hxg5 hxg5 18. Bg4 Nxg4 19. Qxg4 Kf8 20. Qxe6)
\variation[outvar]{}
\mainline{17. Qe2 Nxh5 18. Qxh5 Nf6 19. Qg6 Rag8 20. hxg5 hxg5 21. Nd5+??}
Blunder, langkah terbaik adalah {\variation[invar]{21. Bxe5 dxe5 22. Rad1 Kf8 23. Qxg5 Kf7 24. Re3 Bh6}}
(\variation[invar]{21. Nd5+ exd5 22. exd5 Bxd5 23. Qxg5 Kf8 24. Rad1 Qc5})
\variation[outvar]{}
\end{multicols}
}
\end{center}

\begin{center}
\curlyframe{\flushleft
\begin{multicols}{2}
\xskakset{style=styleC}
\[ \showboard \]
\mainline{21... exd5 22. exd5 Bxd5?}
Sebuah kesalahan Hitam, jauh lebih baik
{\variation[invar]{22... Kd8 23. Rad1 Bxd5 24. c3 Qc5 25. Bxe5 dxe5 26. Rxe5}}
(\variation[invar]{22... Bxd5 23. Rad1 Kf8 24. Qf5 Qc5 25. Rxd5 Qxd5 26. Qc8+ Ne8 27. Qxa6})
\variation[outvar]{}
\mainline{23. Qxg5?}
Salah, lebih baik {\variation[invar]{23. Re3 Qd7 24. Rd1 Kf8 25. Qxg5 Bxg2 26. Kxg2 Rh5}}
(\variation[invar]{23. Qxg5 Bf8 24. Qd2 Qc6 25. Red1 Rg4 26. Qd3 Bxg2 27. Qxd6+ Qxd6})
\variation[outvar]{}
\mainline{23... Rh5 24. Qd2??}
Blunder, langkah terbaik adalah 
{\variation[invar]{24. Qg6 Kd8 25. c4 Rgh8 26. Qxh5 Rxh5 27. cxd5 Nxd5}} 
(\variation[invar]{24. Qd2 Rgh8 25. f3 Qc5+ 26. Qe3 Qxe3+ 27. Rxe3 Rh1+})
\variation[outvar]{}
\[ \showboard \]
\mainline{24... Rgh8 25. f3 Qc5+?}
Salah, jauh lebih baik {\variation[invar]{25... Ng4 26. Bh4+ Rxh4 27. fxg4 Qc5+ 28. Qe3 Qxe3+ 29. Rxe3 Rh1+ 30. Kf2}}
(\variation[invar]{25... Qc5+ 26. Qe3 Qxe3+ 27. Rxe3 Rh1+ 28. Kf2 Rxa1 29. Rc3 Rxa2 30. Rc7+})
\variation[outvar]{}
\mainline{26. Kf1??}
Blunder, langkah terbaik adalah {\variation[invar]{26. Qe3 Qxe3+ 27. Rxe3 Rh1+ 28. Kf2 Rxa1 29. Rc3 Rxa2}}
(26. Kf1 Bc4+ 27. Qd3 Bxd3+ 28. cxd3 Rh1+ 29. Ke2 Qc2+ 30. Ke3 Bh6+ 31. f4 Ng4+ 32. Ke4 Rxe1+ 33. Bxe1 Nf6+ 34. Kf3)
\variation[outvar]{}
\mainline{26... Bc4+}
{\bfseries\xskakgetgame{result}}\\
Putih menyerah. 

\end{multicols}
}
\end{center}

\end{document}



Dokumen di atas ditulis dengan menggunakan $\small\LaTeX$ melalui writeLaTeX.
Demikian semoga bermanfaat!

Adjie Gumarang Pujakelana 2014

-->

Saturday, January 18, 2014

Kalender 2014

Mumpung masih hangat rasa di awal tahun, tulisan kali ini tentang pembuatan kalender. Tentu sangat beragam bentuk kalender yang dapat dibuat dan kalender yang saya dapat di forum ini salah satunya.
Saya reka-ulang seperlunya paket mcal yang ditulis dalam bahasa Portugis agar menjadi berbahasa Indonesia. Untuk ini saya berterimakasih kepada Manuel, rekan di forum.

Berikut ini paket mcal yang digunakan.

\RequirePackage{tikz}
\usetikzlibrary{calc,calendar}
\RequirePackage{xcolor}

\def\estilodetexto{\sffamily\bfseries\LARGE}

\pgfmathtruncatemacro{\Year}{2013}%
\pgfmathtruncatemacro{\monthcounter}{12}% Diciembre
\pgfmathtruncatemacro{\oldYear}{\Year}%
\pgfmathtruncatemacro{\newYear}{\Year}%
\def\colorfestivos{red}
\def\maincolor{white}
\def\subcolor{white}

\def\remaincolor#1{%
\let\maincolor\relax%
\def\maincolor{#1}%
}

\def\resubcolor#1{%
\let\subcolor\relax%
\def\subcolor{#1}%
}

\def\colordelosfestivos#1{%
\let\colorfestivos\relax%
\def\colorfestivos{#1}%
}

\def\thisyear#1{%
\let\Year\relax%
\pgfmathtruncatemacro{\Year}{#1}%
}

\RequirePackage{etoolbox}
\RequirePackage{mathabx}

\newcommand*{\listadefestivos}[1]{%
    \def\festivos{}%
    \foreach \f in {#1} {%
        \xappto\festivos{if (day of month = \f) [\colorfestivos]}}%
}

\newcount\mooncounter
\def\moonreset{\global\mooncounter=-1\relax}
\moonreset

\def\moon{%
    \global\advance\mooncounter by 1\relax%
    \ifcase\mooncounter $\newmoon$%
        \or $\rightmoon$%
        \or $\fullmoon$%
        \or $\leftmoon$\global\mooncounter=-1\relax%
    \fi%
}

\newcommand*{\listadelunas}[1]{%
    \def\lunas{}%
    \foreach \l in {#1} {%
        \xappto\lunas{if (day of month = \l) [day text=\noexpand\moon\%d-]}
    }%
}

\makeatletter%
\tikzoption{day headings}{\tikzstyle{day heading}=[#1]}
\tikzstyle{day heading}=[]
\tikzstyle{day letter headings}=[
    execute before day scope={ \ifdate{day of month=1}{%
        \pgfmathsetlength{\pgf@ya}{\tikz@lib@cal@yshift}%
        \pgfmathsetlength\pgf@xa{\tikz@lib@cal@xshift}%
        \pgftransformyshift{-\pgf@ya}
        \foreach \d/\l in {0/S,1/S,2/R,3/K,4/J,5/S,6/M}{
            \pgf@xa=\d\pgf@xa%
            \pgftransformxshift{\pgf@xa}%
            \pgftransformyshift{\pgf@ya}%
            \node[every day,day heading]{\estilodetexto\Large\l};%
            } 
        }{}%
    }%
]
\makeatother

\pagestyle{empty}

\def\Month{%
\ifnum\monthcounter=1%
   Januari\else
    \ifnum\monthcounter=2% 
        Februari\else
        \ifnum\monthcounter=3% 
            Maret\else
            \ifnum\monthcounter=4% 
                April\else
                \ifnum\monthcounter=5% 
                    Mei\else
                    \ifnum\monthcounter=6% 
                        Juni\else
                        \ifnum\monthcounter=7% 
                            Juli\else
                            \ifnum\monthcounter=8% 
                                Agustus\else
                                \ifnum\monthcounter=9% 
                                    September\else
                                    \ifnum\monthcounter=10% 
                                        Oktober\else
                                        \ifnum\monthcounter=11% 
                                            November\else
                                            \ifnum\monthcounter=12% 
                                                Desember%
                                            \fi%
                                        \fi%
                                    \fi%
                                \fi%
                            \fi%
                        \fi%
                    \fi%
                \fi%
            \fi%
        \fi%
    \fi%
\fi%
}

\def\findemes{\ifnum\monthcounter=12%
    \pgfmathtruncatemacro{\monthcounter}{1} \else%
        \pgfmathtruncatemacro{\monthcounter}{\monthcounter+1}%
\fi%
}

\def\nuevapagina{\findemes%
%\newpage%
}

\newcommand\mes[2][]{
\begin{tikzpicture}%
% Cuadrícula
        \draw[fill opacity=1,fill=\maincolor] (0,20) rectangle (28,16);%
        \draw[fill opacity=1,fill=\subcolor] (0,15) rectangle (28,16);%
        \draw[xstep=4cm, ystep=2.5cm] (0,0) grid (28,15);%
        \draw[xstep=4cm, ystep=1cm] (0,15) grid (28,16);%
        \draw (0,20) rectangle (28,16);%
        \foreach \dia/\posicion in {Senin/2,Selasa/6,Rabu/10,Kamis/14,Jumat/18,Sabtu/22,Minggu/26}{%
        \node (\dia) at (\posicion,15.5) {\dia};%
        }%
% Calendario mes anterior       
        \node (titulocalanterior) at (2.75,19.5) {\Month};%
        \calendar (calanterior) [dates=\Year-12-01 to \Year-12-last,%
            day xshift=1em,%
            day yshift = 1em-1ex,%
            day text=\normalsize \%d-,%
            week list,%
            day letter headings] at (1.2,18.7);%

        \findemes%
% CALENDARIO PRINCIPAL
        \listadelunas{#1}%
        \listadefestivos{#2}%
        \calendar[dates=\Year-\monthcounter-1 to \Year-\monthcounter-last,%
            week list,%
            day xshift = 4cm,%
            day yshift = 2.5cm,%
            if = {(Sunday) [\colorfestivos]},%
            ] at (4,14.3) \festivos \lunas;%

        \node[scale=2] (Mtitle) at (14,18) {\Huge \Month{} \Year};%

        \findemes%
% Calendario mes siguiente
        \node (titulocalsiguiente) at (25.05,19.5) {\Month};%
        \calendar (calsiguiente) [dates=\Year-\monthcounter-1 to \Year-\monthcounter-last,%
            day xshift=1em,%
            day yshift = 1em-1ex,%
            day text=\normalsize \%d-,%
            week list,%
            day letter headings] at (23.5,18.7);%
\end{tikzpicture}
\nuevapagina
}

\newcommand\januari[2][]{
\begin{tikzpicture}%
% Cuadrícula
        \draw[fill opacity=1,fill=\maincolor] (0,20) rectangle (28,16);%
        \draw[fill opacity=1,fill=\subcolor] (0,15) rectangle (28,16);%
        \draw[xstep=4cm, ystep=2.5cm] (0,0) grid (28,15);%
        \draw[xstep=4cm, ystep=1cm] (0,15) grid (28,16);%
        \draw (0,20) rectangle (28,16);%
        \foreach \dia/\posicion in {Senin/2,Selasa/6,Rabu/10,Kamis/14,Jumat/18,Sabtu/22,Minggu/26}{%
        \node (\dia) at (\posicion,15.5) {\dia};%
        }%
% Calendario mes anterior       
        \node (titulocalanterior) at (2.75,19.5) {\Month};%
        \calendar (calanterior) [dates=\oldYear-12-01 to \oldYear-12-last,%
            day xshift=1em,%
            day yshift = 1em-1ex,%
            day text=\normalsize \%d-,%
            week list,%
            day letter headings] at (1.2,18.7);%

        \findemes%
% CALENDARIO PRINCIPAL
        \listadelunas{#1}%
        \listadefestivos{#2}%
        \calendar[dates=\Year-\monthcounter-1 to \Year-\monthcounter-last,%
            week list,%
            day xshift = 4cm,%
            day yshift = 2.5cm,%
            if = {(Sunday) [\colorfestivos]},%
            ] at (4,14.3) \festivos \lunas;%

        \node[scale=2] (Mtitle) at (14,18) {\Huge \Month{} \Year};%

        \findemes%
% Calendario mes siguiente
        \node (titulocalsiguiente) at (25.05,19.5) {\Month};%
        \calendar (calsiguiente) [dates=\Year-\monthcounter-1 to \Year-\monthcounter-last,%
            day xshift=1em,%
            day yshift = 1em-1ex,%
            day text=\normalsize \%d-,%
            week list,%
            day letter headings] at (23.5,18.7);%
\end{tikzpicture}
\nuevapagina
}

\let\februari\mes%
\let\maret\mes%
\let\april\mes%
\let\mei\mes%
\let\juni\mes%
\let\juli\mes%
\let\agustus\mes%
\let\september\mes%
\let\oktober\mes%
\let\november\mes%

\newcommand\desember[2][]{
\begin{tikzpicture}%
% Cuadrícula
        \draw[fill opacity=1,fill=\maincolor] (0,20) rectangle (28,16);%
        \draw[fill opacity=1,fill=\subcolor] (0,15) rectangle (28,16);%
        \draw[xstep=4cm, ystep=2.5cm] (0,0) grid (28,15);%
        \draw[xstep=4cm, ystep=1cm] (0,15) grid (28,16);%
        \draw (0,20) rectangle (28,16);%
        \foreach \dia/\posicion in {Senin/2,Selasa/6,Rabu/10,Kamis/14,Jumat/18,Sabtu/22,Minggu/26}{%
        \node (\dia) at (\posicion,15.5) {\dia};%
        }%
% Calendario mes anterior       
        \node (titulocalanterior) at (2.75,19.5) {\Month};%
        \calendar (calanterior) [dates=\Year-12-01 to \Year-12-last,%
            day xshift=1em,%
            day yshift = 1em-1ex,%
            day text=\normalsize \%d-,%
            week list,%
            day letter headings] at (1.2,18.7);%

        \findemes%
% CALENDARIO PRINCIPAL
        \listadelunas{#1}%
        \listadefestivos{#2}%
        \calendar[dates=\Year-\monthcounter-1 to \Year-\monthcounter-last,%
            week list,%
            day xshift = 4cm,%
            day yshift = 2.5cm,%
            if = {(Sunday) [\colorfestivos]},%
            ] at (4,14.3) \festivos \lunas;%

        \node[scale=2] (Mtitle) at (14,18) {\Huge \Month{} \Year};%

        \findemes%
% Calendario mes siguiente
        \node (titulocalsiguiente) at (25.05,19.5) {\Month};%
        \calendar (calsiguiente) [dates=\newYear-\monthcounter-1 to \newYear-\monthcounter-last,%
            day xshift=1em,%
            day yshift = 1em-1ex,%
            day text=\normalsize \%d-,%
            week list,%
            day letter headings] at (23.5,18.7);%
\end{tikzpicture}
\nuevapagina
}

Kemudian berikut ini struktur dokumennya. 
\documentclass[border=4.9mm, bahasa, multi={tikzpicture}]{standalone}
\title{2014}
\usepackage[utf8]{inputenc}
\usepackage{lmodern}
\usepackage[T1]{fontenc}

\usepackage{mcal}

\begin{document}

\estilodetexto% pengaturan \sffamily, \bfseries…
\thisyear{2014}% Tahun untuk kalender yang dibuat.
\colordelosfestivos{red}% warna hari libur.
\remaincolor{white}% warna di bawah sisi atas persegi panjang (yang memuat nama bulan, bulan sebelumnya dan bulan berikutnya)
\resubcolor{white}% warna di bawah nama hari
\mooncounter=2% pengaturan bulan (0,1,2,3)
\januari{1,14,31}
\februari{}
\maret{31}
\april{18}
\mei{1,15,27,29}
\juni{}
\juli{28,29,30,31}
\agustus{1,17}
\september{}
\oktober{5,25}
\november{}
\desember{25,26}

\end{document}


Kalender yang dihasilkan seperti ini:




Adapun penandaan (dengan warna merah) hari libur nasional dan cuti bersama tahun 2014 berpedoman kepada Keputusan Bersama dari tiga kementerian berikut ini.



Dokumen di atas ditulis dengan menggunakan $\small\LaTeX$ melalui writeLaTeX.
Demikian semoga bermanfaat!

Adjie Gumarang Pujakelana 2014

-->

Friday, January 10, 2014

Pembimbingan Belajar Akhir: Limit Fungsi Aljabar

Memasuki semester genap, waktu serasa menyesakkan oleh karena banyak kegiatan yang khas ditujukan kepada para calon peserta ujian nasional, misalnya "pengayaan" dan tryout.
Beberapa waktu untuk kegiatan pembelajaran menjadi "tidak efektif" oleh adanya kegiatan-kegiatan tersebut.
Kesibukan para guru, terutama yang mengampu mata pelajaran yang diujikan pada ujian nasional, semakin bertambah. Di antaranya, menyiapkan materi "pengayaan", menyiapkan soal-soal, membuat kisi-kisi pengujian, membuat naskah soal, membuat pedoman penskoran, dan lain-lain.


Sehubungan dengan hal tersebut, berikut ini saya tampilkan salah satu bagian materi yang mendukung pelaksanaan kegiatan di atas. Tulisan kali ini tentang Limit Fungsi Aljabar. Tulisan ini memuat beberapa contoh soal yang diselesaikan, kemudian diakhiri dengan soal-soal yang dapat digunakan untuk menguji kompetensi atas materi ini.


Dokumen berikut ini ditulis dengan menggunakan $\small\LaTeX$ melalui writeLaTeX.
Demikian semoga bermanfaat!



Adjie Gumarang Pujakelana 2014




-->

Wednesday, January 1, 2014

Model Pembelajaran dan Unsur-unsurnya

Kembali kita akan meninjau sisi "seni" dari kerja guru.
Dalam konsep pembelajaran dan pedagogik terdapat beberapa istilah yang kadang-kadang pengertiannya agak tersamarkan satu sama lainnya, seperti tampak pada file di bawah ini.

Pendekatan
Strategi
Metode
Teknik
Taktik
Model

Dapatkah dibedakan dengan jelas satu sama lainnya?

Dokumen berikut ini ditulis dengan menggunakan $\small\LaTeX$ melalui writeLaTeX dalam template a0poster Portrait Poster dari Gerlinde Kettl and Matthias Weiser.


Demikian semoga bermanfaat!

Adjie Gumarang Pujakelana 2014


-->
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...